macam ekspresi wajah
macam ekspresi wajah

Membaca Ekspresi Wajah Orang Terdekat

Posted on
membaca ekspresi wajah orang terdekat

Ekspresi?  Nggak jadi hal yang aneh di telinga kita kalau udah dengar tentang ekspresi. Dalam pelajaran bahasa indonesia pun kita sering banget kan disuruh pake ekspresi dalam berpidato dan puisi?

Nggak hanya dalam pelajaran, dalam kehidupan keseharian mulai dari berbicara, diam, berjalan, dan melakukan aktivitas mau nggak pasti mencerminkan ekspresi kita.

 

Ekspresi sendiri di artikan sebagai cerminan emosi yang sedang di rasakan seseorang.

Tapi nggak semua ekspresi mencerminkan emosi yang tetap loh. Misalkan, teman mu sedang tersenyum  namun pergerakan yang dia lakukan cenderung tidak bersemangat dan lesuh. Itu menandakan dia sedang berpura pura atau tersenyum palsu guna menutupi apa yang sebenar nya ia rasakan saat itu.

“aku nggak masalah kok,” ucap teman ku sambil tersenyum miring.

Senyum adalah bagian termudah untuk kita mempelajari ekspresi. Tapi senyum juga yang memanipulasi  kita dalam membaca ekspresi seseorang.

Nah, utama nya jika kita ingin membaca ekspresi orang adalah mengenali sifat nya.

Bagaimana caranya? Dekati dia! Pahami, bukan nya kita sendiri senang di mengerti oleh orang lain? Maka lakukan lah itu. Jika sudah merasa dekat dan senang bisa di mengerti maka seseorang akan lebih mudah terbaca ekspresi nya.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa membantu kita dalam membaca ekspresi orang terdekat kita :

macam ekspresi wajah
macam ekspresi wajah

Mempelajari membaca kebahagiaan. Wajah yang mengekspresikan kesbahagian atau kesenangan akan menampilkan sebuah senyum (sudut mulut tertarik ke atas dan ke belakang. Ingat bukan hanya ke samping dan tidak seimbang* ) dengan memperlihatkan beberapa gigi, dan kerut dari garis luar hidung ke sudut luar bibir. Pipi terangkat, dan kelopak mata bawah tertarik atau berkerut. Menyempitnya kelopak mata menyebabkan munculnya kerut crow’s feet di sudut bagian luar mata.

*Wajah yang tersenyum namun tidak melibatkan otot-otot di sekitar mata mengindikasikan sebuah senyum palsu atau senyum sopan yang bukan merupakan ekspresi kebahagiaan atau kegembiraan yang sebetulnya.

Identifikasi kesedihan. Wajah sedih menampilkan alis yang tertarik ke dalam dan ke atas, kulit di bawah alis membentuk segitiga dengan sudut dalam terangkat, dan sudut bibir tertarik ke bawah. Rahang terangkat dan bibir bawah cemberut.

Studi menunjukkan bahwa emosi sedih adalah ekspresi yang paling sulit dipalsukan oleh manusia. Karna perasaan sedih justru lebih lama mengendap di dalam diri. Terutama kesedihan yang di dapat karna orang terdekat. Fenomena ini hampir tidak bisa terobati kecuali kesedihan itu terpecahkan atau di sembuhkan oleh orang terdekat.

Pernah ngerasa gitu nggak sih?

Cara membaca penghinaan dari mimik wajah. Wajah yang menunjukkan penghinaan, ejekan atau kebencian, ditandai dengan satu sudut mulut yang terangkat tak seimbang, seperti senyum setengah yang sebenarnya adalah menyeringai.

Ekspresi ini kadang muncul ketika seseorang merasa lebih tau atau meremehkan. Pernah kah kalian mengalami saat kita sedang menasehati dan orang yang kita nasehati justru tersenyum miring di sertai dengan tatapan jenaka? Itu lha yang disebut tatapan menghina.

Ekspresi kaget yang timbul. Wajah yang kaget menampilkan alis yang terangkat dan melengkung cenderung kebawah. Kulit di bawah alis mengencang dan ada kerut di sepanjang dahi. Kelopak mata terbuka dengan lebar sehingga bagian putih mata di atas dan/atau di bawah pupil sampai terlihat. Rahang turun dan gigi atas dan bawah agak terpisah, tetapi mulut tidak mengencang atau tegang.

Ekspresi yang biasa di tunjukan karna ketahuan atau mengetahui fakta di luar perkiraan.

 

Tapi ingat! Jangan pernah terlalu sering berasumsi tentang seseorang berbohong. Karna dapat membuat renggang hubungan persaudaraan dan membuat tidak nyaman seseorang.

Lihatlah ciri yang jelas orang berbohong. Walaupun kamu tidak bisa mengandalkan ekspresi wajah saja untuk mengetahui dengan pasti bahwa seseorang berbohong, ada beberapa tanda lain yang paling terbukti untuk memastikan kebohongan, dan jika kamu melihatnya bersama dengan ekspresi wajah yang tidak sesuai, berarti orang tersebut memang menyembunyikan suatu kebenaran. Cirinya adalah sebagai berikut:

-Menyentakkan atau memiringkan kepala dengan tiba-tiba

-Bernapas semakin pelan, rongga dada nya terlihat tidak rileks dalam bernafas.

-Badan sangat kaku, bisa dilihat dari bahu yang terlalu tegak.

-Ada pengulangan (mengulang kata-kata atau frasa tertentu)

-Sikap terlalu bekerja sama (memberi terlalu banyak informasi)

-Menutupi mulut atau area rawan lain, seperti tenggorokan, dada, atau perut

-Menggerak-gerakkan kaki, bergerak kemana- mana

-Kesulitan dalam berbicara, seperti kaku atau sering salah kata.

-Kontak mata yang tidak normal, seperti tidak ada kontak mata, terlalu sering berkedip, atau kontak mata berlebihan tanpa berkedip.

 

setelah mengetahui nya apa yang akan kalian lakukan?

Leave a Reply