Beberapa Tanaman Hias yang Cocok di Dalam Rumah

Posted on

Dengan adanya tanaman hias dapat membuat suasana ruangan menjadi sejuk dan segar. tanaman hias juga dapat memperbaiki sirkulasi udara. Maka dari itu, cara ini semakin cocok dengan tren gaya hidup yang serba sehat, bukan?

Tapi, tidak semua tanaman yang cantik cocok ditempatkan di dalam ruangan, jadi kita supaya bisa memilih mana yang cocok ditempatkan di dalam ruangan dan mana yang tidak cocok ditempatkan di dalam ruangan? Mari kita simak tanaman apasih yang cocok untuk menghias ruangan di dalam rumah kita?

  1. Spider Plant

spider plant

Tanaman hias dengan nama latin Chlorophytum comosum ini sangat mudah dipelihara dan dibudidayakan. tanaman yang berasal dari Afrika Selatan ini jika batangnya menyentuh tanah, maka dia akan cepat merambatnya atau akan cepat mengakarnya.

Spider plant bisa tumbuh dengan baik apabila tanaman ini tidak terkena dengan sinar matahari langsung. Spider Plant juga mampu menyerap racun, bahan-bahan kimia, dan membersihkan udara. Tanaman ini sangat cocok untuk menghiasi ruangan kamu dan juga memberikan kehidupan yang sehat, dan udara yang sejuk.

  1. Sansevieria

Sansevieria

Daun yang keras yang memiliki karakter tegak, dan ujung meruncing adalah karakter utama tanaman hias yang biasa dikenal dengan julukan Lidah Mertua. Kamu cukup menyiramnya sekali atau dua kali dalam seminggu dengan kadar air sekitar 25 hingga 30 ml per satu kali penyiraman.

Air yang terlalu banyak hanya akan mengakibatkan bakteri dan penyakit datang. Diperhatikan juga dalam merawat daunnya, karena daunnya mudah rapuh. Jangan sampai daunnya patah, karena daunnya itu menjadi sorotan yang diminati banyak orang.

  1. Sirih Gading

Sirih Gading

Tanaman cantik yang dikenal dengan nama Devil’s Ivy ini adalah tanaman merambat yang bisa hidup di tanah mau pun di air.

Kemampuan adaptasinya memang sangat bagus, dengan memetik batangnya saja dan menancapkannya di pot atau pot air, peluangnyasangat besar untuk berkembang. Supaya tetap tampil cantik dan indah, gantilah airnya setidaknya dua atau tiga hari sekali.

  1. Aglaonema

Aglaonema

Tanaman yang disebut dengan nama Chinese Evergreen ini sebaiknya ditempatkan jauh dari hembusan udara. Karena konon musuh utamanya itu hanya satu yaitu udara dingin. Kombinasi dua sampai tiga warna dalam setiap daun tanaman ini membuatnya terlihat sangat mempesona. Kunci untuk membuatnya selalu segar dan terlihat subur adalah tanah yang lembab.

  1. Monstera

Monstera

Yang menjadi daya tarik tanaman ini terletak pada aksen lubang dan sobekan-sobekan pada dunnya. Bentuk daun yang unik ini ternyata mampu meningkatkan kualitas udara karena terjadinya produksi oksigen itu pada malam hari.

Sebaiknya kamu meletakkannya pada area yang jauh dari jangkauan hewan peliharaan dan anak-anak karena daunnya yang beracun yang berbahaya bagi anak-anak dan hewan peliharaan, karena takut bila tak sengaja terkunyah.

  1. Philodendron

Philodendron

Pohon ini biasa dikenal dengan pohon cinta karena di dalam bahasa Yunani Philodendron berasal dari kata Philo yang berarti cinta, dan Dendron yang berarti pohon sehingga jika di gabungkan Philodendron yang artinya pohon cinta. Danjuga bentuk daunnya yang menyerupai hati.

Walaupun tanaman ini dapat bertahan dua sampai tiga minggu di dalam ruangan tanpa adanya sinar matahari langsung, tanaman hias ini tetap harus dikeluarkan kurang lebih selama 2 sampai 3 hari supaya tetap mendapatkan sinar matahari. Dan juga untuk proses fotosintesisnya.

  1. Dracaena

Dracaena

Sebenarnya nama tanaman ini adalah Ribbon Plant tetapi lebih dikenal dengan julukan keluarga tanaman Dracaena. Walaupun tanaman ini terbilang penurut untuk ditempatkan di dalam ruangan, tanaman-tanaman jenis ini tetap harus membutuhkan sinar matahari meski tak langsung untuk pertumbuhan yang baik bagi tanaman ini.

Tempat yang baik untuk tanaman ini di sisi jendela atau di temmpat yang ada bukaan jendelanya.

  1. Peace Lily

Peace Lily

Peace Lily cukup menjadi idola diantara tanaman yang memiliki ketahanan tinggi untuk ditempatkan di dalam ruangan karena tanaman ini memiliki bunga.

Tanaman ini juga memiliki kemampuan untuk membersihkan ruangan sama seperti spider plant. Peace Lily dapat bertahan di dalam ruangan dengan durasi waktu yang cukup panjang, bahkan sampai dua minggu. Jika kamu ingin tetap ditempatkan di dalam ruangan, keluarkan tanaman ini setidaknya dua sampai tiga hari sekali selama beberapa jam.

  1. Lidah Buaya

Lidah Buaya

Tanaman yang biasa disebut dengan Aloe Vera ini cukup popular untuk mengias ruangan karena dengan bentuknya yang cukup statement memberikan kesan yang menarik. Tanaman yang memiliki banyak keunggulan dan manfaat terutama untuk kulit ini juga mampu membersihkan udara dari formalin dan benzene yang banyak dihasilkan dari produk-produk pembersih dan cat.

  1. Bunga Gerbera atau Daisy

Bunga Gerbera atau Daisy

Jika sebelumnya tanaman hias yang biasanya diletakkan di ruangan adalah tanaman hias daun, maka kali ini akan ditampilkan tanaman hias bunga. Gerbera atau daisy dengan warna warninya yang indah tentu sangat menarik dan memikat hati jika digunakan untuk aksesoris ruangan.

Namun, jika kamu memilih bunga ini sebagai tanaman hias bunga, maka butuh perawatan yang baik.tanaman ini harus terkena sinar cahaya metahari, dan kamu harus rajin mengganti airnya dan memotong daunnya yang sudah layu..

  1. Bunga Seruni

Bunga Seruni

Bunga seruni adalah nama lain dari krisan. Tanaman hias yang satu ini sangat tepat untuk digunakan sebagai tanaman hias bunga. Tanaman yang aromanya wangi ini sangat menarik perhatian dan juga ditambah dengan warna kelopaknya yang indah dijamin akan membuat kamu betah ketika kamu berada di dalam rumah. Kamu juga dapat meletakkan tanaman ini di dalam kamar tidur, lho. Karena aromanya yang menenangkan akan membuat nyaman saat beristirahat.

  1. Kaktus Bunga

Kaktus Bunga

Tanaman hias untuk dekorasi rumah yang populer dan biasa digunakan saat ini adalah jenis tanaman kaktus. Baik itu kaktus mini, maupun kaktus bunga. Tanaman hias yang satu ini mampu menjadi primadona untuk tanaman hias indoor.

Tanaman ini bebas kamu letakkan di mana saja. Baik itu diruang tamu, ruang keluarga, bahkan di kamar mandi. Kaktus hias sangat mudah di dapatkan dengan variasi warna yang berbeda-beda.

  1. Pakis Boston

Pakis Boston

Tanaman hias yang satu ini memang sangat spesial karena tanamna ini dapat menyerap panas dan membuat udara menjadi sejuk. Jika kalian sering merasakan udara di ruangan sumuk dan panas, maka taruhlah tanaman pakis boston ini di ruanganmu.

Walaupun tanaman ini bisa menyerap panas, kamu tetap bisa menaruhnya di tempat yang lembab seperti kamar mandi. Kamu bisa melakukan ini secara berkala supaya pakis boston ini tidak kering.

Leave a Reply