Daya Ingat Otak

7 Tips Meningkatkan Daya Ingat Otak dengan Cepat

Posted on

Kali ini kami akan membahas tentang 7 tips meningkatkan daya ingat otak dengan cepet. Nah ada berbagai macam cara meningkatkan daya ingat otak, ingatan kita ini layaknya organ tubuh yang juga membutuhkan latihan yang teratur supaya kondisinya selalu baik.

Melatih otak sebagaimana juga seperti atlit yang harus selalu berlatih supaya bisa menghadapi masa-masa yang sulit, daya ingat kita perlu selalu di latih supaya selalu dalam keadaan prima dan kemampuannya akan selalu meningkat.

Ini ada beberapa cara yang sederhana untuk meningkatkan daya ingat otak manusia, cara ini dapat anda ikuti untuk menjaga daya ingat anda tetap prima dan selalu meningkat kemampuannya.

Penyebab Daya Ingat Berkurang

Ternyata daya ingat berkurang juga ada penyebabnya. Kualitas daya ingat kita tidak tergantung dengan pendidikan saja, tapi juga tergantung pada lingkungan belajar dan pada lingkungan dimana dia tinggal. Faktor-faktor lain juga dapat membuat daya ingat otak berkurang misalnya kehilangan orang yang paling di cintai dan lain sebagainya, ini adalah beberapa penyebab daya ingat berkurang yang lain.

  • Kurang tidur

Jika daya ingat otak berkurang ada hubungannya juga dengan tidur, tidru malam yang cukup sangatlah penting untuk berfungsinya ingatan kita. Penelitian telah menunjukkan bahwa tidur malam di butuhkan setidaknya 6 jam supaya daya ingat berfungsi dengan baik, jangan sampai anda mengabaikan masalah tidur malam, tidur malam ini dapat meningkatkan daya ingat dan mengatasi stres.

  • Depresi

Depresi sekarang ini adalah penyakit yang sangat umum, banyak sekali penderitanya dari segala usia. Hal ini terjadi karena ada peristiwa yang terjadi dan melukai hati manusia dan itu dapat menurunkan daya ingat manusia.

  • Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang sangat menjadi ancaman yang menakutkan, banyak orang yang mengobati diabetes dengan cara yang tidak baik, padahal jika mengobati diabetes dengan baik dapat meningkatkan daya ingat anda.

  • Alkohol dan obat-obatan

Kecanduang alkohol dan obat-obatan tertentu dapat menurunkan daya ingat otak anda, biasanya para pecandu alkohol akan mempunyai masalah dengan daya ingat pada jangka pendek, akan tetapi lama-kelamaan akan mempunyai masalah daya ingat jangka panjang.

Meningkatkan Daya Ingat Otak

  1. Mengembangkan kebiasaan baru. Setiap kali anda mengharuskan diri untuk melakukan suatu yang baru, berarti anda memicu otak anda untuk bekerja lebih keras lagi. Anda bisa melakukan suatu hal yang tidak biasa anda lakukan, karena hal itu akan melatih otak dan meningkatkan daya ingat anda.
  2. Menjalin hubungan sosial dengan Keluarga. Jika anda sering bersosialisasi, maka semakin baik juga otak anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa otak dan jantung manusia akan berhubungan dengan keluarga dan sosial yang baik.
  3. Melatih pikiran dengan permainan. Semakin anda menggunakan keistimewaan otak untuk bermain atau apapu, maka akan membantu daya ingat anda tetap selalu bugar. Maka dari itu, seringlah bermain dengan menggunakan otak supaya daya ingat otak selalu kuat.
  4. Mengonsumsi makanan yang membantu meningkatkan daya ingat. Makanan yang kita konsumsi setiap hari juga mempengaruhi kinerja otak kita dan kondisi daya ingat dalam jangka panjang, survei dalam dekade terakhir ini menunjukkan bahwa makanan tertentu dapat meningkatkan fungsi sirkuit saraf pada otak dan mengontrol daya ingat otak. Makanan yang mengandung antioksidan dan vitamin akan bermanfaat untuk sistem saraf.
  5. Olahraga. Olahraga dapat melancarkan peredaran darah kita, bahkan hanya berjalan cepat tapi di lakukan rutin setiap hari akan dapat meningkatkan kinerja otak dan oksigenasi otak.
  6. Jangan pernah berhenti belajar. Carilah topik menarik yang membuat anda berminat dan mulailah terlibat di bidang atau pada informasi yang baru itu, seringlah belajar dan membaca itu dapat meningkatkan daya ingat anda.
  7. Tidur. Dengan tidur yang cukup pada malam hari, dapat meningkatkan daya ingat otak dan dapat meningkatkan kinerja otak anda.
Gravatar Image
Pemuda desa yang ingin berkarya untuk diri sendiri, keluarga, agama dan negara. Memulai dari yang kecil dan selalu bermimpi untuk bisa sukses dunia dan akhirat. Salam dari Anak Desa Rejeki kota

Leave a Reply