5 Tips Meningkatkan konsentrasi & Daya ingat Otak

Posted on
konsetrasi&daya ingat otak
konsetrasi&daya ingat otak

Setiap manusia pasti memiliki daya ingat memori dalam otak, namun daya ingat dan konsetrasi manusia yang berbeda –beda. Ada yang kuat dan ada yang lemah. Karena tuhan memang menciptakan manusia berbeda-beda.

Jika ingatan kuat maka tidak menjadi masalah.Tapi jika konsentrasi lemah atau menurun bagaimana? Pasti,menjadi masalah. Karena setiap kegiatan yang kita lakukan memerlukan konsentrasi dan daya ingat yang kuat. Maka sekarang tidak usah khawatir bagi orang yang memiliki masalah tersebut.Bagaimana caranya? Berikut tips-tips yang kami berikan untuk anda.

1.Pola makan  yang dapat meningkatkan konsentrasi & daya ingat otak


konsetrasi&daya ingat otak

Penelitian sudah membuktikkan jika procyanidins yang terdapat di dalam dark chocolate bisa membantu memori ataupun daya ingat dengan meningkatkan sirkulasi otak saat melawan oksidasi serta inflamasi.Disisi lain juga bermanfaat untuk sistem saraf pusat.memperbanyak makan – makanan yang mengandung vitamin serta antioksidan yang tinggi, misalnya buah, kacang – kacangan, minyak nabati, serta sayuran hijau. Memperbanyak minum air putih karena 80% otak membutuhkan cairan.

2.Tidak Usah Memikirkan Banyak Hal yang Tidak Penting

Memikirkan suatu hal yang tidak penting hanya akan menambah beban dalam otak saja dan juga jika terlalu banyak mikir secara bersamaan akan lebih cepat lupa.contoh ketika sedang membaca buku lalu teman sedang mengajak bicara maka berapa persen materi yang kita baca menjadi lupa. Hal ini dapat menurunkan konsentrasi otak.karena otak memerlukan waktu kurang lebih 8 detik untuk menyimpan informasi dalam memori. Maka pikirkanlah hal-hal yang harus dilakukan sehingga otak menjadi lebih efektif.

3.Menulis

Dengan kita menulis,maka melatih otak untuk menyimpan memori dari data yang kita tulis, dari pada yang tidak ditulis. Menulis juga mempermudah kita dalam menjalankan proses menghafal. Kegiatan menulis membuat aliran oksigen ke area otak sehingga  sangat baik untuk di terapkan dalam kegiatan sehari-hari atau untuk mencoba kebiasaan – kebiasaan baru yang dapat meningkatkan daya ingat  otak. Hal ini juga sangat membantu  meningkatkan kapasitas memori dalam otak dan juga mengingat sesuatu hal

4.Berolahraga

Berohlaraga juga sangat penting untuk dilakukan,karena dengan berolahraga otak akan bekerja keras untuk melatih gerakan yang kita lakukan sehingga daya ingat otak lebih meningkat. Ketika seseorang sedang berolahraga, otak akan bekerja pada kapasitas maksimalnya, sehingga akan memicu perbanyakan sel saraf yang setelah itu akan memperkuat ikatan antar sel otak serta dapat menjaganya dari berbagai kerusakan.
Pada tahun 2010, terdapat sebuah penelitian yang sudah dipublikasikan dalam jurnal Neuroscience juga sudah membuktikan jika olahraga secara teratur bukan hanya dapat meningkatkan aliran darah yang menuju ke otak, tapi juga bisa membuat penyelesaian pekerjaan 2 kali lebih cepat daripada mereka yang tidak melakukan kegiatan olahraga.

olahraga dapat dilakukan dimana saja yang kita inginkan,berolahraga tidak harus yang berat,ringan pun dapat dilakukan seperti, stretching,lompat tali,lari pagi,senam ritmik,bersepeda,berenang dll.

5.Tidur Cukup Ketika Malam Hari


tidur malam yang cukup

Penelitian yang dilakukan di Harvard University telah membuktikan jika seseorang akan mempunyai otak yang lebih kuat daya ingatnya jika memperoleh tidur yang cukup saat malam hari. Tidur cukup juga bisa meningkatkan kemampuan anda untuk kegiatan lain yang lebih menantang.
Tidur yang cukup juga berlaku untuk pertumbuhan otak balita. Balita yang dibiasakan untuk tidur siang sudah terbukti akan mempunyai kemampuan kognitif yang jauh lebih baik saat masa dewasa nantinya.

Leave a Reply