Manfaat Bunga Kamboja

Manfaat Bunga Kamboja untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh yang Luar Biasa

Posted on

Bunga kamboja sering kita temukan di daerah yang yang berbau religi, misalnya di sekitar pemakaman atau yang lainnya. Bunga kamboja ini pertama kali ditemukan oleh botanis yang berasal dari Perancis yang bernama Charles Plumier, setelah kejadian itu, bunga kamboja  diberi nama ilmiah yaitu Plumeria. Bunga ini juga mempunyai nama lain, yaitu Plumeria Acuminate W.T.Ait.

Bunga kamboja ini berasal dari Amerika Tengah, Colombia, Venezuela, Equador, Cuba, dan Meksiko. Jadi sebenarnya bunga kamboja ini bukan berasal dari negara Kamboja, walaupun disebut dengan bunga kamboja. Tidak hanya dijadikan sebagai tanaman hias, namun bunga ini juga dapat dijadikan sebagai makanan ringan yaitu tempura bunga.

Hingga saat ini belum diketahui sejak kapan bunga kamboja ini datang ke Indonesia, namun ada suatu hal yang menerangkan jika bunga kamboja tersebut di bawa oleh bangsa Portugis dan Belanda, karena bangsa tersebut sangat menggemari iklim yang tropis serta perduli dengan keadaan lingkungan sekitar. Bunga kamboja tersebut tumbuh di dataran rendah, sekitar ketinggian 700 meter, serta tidak memungkinkan juga jika bunga kamboja tersebut tumbuh di berbagai tempat.

Tidak hanya bunganya yang cantik, namun bunga kamboja mempunyai banyak sekali manfaat dalam hal kesehatan, maupun kecantikan. Berikut ini merupakan beberapa manfaat bunga kamboja untuk kesehatan dan kecantikan tubuh :

1. Sebagai Anti Radang

Di dalam bunga kamboja terdapat kandungan flavonoid yang bisa dijadikan untuk obat anti peradangan, sebab peradangan disebabkan oleh radikal bebas. Kandungan flavonoid tersebut didapatkan sari bunga kamboja yang akan menghasilkan etanol. Etanol tersebut yang akan digunakan sebagai senyawa yang menghasilkan sebagai anti radang.

2. Mengobati Penyakit Patek ataupun Frambusia

Penyakit patek atau frambusia merupakan penyakit kulit yang sangat menular. Munculnya penyakit tersebut ditandai dengan munculnya bintil – bintil yang berukuran kecil  serta letaknya berdekatan. Ketika sudah mengering akan terdapat kerak yang membekas serta dengan ditambah dengan sakit kepala serta nyeri di sendi. Hal tersebut bisa diatasi dengan cara mengambil kulit batang kamboja setelah itu direbus dan airnya dibuat untuk berendam ataupun mandi.

3. Menghilangkan Tahi Lalat

Tahi lalat dapat menambah kecantikan yang terdapat di wajah seseorang, tapi juga dapat mengganggu seseorang. Jika anda mempunyai tahi lalat yang mengganggu, dapat dihilangkan dengan memakai getah pohon kamboja. Caranya cukup mudah, hanya dengan mengambil getah kamboja menggunakan kapas, setelah itu ditempelkan pada tahi lalat yang terdapat di bagian tubuh anda. Kerjakan kegiatan secara teratur hingga tahi lalat hilang dengan sendirinya.

4. Mengatasi Bengkak

Di dalam bunga kamboja terdapat kandungan antiseptik yang dapat mencegah infeksi pada kulit. Biasanya luka bengkak disebabkan karena kaki terbentur sebuah benda yang keras. Jika tidak diatasi, bengkak akan menimbulkan infeksi sebab bakteri yang terus berkembang. Untuk mengatasi bengkak, anda bisa memakai kulit pohon kamboja. Caranya sangat mudah, hanya dengan menumbuk kulit pohon tersebut hingga benar – benar hancur kemudian tambahkan air secukupnya, rebuslah sampai benar – benar mendidih. Lalu rendamlah bagian tubuh anda yang bengkak pada air rebusan tadi, pijat – pijatlah dengan perlahan – lahan.

5. Menjaga Elastisitas Kulit

Kandungan yang terdapat di dalam bunga kamboja bisa bermanfaat untuk hal kecantikan. Apalagi untuk anda yang ingin melakukan perawatan agar lebih mempercantik diri anda. Bunga kamboja akan memberikan sensasi alami yang dapat menjaga keadaan kulit anda supaya tetap lembab. Bunga kamboja kaya dengan vitamin E dan emolinnya, yang bermanfaat untuk menambah nutrisi pada kulit sehingga kulit akan terlihat lebih lembut.

6. Sebagai Obat Anti Biotik

Pemakaian antibiotik berhubungan dengan pengobatan penyakit infeksi sebab yang ditimbulkan oleh bakteri. Keadaan lingkungan yang kumuh adalah tempat tinggalnya bakteri, sehingga bisa mempengaruhi ketahanan dalam tubuh anda. Kandungan yang terdapat di dalam bunga kamboja telah terbukti ampuh untuk menghentikan perkembangan bakteri ataupun mikroorganisme berbahaya yang terdapat di dalam tubuh kita.

Gravatar Image
Pemuda desa yang ingin berkarya untuk diri sendiri, keluarga, agama dan negara. Memulai dari yang kecil dan selalu bermimpi untuk bisa sukses dunia dan akhirat. Salam dari Anak Desa Rejeki kota

Leave a Reply