Teknik Menanam Dan Budi Daya Jahe Merah Menggunakan Polybag
Teknik Menanam Dan Budi Daya Jahe Merah Menggunakan Polybag

Teknik Menanam Dan Budi Daya Jahe Merah Menggunakan Polybag

Posted on

Jahe merah termasuk ke dalam suku zingiberaceae (temu- temuan). Jahe merah memiliki bahasa latin yaitu, Zingiber officinale Linn Var Rubrum Rhizome. Jahe merah yang dimanfaatkan adalah rimpang atau rhizomanya, batang yang menjalar dan banyak mengandung produk metabolisme tertentu.

Jahe merah banyak mengandung senyawa kimia di dalamnya seperti  gingerol, zingeron dan shogaol. Selain itu, jahe merah juga mengandung 1- 4% minyak atsiri dan oleorosin. Jahe merah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Manfaat jahe merah untuk kesehatan tubuh diantaranya, meningkatkan vitalitas pria, mengobati reumatik, menghilangkan sakit kepala, dan menurunkan kadar kolestrol di dalam darah. Jahe merah juga bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut, radang tenggorokan, Penggumpalan darah, asma dan masih banyak lagi manfaat jahe merah untuk kesehatan tubuh.

Sekarang mari kita kupas tuntas cara menanam atau budi daya jahe merah dengan media tanam polybag. Mengapa kita memilih cara ini? Cara ini kita pilih karena cara ini sangat mudah dan sederhana. Selain itu, kita juga tidak memerlukan lahan yang besar untuk melakukannya.

Siapapun pasti menyukai cara menanam jahe merah yang praktis, efisien, dan hemat tempat. Untuk lebih jelasnya anda bisa menyimak ulasan berikut ini, mengenai cara menanam jahe merah. Kali ini, kami akan menjelaskan teknik menanam atau budi daya jahe merah dengan teknik vertikultural. Karena, teknik ini sangat dibutuhkan untuk para petani yang tidak memiliki lahan yang begitu luas.

Untuk budi daya jehe merah dengan metode ini hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat rak bertingkat untuk tempat budi daya. Kemudian anda bisa menyediakan media tanamnya seperti polybag atau bisa juga karung.

Tekniak Menanam Jahe Merah
Tekniak Menanam Jahe Merah

Agar lebih jelasnya simaklah ulasan tentang teknik menanam atau budi daya jahe merah dengan metode vertikultural berikut ini.

  1. Mempersiapkan Media Tanam.

Anda dapat menggunakan media tanam polybag atau jika tidak ada anda bisa memanfaatkan karung bekas sebagai media tanm jahe merah. Jika polybag atau karung sudah lengkap selanjutnya isi polybag atau karung itu dengan media tanam berupa pasir, tanah, pupuk organik dengan komposisi 1: 1: 1.

Sama halnya seperti jahe lainnya, apabila lahan yang digunakan memiliki kandungan asam yang tingi maka untuk menyetabilkan PH nya supaya menggunakan kapur pertanian.

  1. Bibit Tanaman Jahe Merah.

Setelah media tanam selesai langkah selanjutnya adalah mencari bibit jahe merah yang unggul agar menghasilkan tanaman jahe merah yang unggul pula. Salah satu ciri bibit jahe yang unggul adalah telah cukup umur, bebas dari penyakit dan tidak ada luka pada bibitnya.

Teknik Menanam Jahe Merah
Teknik Menanam Jahe Merah

Setelah itu, rendam bibit jahe merah ke dalam larutan fungisida selama 15 menit. Tujuannya agar bibit jahe terbebas dari penyakit yang disebabkan oleh jamur atau bakteri lain yang menyebabkan kerusakan pada jahe.

Langkah selanjutnya, semai bibit jahe tadi di tempat yang lembab dan tidak terkena sinar matahari langsung. Anda bisa menyemainya di dalam gudang yang dialasi jerami. Letakkan bibit di atas jerami atau alang- alang, lalu siram sedikit demi sedikit sehingga sampai pada kelembapan yang stabil. Usahakan untuk mengontrol kelembapannya agar tetap stabil.

3. Teknik Menanam Jahe Merah.

Setelah tunas tumbuh pindahkan bibit ke media tanam. Dalam satu karung atau polybag anda bisa menanam 3 sampai 5 bibit. Jangan lupa untuk memperhatikan posisi bibitnya. Saat menanam bibit diletakkan pada posisi berdiri dengan tunas menghadap ke atas. Setelah itu, bibit di uruk dengan tanah atau jerami kering kira- kira 3- 5cm.

Jangan lupa untuk melakukan penyiraman secara rutin terhadap bibit yang telah di pindahkan. Letakkan bibit tadi di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Tanaman jahe bisa di pindahkan ke tempat terbuka setelah tunas jahenya bertambah besar.

  1. Pemeliharaan Jahe Merah.

Salah satu cara pemeliharaan jahe merah adalah melakukan penyiraman secara rutin. Saat musim kemarau bibit di siram setiap hari secara rutin. Penyiraman di lakukan sampai bibit berusia 0- 3 bulan.

Saat tanaman menginjak usia 4 bulan jangan lupa untuk melakukan penyiangan tujuannya agar unsur hara di dalam tanah tidak diambil oleh gulma pengganggu. Selanjutnya jangan lupa melakukan pemupukan agar nutrisi dalam tanah tetap terjaga sehingga tanaman jahe bisa tumbuh subur.

Jangan lupa untuk memberikan pupuk organik ketika jahe merah berusia 2 bulan dengan dosis 1/5 dari kapasitas media tanam. Agar hasil panen lebih maksimal pemupukan bisa dilakukan 3 kali sampai masa panen tiba.

  1. Cara Memanen Jahe Merah.

Saat jahe menginjak usia 10- 12 bulan jahe merah sudah siap untuk dipanen. Tapi jika menginginkan hasil yang maksimal pemanenan dapat dilakukan saat usia jahe merah genap 1 tahun.

Cara memanennya sangatlah mudah. Anda hanya perlu merobek polybag atau karung untuk mengambil rimpangnya. Kemudian bilas rimpang dengan air bersih. Setelah itu, anda dapat memasarkan jahe merah tersebut atau mengonsumsinya sendiri. Itulah beberapa teknik menanam atau budi daya jahe merah menggunakan polybag. Selamat mencoba.

Teknik Menanam Dan Budi Daya Jahe Merah Menggunakan Polybag
Teknik Menanam Dan Budi Daya Jahe Merah Menggunakan Polybag

Leave a Reply