Lakukan 10 Hal! Maka Pintu Rizki Terbuka

Posted on

Assalamualaikum wr,wb…

Wahai para hambanya Allah,sudah kita ketahui bahwa hidup di dunia rezeki sudah ada yang mengatur, tidak selamanya lurus kadang berliku-liku,tidak selamanya di atas,roda selalu berputar,ada kalanya di bawah.
Maka rezeki yang kita dapatkan juga hasil dari kerja keras dan ketentuan dari Allah.
Tapi,disini saya akan memberikan sedikit beberapa pengamalan pintu  yang mendatangkan rezeki bagi para hambanya Allah.
Apa saja amalan-amalan yang dapat membuka pintu rezeki?
Maka lakukan amalan berikut ini :

amalan pembuka pintu rezeki

1.Sholat Tertib 5 Waktu

Dengan kita melakukan sholat rawatib dengan tertib maka hubungan kita dengan Allah lebih dekat
karena Allah Dzat yang Maha Pemberi Rizki.
“Wahai Para HAmba-Hambaku,Hendaknya kalian memenuhi waktu (fokus) Dengan Ibadah,kalau kalian melakukannya Au akan memenuhi dada kalian dengan kesibukan dan aku tidak akan menutup kefakiran kalian. (HR.Ahmad & Tirmidzi)

2.Shalat Dhuha

Dengan kita selalu istiqamah setiap pagi melakukan shalat duha,maka kita mendapat tabungan di akhirot untuk membantu amalan kita yang masih kurang di dunia.Shalat duha banyak versi rakaatnya,dan setiap rakaat memiliki macam-macam keutamaan yaitu :
shalat 2 rakaat maka pahalanya seperti orang yang bersedekah
Shalat 4 rakaat maka Allah akan mencukupkan rezekinya selama satu hari.
Shalat 12 rakaat maka Allah akan membuatkan istana dari berlian di surga nanti.
“Wahai anak Adam,jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan 4 rakaat pada waktu permulaan siang (solat Dhuha),nanti pasti akan Aku cukupkan keperluanmu pada petang harinya.”
( HR al-Hakim dan Thabrani)

3.Shalat Tahajud

Ketika di waktu 1/3 malam,Allah turun ke bumi untuk memberikan rizki kepada hambanya yang mau berdoa,maka di waktu itulah Allah langsung mengabulkan setiap hambanya yang mau berdoa.Maka kita jangan sampai tertinggal di waktu 1/3 malam. Selain itu masih banyak keutamaan-keutamaan yang tidak kita ketahuinya.
“ Barang siapa yang menyeru-Ku, akan Aku perkenankan seruannya. Barang siapa yang meminta kepada-Ku, Aku perkenankan permintaanya. Dan barang siapa meminta ampunan kepada-Ku, Aku ampuni dia.” ( HR Bukhari dan Muslim )
“ Hai sekalian manusia, sebarluaskanlah salam dan berikanlah makanan serta sholat malamlah diwaktu manusia sedang tidur, supaya kamu masuk Sorga dengan selamat.” (HR Tirmidzi)

4.Perbanyak Berdzikir dan Istigfar kepada Allah

Dengan lisan kita perbanyak berdzikir kepada Allah,meminta pengampunan kita merasa lebih takarub kepada Allah.
“…. Dan seorang hamba dicegah baginya rezeki karena dosa yang dibuatnya.” (HR.At Tirmidzi)
Karena tidak dikabulkanya doa dan rezeki yang kurang, sebab dosa kita. Maka perbanyaklah berdzikir dan istigfar maka sewaktu-waktu Allah memberikan rizki yang kita  tidak disangka-sangka.
“Barang siapa memperbanyak istighfar.
maka Allah S.W.T  akan menghapuskan segala kedukaannya menyelesaikan segala masalahnya,dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka.”
(HR. Ahmad, Abu Daud,An-Nasa’i, Ibnu Majah dan al-Hakim dari Abdullah bin Abbas r.a.)

5.Mempererat Tali Silaturrahim Kepada Famili

Keluarga sangatlah penting untuk di jaga persaudaraannya,dengan kita mempererat tali persaudaraan maka Allah memberikan rezeki kepada kita.
“Siapa yang menunaikan hajat saudaranya maka Allah akan menunaikan hajatnya…”
(HR.Muslim)
“Barang siapa ingin dilapangkan rezekinya dan dilambatkan ajalnya,maka hendaklah dia menghubungi sanak-saudaranya. “ (HR. Bukhari)

pintu rezeki

6.Memperbanyak Bersedekah

Bersedekah sebagian rezeki yang kita miliki kepada orang lain tidak akan mengurangi rezeki yang kita miliki, tetapi secara tidak langsung justru menambah rezeki kita dan di akhirot nanti rezeki kita di dunia akan dilipat gandakan oleh Allah.
“Hai Zubair,ketahuilah bahwa kunci rezeki hamba itu ditentang Arasy,
yang dikirim oleh Allah azza wajalla kepada setiap hamba sekadar nafkahnya.
Maka siapa yang membanyakkan pemberian kepada orang lain,niscaya Allah membanyakkan baginya.Dan siapa yang menyedikitkan,niscaya Allah menyedikitkan baginya.”
(HR ad-Daruquthni dari Anas r.a.)

7.Memperbanyak Bersyukur kepada Allah

Apapun Rezeki yang kita miliki, sekecil apapun nikmat dari Allah supaya disyukuri,kadang kita tidak sadar bahwa kita bias melihat,diberi tubuh sempurna,bias makan itu semua termasuk pemberian dari Allah,rezeki tidak harus harta melimpah,tapi hal-hal kecil yang kita miliki termasuk pemberian dari Allah.
“Jika kalian mau bersyukur maka aku- Allah akan menambahkan nikmat pada kalian,sebaliknya jika kalian kufur,niscaya siksa ku- Allah sangatlah pedih.”(QS.Ibrahim 3)

8.Menikah

Semua orang pasti akan mengalami yang namanya nikah, hanya saja waktu yang menentukan. Dengan menikah lebih terjaga,amalan yang dilakukan akan dilipat gandakan,termasuk rezeki, secara tidak disangka Allah memberikan kecukupan bagi orang yang sudah menikah.
“Dan kalian nikahkanlah dengan orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberikan kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (Qs. an-Nur [24]: 32)

9.Berikhtiar dan Tawakal

Berikhtiar disini maksudnya adalah berusaha, mencari rezki yang kita dapat kemudian kita tawakal/berpasrah kepada Allah semua usaha yang kita lakukan dipasrahkan oleh Allah,Allah yang menentukan jumlah rezki kita.
“Andaikan kalian bertawakal kepada Allah dengan sebenar-benarnya bertawakal,sungguh kalian akan diberi rizki sebagaimana Allah memberi rizki sebagaimana  burung diberi rizki.Di pagi hari keluar dalam keadaan perut kosong dan kembali dalam keadaan kenyang.” (HR.Ahmad)

10.Berdagang

Dengan berdagang Allah akan membuka pintu rezki bagi kita, tetapi yang dimaksud berdagang adalah mencari hasil penjualan dengan cara yang halal,tidak merugikan orang lain.“Hendaknya kalian berdagang karena di dalamnya terdapat 9 dari 10 pintu rezeki.”  (HR.Ahmad)

Leave a Reply