unsur-cerpen
unsur-cerpen

7 Unsur-unsur Instrinsik Cerita Pendek Beserta Penjelasannya.

Posted on

Hay guys, bagi kalian yang tidak begitu suka membaca buku, kalian bisa loh mencoba membaca cerpen atau yang biasa dikenal dengan cerita pendek. Cerpen atau cerita pendek adalah kisah yang diceritakan dengan pendek dan singkat kurang lebih 10.000 kata. Cerpen atau cerita pendek juga bisa memberi kesan karena isi ceritanya hanya memusatkan pada suatu tokoh, satu kejadian atau satu permasalahan. Karena ceritanya tidak terlalu panjang, cerpen juga sangat cocok dibaca bagi kalian yang masih berlatih untuk membaca.

Apakah ada cerita pendek atau cerpen yang sangat atau yang paling berkesan bagi kalian? Mungkin melalui tokoh ceritanya, latar, suasana ceritanya, gaya bahasanya, atau yang lainnya. Itu tadi adalah unsur-unsur yang terbentuk pada cerpen itu sendiri yang disebut juga dengan unsur intrinsik. Lebih jelasnya lagi, langsung saja kita cermati sama-sama apa aja unsur intrinsic dalam cerita pendek itu.

contoh buku cerpen
contoh buku cerpen

Unsur Intrinsik dalam Cerpen(cerita pendek)

  1. Tema

 Tema adalah pokok atau gagasan utama dalam sebuah cerpen

  1. Tokoh dan Penokohan

Dalam penokohan cerpen dituliskan tokoh dan watak dari tokoh tersebut. Tokoh dalam cerpen adalah pelaku didalam sebuah cerita tersebut. Tokoh dibagi atas tokoh utama dan tokoh tambahan.

  • Tokoh utama adalah tokoh yang melakukan interaksi secara langsung atau terlibat dalam konflik cerita tersebut.
  • Tokoh tambahan adalah tokoh atau hanya diungkapkan dalam cerita pendek tanpa ada interaksi yang dilakukan tokoh atau tokoh yang tidak terlibat pada konflik.

Penokohan itu merupakan watak atau karakter tokoh yang ada dalam sebuah cerita . contohnya, Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso memiliki watak yang gigih.

  1. Latar

Latar sendiri dibedakan menjadi 3 yaitu: latar tempat, waktu, dan latar suasana.

  • Latar tempat menjeaskan kejadian atau peristiwa pada cerpen yang terjadi.
  • Latar waktu menjelaskan kapankah kejadian atau peristiwa pada cerpen itu terjadi
  • Latar suasana menjelaskan suatu gambaran suasana yang ada pada sebuah cerpen tersebut.
  1. Alur atau plot

Alur atau plot ialah rangkaian kronologi peristiwa. Alur juga dibedakan menjadi 3 yaitu: alur amju, alur mundur, dan alur campuran.

  • Alur maju ialah cerpen dengan peristiwa-peristiwa yang dimulai dari awal sampai akhir.
  • Alur mundur ialah cerpen dengan peristiwa-peristiwa yang dimulai dari akhir ke awal cerita. Alur mundur bisa disebut dengan kata atau istilah kilas balik.
  • Alur campuran ialah alur yang terdiri dari gabungan antara alur maju dan alur
skema alur cerpen
skema alur cerpen

Keterangan:

  • Orientasi: Merupakan penetuan peristiwa, menciptakan gambaran visual latar, suasana perasaan, dan waktu kisah. Pengenalan karakter dan menuju peristiwa.
  • Rangkaian Peristiwa: kisah yang berlanjut menuju ke peristiwa.
  • Komplokasi:  cerita mulai bergerak menuju ke komflik permasalahan atau pertentangan yang salah atau puncak permasalahan yang mempengaruhi latar waktu dan karakter.
  • Resolusi: penanganan solusi masalah, yaitu bagaimana pengaran mengakhiri cerita tersebut.
  1. Sudut pandang

berisi suatu pandangan pengarang terhadap cerpen tersebut, bisa saja pengarang menjadi tokoh utama atau tokoh ketiga pada cerpen itu. Sudut pandang dibedakan menjadi 2 yaitu: sudut pandang orang pertama dan sudut pandabg orang ketiga.

  • Sudut pandang orang pertama ialah pengarang terlibat langsung dalam cerita atau orang pertama dalam cerita yang ditandai dengan penggunaan kata ganti orang yaitu, aku, saya,
  • Sudut pandang orang ketiga ialah pengarang tidak terlibat langsung dalam cerita atau atau orang ketiga yang ditandai dengan penggunaan kata ganti dia, mereka, dsb atau bisa menggunakan nama tokoh. Sudut pandang orang ketiga itu terbagi atas orang ketiga terarah dan orang ketiga serba tau.
  1. Amanat

Amanat merupakan pesan moral yang disampaikan penulis kepada pembaca melaluin ceritanya tersebut.

  1. Gaya bahasa

Gaya bahasa ini berfungsi untuk menberikan kesan lebih menarik dengan menggunakan majas.

 

Itulah tadi penjeasan tentang unsur-unsur intrinsik cerpen atau cerita pendek. Agar dapat memahami unsur cerpen lebih banyak lagi cari di unsur ekstrinsik cerpen juga ya guys. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply