Macam Penyakit
Macam Penyakit

Mari Pelajari Istilah Penyakit di Indonesia

Posted on

Pernahkah kamu saat mengantri di rumah sakit kemudian ada pasien yang mencuri antrian atau mengambil antrian? Ataukah kamu pernah mendapat resep obat yang ditandai tulisan cito atau stat? Cito atau stat adalah istilah kedokteran yang digunakan untuk merujuk tindakan yang segera dilakukan karena istilah cito/stat tersebut memiliki arti dalam keadaan darurat.

Dalam kamus bahasa inggris Collins cito diartikan dengan swiftly yang artina adalah dengan cepat/segera. Istilah lain dari cito adalah stat yang diartikan immediately yang artinya adalah dalam resep sama halnya dengan arti segera. Dalam penggunaanya stat sama seperti cito, mereka bukan hanya digunakan dalam resep tetapi juga keadaan yang lain seperti halnya operasi, permintaan pemeriksaan laboraturium dan kertas pemeriksaan rontgen yang memerlukan tindakan gerak cepat.

Istilah Penyakit
Istilah Penyakit

Kali ini kita akan membahas apa saja istilah penyakit yang sering terjadi atau sering kambuh di indonesia. Berikut adalah penjelasan istilah nama penyakit yang sering terjadi di Indonesia beserta nama lainnya.

 

  1. Asma atau asthma bronchiale

Asma atau asthma bronchiale biasa disebut dengan bengek atau mengi yaitu penyakit yang ditimbulkan karena keadaan saluran napas yang mengalam penyempitan karena hiperaktivitas/ terlalu banyaknya aktivitas yang dikerjakan sehingga berdampak terhadap rangsangan tertentu, yang menyebabkan peradangan; penyempitan ini bersifat sementara.

  1. Hemoroidectomy

Hemoroidectomy biasa disebut dengan Hemorrhod dalam arti lain yaitu ambeien. Hemorrhoid merupakan pengangkatan wasir atau pembengkakan submukosa pada lubang anus yang mengandung pleksus vena, arteri kecil, dan jaringan areola yang melebar.

  1. Hypertension

Hypertensyon atau hipertensi biasa disebut dengan penyakit darah tinggi. Keadaan ketika dimana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah di atas  normal yang ditunjukkan oleh angka systolic (bagian atas) dan diastolic (angka bagian bawah) pada pemeriksaan tensi darah menggunakan alat pengukur tekanan darah baik yang berupa cuff air raksa (sphygmamanometer) ataupun alat digital yang lainnya.

  1. Urolithiasis atau calculus urinaria

Urolithiasis tatau calculus urinaria biasa disebut dengan penyakit batu ginjal yaitu suatu penyakit dimana terdapatnya endapan yang mengeras atau membatu di dala ginjal.

  1. Hypotension

Hypotension biasa disebut dengan penyakit darah rendah. Yaitu penyakit yang mana suatu keadaan dimana tekanan darah seseorang turun dibawah angka nomal, yaitu mencapai nilai rendah 90/60 mmHg.

  1. Diabetes mellitus

Diabetes  mellitus biasa disebut dengan penyakit kencing manis, yaitu penyakit yang timbul karena tubuh tidak bisa menghasilkan hormon insulin yang cukup sehingga gula yang terdapat dalam tubuh tidak bisa diubah menjadi glikogen yang bisa disimpan dalam otot atau jaringan hati.

  1. Epilepsy

Epilepsy biasa disebut dengan penyakit ayan. Merupakan serangan mendadak kepada seseorang dalam bentuk kejang kemudian tidak sadarkan diri.

  1. Honger oedema

Honger oedema biasa juga disebut penyakit busung lapar. Penyakit ini disebabkan cara bersama atau salah satu diri simtoma marasmus dan kwashiorkor adalah sebuah fenomena penyakit di Indonesia yang diakibatkan karena kekurangan protein kronis pada anak-anak yang sering disebabkan beberpa hal, antara lain anak tidak cukup mendapatkan makanan bergizi, anak kekurangan asupan gizi yang memadai dan mungkin anak menderita infeksi penyakit.

  1. Obesitas atau over weight

Obesitas atau over weight merupakan kelebihan berat badan sebagai akibat dari penimbunan lemak tubuh yang berlebihan.

  1. Poliomyelitis

Poliomyelitis biasa disebut dengan polio yaitu penyakit paralisis attau lumpuh yang disebabkan oleh virus, virus ini dinamakan poliovirus (PV), masuk ke tubuh melalui mulut, menginfeksi saluran usus.

Itulah informasi istilah penyakit yang ada di Indonesia beserta nama lainnya, semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply