garuda pancasila
garuda pancasila

Arti dan Penjelasan Lengkap Lambang Negara Indonesia

Posted on

Pancasila merupakan dasar dari negara Indonesia. Nama Pancasila berasal dari bahasa sansekerta. Panca memiliki arti lima dan sila memiliki arti dasar, yang berarti pancasila adalah lima dasar kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Pancasila ini tersusun dari lima sila yang tergambar pada bagian perisai dari lambang negara Indonesia, yaitu Garuda Pancasila.

Lambang negara Indonesia berbentuk burung Garuda dengan kepala menghadap ke kanan dengan mempunyai perisai berbentuk seperti jantung yang digantung menggunakan rantai pada lehernya dan terdapat  semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang tertulis di atas pita yang dicengkeram oleh Garuda. Semboyan Bhinneka Tunggal Ika merupakan kutipan dari Kakawin Sutasoma karya Mpu Tatular. Ingin tahu lebih mendalam  tentang arti dari lambang garuda pancasila? Berikut ini penjelasannya.

 

Lambang Garuda Pancasila
Lambang Garuda Pancasila

Arti lambang pancasila sila pertama

Sila pertama pada pancasila memiliki simbol bintang yang bersudut lima, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa. Arti dari simbol bintang itu melambangkan sebuah cahaya, seperti cahaya yang dipancarkan oleh Tuhan kepada setiap umat manusia. Lambang bintang juga dapat diartikan sebagai cahaya untuk menerangi lima Dasar Negara. Sedangkan latar berwarna hitam menunjukkan warna alam dan memiliki arti bahwa rahmat Allah bersumber dari segalanya.

Arti lambang pancasila sila kedua

Sila kedua memiliki simbol rantai memiliki arti yaitu kemanusiaan yang adil dan beradab. Rantai tersebut terdiri atas rantai yang berbentuk rantai segi empat dan rantai berbentuk lingkaran. Mata rantai segi empat menunjukkan laki – laki, sedangkan mata rantai berbentuk rantai lingkaran menunjukkan perempuan. Maka kedua rantai tersebut saling berkait, dan itu melambangkan bahwa setiap manusia laki – laki dan perempuan harus saling bahu membahu, membantu satu sama lain, dan perlu bersatu agar kuat seperti lambang rantai tersebut.

Arti lambang pancasila sila ketiga

Sila ketiga dilambangkan dengan pohon beringin, yaitu Persatuan Indonesia. Pohon beringin melambangkan pohon besar yang bisa digunakan oleh banyak orang untuk tempat berteduh di bawahnya. Pohon beringin juga memiliki akar yang menjalar ke segala arah, hal ini mewakili keragaman suku bangsa yang menyatu di Indonesia.

Arti lambang pancasila sila keempat

Sila keempat dalam pancasila dilambangkan dengan kepala banteng, yaitu kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. Kepala banteng menunjukkan hewan sosial yang suka berkumpul, seperti halnya musyawarah yaitu dimana orang-orang berkumpul untuk mendiskusikan sesuatu.

Arti lambang pancasila sila kelima

Sila kelima dalam pancasila dilambangkan dengan padi dan kapas, yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia. Padi dan kapas menjadi lambang sila kelima karena kapas dan padi merupakan kebutuhan dasar setiap manusia, yaitu sebagai pangan dan sandang sebagai syarat utama untuk mencapai kemakmuran.

Makna warna pada garuda pancasila

Ada beberapa warna yang terdapat pada lambang garuda pancasila. Warna-warna yang ada pada lambang garuda pancasila ini memiliki makna tersendiri, diantaranya warna putih memiliki arti kesucian/kebenaran. Warna hitam memiliki arti keabadian. Warna merah memiliki arti keberanian. Warna hijau memiliki arti kesuburan/kemakmuran. Warna kuning memiliki makna kesabaran, kemegahan dan keluhuran.

Sekian artikel mengenai arti lambang negara. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda baik untuk mengerjakan tugas maupun menambah ilmu wawasan tentang makna lambang negara. Terimakasih atas kunjungannnya.

Leave a Reply