merawat tanaman hias

Cara Merawat Tanaman Hias dengan Baik dan Benar

Posted on

Jika anda sekarang mempunyai hobi baru yaitu menanam tanaman hias, maka hal yang wajib anda ketahui adalah cara merawatnya.

beberapa macam tanaman hias
Beberapa Macam Tanaman Hias

Tanaman hias biasanya ditanam di pot kecil. Cara menanam tanaman hias di dalam pot tentunya memilki aturan-aturan tertentu, dan tidak asal-asalan. Sebenarnya cara merawat tanaman hias di dalam pot tidak terlalu sulit, hanya saja harus memilki ketelatenan agar tanaman yang kita tanam bisa tetap tumbuh dengan baik dan subur. Contohnya saat menanam tanaman buah di dalam pot, kita harus memperhatikan beberapa faktor seperti penyiraman yang harus sering-sering dilakukan saat musim kemarau, air yang digunakan juga sebaiknya jangan air PAM karna biasanya mengandung kaporit. Kalau menggunakan air PAM, sebaiknya endapkan dulu airya semalaman dan esoknya baru disiramkan. Dan usahakan air siraman jangan sampai menggenang selama 12 jam.

Pertumbuhan tanaman sangat tergantung pada penyiraman, apalagi tanaman dalam pot, apabila penyiramannya terlambat, maka tanaman akan cepat layu dan akhirnya mati. Ini dikarenakan penguapan dari sel-sel di dalam tanaman. Berbeda halnya dengan tanaman yang di tanam di tanah terbuka, meskipun kekurangan air tanaman masih dapat bertahan sebab dalam tanah masih banyak cadangan makanan dan air. Dan apabila tanaman dalam pot terlalu sering disiram, maka tanaman akan cepat layu dan membusuk, karna akar tidak bisa bernafas karna terlalu banyak menimbun air.

Cara merawat tanaman hias dengan baik dan benar:

Pilih Media Tanaman

Media yang digunakan untuk menanam tanaman sangat berpengaruh pada kesuburan tanaman, media tanam pada umumnya biasa dilakukan dalam dua media yaitu di tanah dan pot. Karna biasanya tanaman hias ditanam di dalam pot,s ebaiknya anda menggunakan media tanah di dalam pot.

Perhatikan Pupuk

Pupuk juga berpengaruh penting bagi kesuburan tanaman. Sebaiknya pemupukan dilakukan dengan dua cara yaitu dengan menggunakan pupuk dasar dan pupuk tambahan. Pupuk dasar sebaiknya menggunakan pupuk organik yang dicampur dengan tanah, dan untuk pupuk tambahan anda bisa menggunakan pupuk kimia namun gunakan sesuai takaran dan jangan terlau berlebihan.

Penyiraman yang Teratur

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, penyiraman sangat berpengaruh penting bagi kesuburan tanaman. Tanaman layaknya manusia yang memerlukan air, jika kekurangan air tanaman akan kering dan layu. Namun jika tanaman kelebihan air, tanaman akan mudah membusuk karna akar tidak kuat menampung air yang terlalu banyak. Waktu yang tepat untuk menyiram adalah pada waktu pagi dan sore hari. Dengan siraman yang baik dan teratur, pastinya tanaman akan dapat tumbuh denagn baik dan subur.

Rawat Secara Detail

Anda perlu merawat tanaman anda secara detail, seperti membersihkan ranting kering, membersihkan tanaman hama yang tumbuh di sekitar tanaman anda, dan selalu menjaga tanaman anda tetap sehat dan bersih dari hama seperti ulat,kutu daun, lalat putih dan jamur. Karna hama-hama tersebut dapat merusak tanaman anda.

Lakukan Pemangkasan

Manfaat pemangkasan bagi tanaman hias sangat banyak, diantaranya yaitu: agar cabang tanaman beraturan sehigga tanaman terlihat lebih rapid an cantik, pertumbuhan batang dan bunga akan terlihat kompak, dan dapat memicu munculnya bunga-bunga baru sehingga dapat menigkatkan pesona tanaman, serta agar terhindar dari hama penyakit yang menempel pada tanaman.

Repotting

Repotting adalah penggantian media tanaman, hal ini dilakukan pada tanaman yang ditanam dengan media pot, karna kalau pot yang lama tidak segera diganti dalam jangka waktu yang cukup lama, akan menyebabkan terhambatnya pertumbuhan tanaman.

Gravatar Image
Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply