Apasih Imajinasi Itu?

Posted on
apasih imajinasi itu?

Sering kali kita memikirkan sesuatu yang ingin kita lakukan atau sesuatu yang kita mau itu lah yang di sebut gambaran ingatan atau imajinasi. Gambaran yang terlintas dalam benak kita, yang biasa kita angan- angan atau  yang kita ingat.

Bila kita berkenalan dengan seseorang, maka di dalama benak kita terjadi gambaran ingatan yang biasa di sebut imajinasi itu. Sama pula jika kita melihat suatu barang yang baru, maka dalam benak kita akan tergambar dan tersimpan.

Seperti layak nya balita yang belajar dengan mengikuti apa yang orang dewasa lakukan. Mereka juga mengikuti apa yang orang dewasa kata kan. Pernah kah kalian mengajari seorang balita menyebut nama kalian atau dengan sebutan “kakak” “ayah” “ibu” dsb?

Maka sampai dewasa pun mereka akan mengingat dan terus mempraktekan seperti apa yang di katakan kita, karna mereka sudah memiliki sebuah gambaran di dalam jiwa nya. Andaikan di dalam sebuah kamar memiliki sebuah kasur maka saat anak itu mendengar kata “kasur” maka ter produksi lah dalam ingatan nya tentang kasur. Nah, gambaran ingatan yang hanya tentang suatu barang tertentu yang di ketahui di sebut gambaran ingatan (imajinasi) individual atau khusus.

 

Sedangkan fantasi atau tenaga penghayal yang tidak begitu berbeda dengan imajinasi, contoh nya : Saat sedang menunggu ayah menjemput sekolah, tiba- tiba ayah mengirimkan sebuah pesan yang memberitahukan bahwa diri nya akan telat menjemput karna sedang terjadi kemacetan sebab sebuah kecelakaan mobil. Selanjutnya, dalam pesan itu ayah berkata akan menjemput di depan gerbang sekolah dengan menggunakan motor dan berpakaian jaket denim.

Saat membaca pesan itu pasti secara tidak sengaja otak kita membentuk gambaran baru di ikuti dengan menggunakan gambaran ingatan atau di sebut imajinasi yang telah tersedia. Sampai kita bisa paham dengan isi pesan yang dikirim. Aktifnya jiwa yanga telah tersedia itu memunculkan gambaran ingatan baru.

Berdasarkan dengan kesemua uraian tersebut kita bisa melihat keterkaitan antara imajinasi atau gambaran ingatan dan fantasi atau tenaga penghayal. Menurut harvey cox sendiri fantasi adalah sebuah imajinasi yang dikembangkan.

apasih imajinasi itu?

Dalam imajinasi sendiri akan membuat kerja akal dalam mengembangkan pemikiran bergerak lebih bernilai dari pemikiran yang sederhana. Adapun istilah dari imajinasi mengerjakan soal seni rupa yang harus berfikir secara abstrak.

Itu lah sedikit dari pengertian dari imajinasi berserta dengan fantasi yang ternyata memiliki keterkaitan. Pada hakikat nya akal manusia memang bisa bergerak ke arah yang jauh lebih maju dari pada tindakan yang di lakukan. Karna penjelasan di atas, tidak kah kalian berfikir betapa penting nya imajinasi yang berupa anugrah dari tuhan yang maha esa.

Leave a Reply