negosiasi
negosiasi

Negosiasi Bisnis Yang Perlu Diketahui

Posted on

Negosiasi dalam bisnis merupakan pertemuan secara langsung antara dua orang atau dua kelompok pengusaha untuk melakukan proses  tawar menawar yang  kedua nya memiliki suatu motivasi mengenai suatu subjek niaga tertentu yang memiliki tujuan untuk mencapai suatu titik perjanjian atau suatu kontrak kerja. Negoisasi harus menguntungkan kedua belah pihak. Negosiasi yang dikatakan berhasil adalah negosiasi yang menghasilkan suatu kontrak atau perjanjian. Jika disimpulkan secara ringkas negosiasi adalah perundingan antara dua pihak yang berkepentingan.

Negosiasi Bisnis
Negosiasi Bisnis

Tujuan Negosiasi

Tujuan dari sebuah negosiasi bisnis, yaitu antara lain

  1. Untuk mencari kata sepakat/deal yang memiliki kesamaan persepsi,kesamaan tujuan, saling pengertian, dan persetujuan.
  2. Untuk mendapatkan jalan keluar dari suatu masalah
  3. Untuk mencapai kondisi saling menguntungkan di mana kedua belah pihak saling menang.

Manfaat Negosiasi

Manfaat yang didapat dari sebuah proses negosiasi bisnis resmi antara lain sebagai berikut.

  1. Untuk menciptakan kerjasama antar suatu proyek usaha atau institusi untuk melakukan suatu usaha yang dikerjakan bersama atas dasar saling pengertian. Dengan adanya  kerja sama antar kedua belah pihak ini, maka membuat  sebuah transaksi bisnis yang saling bergantungan sehingga membuat hidup perekonomian.
  2. Dalam suatu perusahaan, proses negosiasi akan memberikan manfaat dan tujuan untuk merajut hubungan bisnis yang lebih luas jangkauan nya dan juga untuk mengembang luaskan pasar yang ditargetkan agar bisa meningkatkan penjualan.

Penyebab Terjadinya Negosiasi

  1. Adanya beberapa pihak yang berkepentingan.
  2. Ada suatu masalah yang akan dipecahkan
  3. Adanya rasa keinginan untuk mencapai kesepakatan dalam membagi hak atau kewajiban.
  4. Ada upaya menjaga kehormatan dan nama baik masing-masing pihak.
Negosiasi Bisnis yang perlu diketahui
Negosiasi Bisnis Yang Perlu Diketahui

Strategi Negosiasi

Ada beberapa strategi dalam sebuah negosiasi yaitu:

  1. Strategi Menang-Menang (win-win)

Pihak yang dilibatkan dalam proses negoisasi ini akan berusaha untuk menhidupkan suasana yang terlihat berkesan dan tidak ada pihak yang dirugikan.

  1. Strategi Menang-Kalah (win-lose)

Strategi perundingan yang tujuan nya untuk mendapatkan kemenangan mutlak dengan mengalahkan salah satu pihak. Strategi ini hanya akan menyelesaikan masalah sekali saja.

  1. Strategi Kalah-Kalah (lose-lose)

Ini adalah strategi yang tidak menggunakan akal sehat (curang). Strategi kalah-kalah ini  tidak dapat digunakan untuk mencapai kesepakatan, dengan adanya penggunaan strategi ini justru akan menambah adanya masalah.

Lebih baik hasil perundingan tersebut  dibuat secara tertulis dalam bentuk nota kesepakatan (Memorandum of Understanding) atau dalam bentuk surat perjanjian (Letter of Agreement)yang tujuan nya agar salah satu pihak tidak bisa melakukan sebuah kecurangan misalnya ingkar dengan kesepakatan tersebut.

Leave a Reply