Bolu Kukus Gula Merah
Bolu Kukus Gula Merah

Cara Membuat Bolu Kukus Gula Merah Agar Mengembang Dengan Sempurna

Posted on

Bolu kukus termasuk makanan tradisional khas Indonesia, lho. Meskipun tradisional tapi cara pembuatannya tidak semudah yang kita bayangkan. Jika salah sedikit saja bolu kukusnya tidak mau mengembang dengan sempurna.

Bolu kukus banyak dijumpai di toko- toko kue atau di pasar tradisional. Bolu kukus mempunyai banyak penggemar karena rasanya yang manis dan tampilannya yang menarik.

 

Bolu Kukus Gula Merah
Bolu Kukus Gula Merah

Bahan dasar yang digunakan untuk membuat bolu kukus juga bervariasi. Kali ini kami akan memberikan resep membuat bolu kukus menggunakan gula merah. Berikut alat dan bahan yang anda butuhkan untuk membuat bolu kukus gula merah, serta langkah- langkah pembuatannya. Kami juga memberikan beberapa tips agar kue bolunya mengembang dengan sempurna.

Alat dan bahan yang dibutuhkan.

  1. Tepung terigu protein rendah 250gr.
  2. Gula merah sisir 200gr.
  3. Air 200ml.
  4. Telur ayam 1 butir.
  5. Garam ½
  6. Baking powder ¼ sdt.
  7. Soda kue ½ sdt.
  8. Gula pasir 1 sdm.
  9. Minyak goreng 125ml.
  10. Pasta vanilla.
  11. Minyak sayur 100ml.

Tips pembuatan bolu kukus gula merah.

  1. Rebusan gula ditunggu sampai dingin lalu disaring, agar tidak ada ampas yang tersisa.
  2. Tutup pengukusnya supaya dilapisi kain atau serbet agar airnya tidak menetes ke adonan kue.
  3. Usahakan selama proses pengukusan tidak membuka penutupnya. Krena, dapat menyebabkan adonan tidak mengembang dengan sempurna.
  4. Pastikan air di dalam dandang itu benar- benar sudah mendidih.
  5. Pastikan Baking powder dan soda kue dalam kondisi yang bagus.
  6. Agar hasil bolunya sempurna gunakan bahan- bahan yang bagus dan berkualitas.

Langkah- langkah pembuatan.

  1. Campurkan gula merah, gula pasir, air, garam lalu aduk hingga mendidih. Setelah itu angkat dan biarkan sampai hangat.
  2. Panaskan dandang. Jangan lupa untuk melapisi tutup dandang dengan serbet, agar saat mengukus airnya tidak menetes.
  3. Campur gula merah cair tadi dengan semua bahan kecuali minyak sayur. Kemudian mixer selama 5- 7 menit dengan kecepatan tinggi.
  4. Setelah itu, masukkan minyak sayur lalu aduk balik dengan spatula. Jangan lupa, pastikan tidak ada minyak yang mengendap.
  5. Masukkan adonan bolu ke dalam cetakan yang telah dialasi paper cup lalu isi sampai penuh.
  6. Kukus menggunakan dandang, kurang lebih selama 15 menit dengan api besar.
  7. Setelah matang keluarkan dan Bolu kukus gula merah siap untuk dinikmati.

Mudah bukan. Agar lebih nikmat, kalian bisa menikmati bolu kukus gula merahnya saat masih hangat dan nikmati bersama dengan segelas teh atau susu .

Apakah anda tau, gula merah itu mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan juga untuk kecantikan? Manfaat gula merah untuk kesehatan tubuh  diantaranya, gula merah mampu membersihkan racun- racun yang terdapat di dalam darah, dengan menambahkan gula merah dan kunyit asam kedalam minuman dapat menyembuhkan sariawan, gula merah mengandung zat besi yang bisa mengatasi anemia ketika seorang wanita sedang menstruasi, gula merah juga dapat meredakan rasa nyeri saat menstruasi, mencegah batuk, demam dan asma. Sedangkan untuk kecantikan gula merah dapat mencegah jerawat.

Itu hanya sedikit manfaat gula merah untuk kesehatan tubuh dan kecantikan, dan masih banyak lagi manfaat gula merah untuk tubuh. Untuk anda yang menginginkan manfaat gula merah tapi tidak suka memakannya secara langsung anda dapat mengkreasikannya kedalam makanan contohnya ya, bolu kukus gula merah ini.

Leave a Reply