pengusaha sukses
pengusaha sukses

Ingin Sukses? Miliki Motivasi-motivasi Jiwa Wirausaha Sukses Berikut Ini

Posted on

Setiap manusia pasti ingin menjadi pengusaha yang sukses bukan?

Dan kalian pasti ingin mempunyai suatu usaha kan?

Jika diartikan secara general, usaha adalah aktivitas yang dilakukan pada setiap manusia untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Jika diartikan secara khusus, usaha diartikan ke dalam banyak makna dan sangat bergantung pada usaha yang digunakannya.

Dalam memulai pada suatu usaha, umumnya setiap usaha pasti mengalami banyak permasalahan dan krisis yang harus dihadapinya. Banyak kegagalan yang harus dihadapinya karena kurangnya kreativitas, kepemimpinan, dan membuat keputusan yang tepat untuk mencari solusi yang baik.

Man evading from items
kreativ

Kreativitas adalah prinsip pembaruan. Kreativitas merupakan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru untuk memberikan ide kreativ.

kepemimpinan
kepemimpinan

Kepemimpinan sangat penting di masa krisis. Kepemimpinan adalah suatu kekuatan yang menggerakkan perjuangan atau kegiatan menuju pada kesuksesan. Kepemimpinan merupaka proses yang mempengaruhi atau memberi contoh pada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi.

masalah
masalah

Tidak ada seorangpun yang lepas dari subuah masalah. Setiap manusia dihadapkan pada masalah yang harus diselesaikan. Baik itu berskala risiko besar maupun kecil. Kepemimpinan membuat setiap pegawai dan semua orang yang terlibat dalam usaha Anda percaya bahwa Anda tidak panik, menjadi tempat resort terakhir, solusi atas semua permasalahan dan menjadi panutan. Proses pembuatan sebuah keputusan akan membantu  Anda dalam mencari alternative solusi dan organisasi Anda.

Selain faktor pada kepemimpinan, juga diperlukan adanya kepemilikan ciri-ciri seorang yang memiliki jiwa kewirausahaan :

  1. Kreatif

Memiliki cara berfikir yang maju dan penuh gagasan yang berbeda

  1. Optimis

Walaupun sukses belum tentu terlihat, tapi mereka optimis bahwa sukses dapat mereka raih dengan kerja keras dan ketekunan. Optimis membuat mereka mampu bertahan dalam menghadapi berbagai kegagalan.

  1. Komitmen tinggi

Memiliki janji untuk bersifat pada kemajuan.

  1. Mandiri

Mampu melakukan keinginan tanpa adanya ketergantungan.

  1. Semangat

Seorang wirausaha harus memiliki semangat juang yang tinggi. pantang menyerah pada masalah, pantang mundur pada kesulitan, dan pantang putus asa pada hambatan yang menghadang usaha mereka. Semangat  dapat mendorong mereka untuk tekun sampai tujuan mereka tercapai.

  1. Forward Thingking

Seorang wirausaha senang untuk berpikir maju. Mereka mampu untuk menciptakan masa depan di pikiran mereka terlebih dahulu dengan jelas dan terperinci.

  1. Berani mengambil resiko

Resiko adalah tolak ukur pada seseorang. Orang yang berani mengambil resiko adalah mereka yang berusaha untuk menjaga semangat dalam dirinya. Orang yang berhasil bukan sekedar melalu langkah-langkah pencapaiannya, tapi juga siap untuk menerima resiko yang di timbulkannya.

  1. Strategi Utama

Menyediakan arahan dasar bagi tindakan-tindakan utama yang diarahkan pada pencapaian tujuan jangka panjang bisnis. Para wirausahan yang telah sukses dalam waktu yang panjang pasti menerapkan berbagai strategi utama.

Memiliki jiwa kewirausahaan merupakan hal yang sangat baik. Khususnya bagi mereka yang masih berjiwa muda, sikap kewirausahaan sangat dibutuhkan. Sikap kewirausahaan harus dimiliki kepada para pemuda atau remaja saat ini. Karena ia memiliki berbagai macam manfaat tak terduga dari memiliki jiwa wirausaha. Wirausaha merupakan usaha yang menciptakan nilai keterampilan berkomunikasi manajemen pengambilan resiko mobilisasi pengenalan kesempatan bisnis dengan manusia untuk sumber daya memanfaatkan yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang terlaksananya kewirausahaan dengan baik.

Sifat seorang wirausaha tentu harus dimiliki pada Anda  yang memiliki jiwa wirausaha, dengan mengetahui prinsip-prinsip dari jiwa wirausaha maka, akan lebih mudah untuk Anda  mengetahui apa saja manfaat yang akan anda peroleh dari memiliki sikap jiwa wirausaha.

Manfaat Wirausaha

  1. Pantang menyerah

Seorang wirausahawan  yang sejati ialah dia tidak akan menyerah begitu saja ketika memiliki tantangan, ujian,dan cobaan. Dengan memiliki sikap yang seperti demikian itu, pemuda ataupun remaja yang memiliki sifat super atau gila dalam berusaha, pasti dia tidak akan mudah merasa kelelahan dan menyerah ketika menghadapi masalah yang cukup besar.

  1. Membuat dan memperluas kesempatan kerja

Dengan adanya seperti ini, dapat mengurangi pengangguran di sekitar kita.

  1. Berani menanggung resiko

Bagi wirausahawan  menciptakan suatu hal yang baru bukanlah hal yang menakutkan, namun hal itu adalah tantangan bagi mereka yang memang harus mereka jalani. Sehingga mereka tahu apa yang diambil itu baik atau buruk bagi usahanya.

  1. Memiliki sikap kreatif

Bagi sang wirausaha, yang memiliki jiwa wirausaha akan lebih mampu berpikir kreatif daripada mereka yang tidak memiliki jiwa wirausaha.

  1. Selalu aktif

Jiwa wirausaha akan menuntut Anda selalu aktif.  Aktif beraktivitas, aktif mencari referensi, dan aktif dalam berpikir inovatif dan kreatif. Hal ini tentu membuat Anda tidak menjadi pemuda yang pemalas.

  1. Memiliki kemampuan untuk memanajemen waktu

Jiwa wirausaha pun menuntut Anda untuk dapat memilih jemen waktu. Bagi wirausaha waktu adalah uang.  Waktu sangat berharga, tidak ada waktu untuk bermalas-malasan ataupun berfoya-foya.

  1. Mampu melihat peluang

Seseorang yang memiliki jiwa wirausaha akan memberikan manfaat yang lain yaitu mampu melihat peluang. Hal ini disebabkan karena keaktifan dari Anda yang membantu pada seseorang untuk  lebih peka dalam melihat peluang- peluang yang ada di sekitar kita.

Tujuan wirausaha :

  1. Dapat menciptakan lapangan kerja sendiri atau dengan orang lain
  2. Meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran
  3. Membantu Negara untuk meningkatkan pada pertumbuhan dan perkembangan ekonomi
  4. Membantu pemerintah dalam upaya mengurangi pengangguran

Untuk menjadi wirausaha yang sukses dibutuhkan keberanian serta kerja keras.

Semoga pemuda Indonesia dalam jiwa wirausaha semakin bertingkat. Dan menjadi pemuda Indonesia yang sukses.

Semoga info mengenai jiwa wirausaha sukses ini bisa memberikan motivasi pada kalian semua.

Leave a Reply