Kebanyakan Tidur

Berbahaya! Ternyata Kebanyakan Tidur Ada Efek Sampingnya

Posted on

Istirahat atau tidur yang cukup itu memanglah sangat perlu di penuhi supaya tubuh kita selalu tetap bugar, namun hati-hati jika anda tidur lebih dari 8 jam atau kebanyakan tidur ada efek sampingnya yang berbahaya. Efek samping akibat kebanyakan juga ada banyak, bisa menimbulkan berbagai macam penyakit.

Berikut ini adalah efek samping akibat kebanyakan tidur bagi kesehatan, antara lain :

  • Penyakit Jantung

Jika anda teratur di dalam tidur lebih dari 8 jam seharinya maka resiko terkena penyakit jantung akan lebih tinggi, sebab penelitian sudah menunjukkan bahwa orang yang tidur 9-12 jam seharinya kemungkinan terkena penyakit jantungnya akan lebih tinggi pula.

  • Diabetes

Beberapa penelitian membuktikan bahwa jika tidur lebih dari waktu yang normal (kurang lebih 7/8 jam) cenderung lebih mudah terkena penyakit diabetes, apalagi bagi anda yang memiliki riwayat keturunan diabetes supaya membatasi di dalam tidur.

  • Kemampuan Mengingat Menurun

Kebiasaan anda yang tidur lebih dari 8 jam di dalam sehari akan mempengaruhi kinerja otak kita, memperlambat fungsi sel-sel otak dan dapat menimbulkan efek penuaan memori yang lebih cepat daripada yang seharusnya.

  • Sakit Punggung

Jika terlalu banyak tidur akan menimbulkan penyakit punggung juga, karena banyak penelitian yang membuktikan bahwa jika terlalu banyak itu merupakan kurangnya di dalam gaya hidup aktif dan merupakan alasan yang dapatmenyebabkan penyakit punggung.

  • Kurangnya Minat untuk Bersosialisasi

Terlalu banyak tidur itu tidak hanya akan berpengaruh dengan fisik anda saja, akan tetapi jika anda terlalu banyak tidur juga akan mempengaruhi kehidupan sosial anda. Ketika anda lebih banyak menghabiskan waktu untuk tidur, maka bisa di pastikan anda di dalam keterlibatan anda pada acara atau kegiatan di masyarakat pun berkurang. Lama-kelamaan akan membuat anda kehilangan minat di dalam kegiatan bersosialiasi, yang akhirnya akan mempengaruhi kepribadian anda dengan cara yang buruk.
  • Sakit Kepala

Jika anda sering sekali mengalami masalah sakit kepala, jalan keluarnya ialah anda supaya mengurangi tidur dan tidurlah dengan waktu yang normal jangan terlalu kebanyakan. Kalau anda merasa akhir-akhir ini sering tidur terlalu lama, mungkin itulah penyebab sakit kepala anda. Tidak yang etrlalu banyak itu akan mempengaruhi neurotransmitter pada otak yang akhirnya memunculkan masalah sakit kepala.
  • Obesitas

Terlalu banyak makan, terlalu banyak tidur pula, dan mempunyai gaya hidup yang non-aktif itu akan meningkatkan resiko obesitas pada tubuh anda. Menurut sebuah studi, jika orang yang tidur terlalu banyak mempunyai resiko 21 persen lebih tinggi di bandingkan dengan orang yang tidurnya dengan batas normal.

  • Depresi

Banyak studi yang meneliti tentang depresi, ternyata orang yang depresi tidurnya lebih banyak dari pada orang yang tidak mengalami depresi. maka dari itu inilah yang membuat depresi cenderung lebih buruk dan akhirnya membuat masalah fisik yang lainnya.

  • Merusak Otak

Penelitian di Universitas London pada tahun 2011 menunjukkan bahwa, jika ada orang yang terlalu banyak tidur maupun terlalu sedikit tidur akan mengakibatkan terjadinya penuaan pada otak 7 tahun lebih cepat daripada yang seharusnya. Hal ini sangatlah beresiko bagi pelajar, selain itu jika pada wanita yang usianya 45 tahun ke atas (klimakterium) yang tidurnya lebih dari 9 jam di dalam sehari juga akan beresiko mengalami penuaan otak 2 tahun lebih cepat juga. Penuaan otak ini juga akan membuat kita kesulitan untuk mempelajari suatu hal yang baru dan kesulitan juga di dalam menerima berbagai macam informasi.

Gravatar Image
Pemuda desa yang ingin berkarya untuk diri sendiri, keluarga, agama dan negara. Memulai dari yang kecil dan selalu bermimpi untuk bisa sukses dunia dan akhirat. Salam dari Anak Desa Rejeki kota

Leave a Reply