jenis-jenis warna
Jenis-jenis warna

Yuk, Kenali Jenis-jenis Warna yang Ada Dunia Ini

Posted on

Pada kesempatan ini saya akan membuat artikel mengenai jenis – jenis warna serta pengertian warna. Warna adalah spektrum tertentu yang terdapat dalam suatu cahaya sempurna yang berwarna putih. Identitas suatu warna ditentukan panjang gelombang cahaya tersebut.

Dalam kehidupan sehari – hari kita dapat menemukan berbagai warna yang sangat beraneka ragam. Tahukah bahwa warna itu terbagi dalam beberapa jenis? Menurut teori warna dari Teri Brewster yang pertama kali dikemukakan pada tahun 1831, warna – warna yang ada di alam terbagi menjadi empat kelompok warna, yaitu warna primer, warna sekunder, warna tersir dan warna netral. Beberapa penjelasannya sebagai berikut :

Macam-macam Warna
Macam-macam Warna
  1. Warna Primer

Menurut teori warna pigmen dari brewster warna primer adalah warna-warna dasar. Warna-warna lain dibentuk dari kombinasi warna primer. Adapun warna primer yaitu merah, kuning, biru.

Warna primer atau warna pokok adalah warna-warna yang tidak bisa dihasilkan dari pencampuran warna lainnya karena warna ini warna pokok. Dengan begitu skema warna primer dikenal juga dengan skema warna tradic karena masing-masing warna tersebut terletak pada titik sudut segitiga sama kaki dalam lingkaran warna.

Asal usul warna primer berbeda dengan warna sekunder karena warna primer tidak bisa dibuat berdasarkan campuran warna lain. Warna primer adalah warna induk. Warna yang murni berdiri sendiri tanpa campuran warna lain.

  1. Warna Sekunder

Warna sekunder disebut juga warna kedua, yang artinya adalah warna hasil pencampuran dari warna-warna primer atau warna pokok dengan perbandingan satu banding satu. Pencampuran warna tersebut menghasilkan warna baru yang dinamakan warna sekunder. Misalkan pencampuran warna merah dengan warna kuning akan menghasilkan warna orange. Pencampuran warna kuning dengan warna biru akan menjadi warna hijau. Penampuran warna biru dengan warna merah akan menjadi warna ungu.

  1. Warna Tersier

Warna tersier disebut juga warna ketiga yang mempunyai arti hasil pencampuran warna primer dengan warna sekunder dengan perbandingan satu banding satu banding satu sehingga menghasilkan warna semu yaitu warna kuning orange (golden yellow), merah orange (burnt orange), kuning hijau (lime green), biru hijau(turquoise), biru ungu (indigo) dan merah ungu (crimson).

  1. Warna Netral

Warna netral adalah warna yang berasal dari campuran ketiga warna pokok dengan perbandingan warna yang sama. Secara teori campuran ketiga warna pokok ini akan menghasilkan warna hitam.

Jika sumber ketiga warna primer tersebut dibentuk dalam cahaya, maka pencampuran warna tersebut akan menghasilkan warna putih. Ingat teori spektrum berdasarkan cahaya. Jadi warna netral itu ada dua warna yaitu hitam dan putih.

Leave a Reply