Ayo Mengenal Jenis Pempek Palembang dan Adonannya

Posted on

Jenis Pempek Palembang – Pempek merupakan makanan khas dari Indonesia yang sangat terkenal, asal muasal dari makanan pempek ini ialah Palembang, Sumatera Selatan. Percaya atau tidak percaya kalau makanan pempek yang sangat terkenal ini juga ada yang tidak tahu, apalagi dengan jenis-jenis pempek Palembang ini.

Sekarang jenis-jenis pempek semakin berkembang dan berinovasi, tidak heran jika orang banyak yang tidak tahu karena variasi dan jenis dari pempek Palembang juga semakin banyak. Jika anda belum mengetahui jenis dan adonannya pempek, anda bisa langsung menyimak pembahasan artikel ini sampai bawah.

Jenis Adonan Pempek yang di Gunakan

Ada beberapa macam adonan yang di gunakan untuk membuat pempek Palembang dan tidak semua adonan itu sama, adonan di bagi menjadi adonan adaan, adonan kulit, dan adonan lenjer. Pempek yang akan kami bahas berikut ini sebagian besar akan menggunakan adonan berikut ini dan ada yang 1 adonan untuk beberapa jenis pempek.

Berikut Ini Jenis Pempek dan Turunannya

Pempek Kapal Selam Alias Telur Besar

Dari namanya saja pasti anda tidak asing mendengarnya, karena namanya yang unik membuat pempek kapal selam ini menjadi pempek yang paling populer di bandingan yang lain. Selain itu bukan namanya saja yang unik, akan tetapi rasanya yang lezat membuat semua orang yang mencicipi pempek jenis ini akan ketagihan.

Adonan yang di gunakan untuk membuat pempek kapal selam ini yaitu adonan lenjer dan di buat seperti cekungan sebelum di isi dengan telur yang utuh, telur yang di gunakan biasanya telur ayam atau telur bebek utuh. Di dalam pembuatan pempek kapal selam ini tidak mudah, karena saat pengisian telur bisa membuat adonan pecah.

Biasanya telurnya di rebus terlebih dahulu agar mudah jika mau di masukkan ke dalam adonan sebelum di rebus lagi, tapi kalau seperti itu telurnya akan mengalami 2 kali proses perebusan dan cita rasa dari telur akan berkurang.

Pempek Tahu

Pempek yang satu ini adalah jenis pempek tahu, pempek tahu menggunakan adonan adonan. Tahu yang di gunakan untuk membuat pempek ini adalah tahu cina, bisa di bayangin kan bagaimana lezatnya tahu cina di beri isian adonan adaan lalu di goreng? Membuat anda yang melihatnya pengen mencicipinya.

Pempek Lenjer

Pempek lenjer ini menggunakan adonan lenjer dan bentuknya di buat seperti guling atau gelondongan, di dalam bentuknya ini, pempek lenjer merupakan jenis pempek yang pembentukannya paling dasar. Jenis ini bisa di buat kecil-kecil atau besar-besar.

Pempek Kulit

Pempek kulit ini terbuat dari adonan kulit, bahan utamanya ialah kulit ikan. Bisa di katakan kalau adonan kulit ini adalah adonan khusus untuk pempek kulit dan tidak bisa di gunakan untuk membuat pempek yang lainnya, sama seperti adonan adaan yaitu pempek kulit ini tidak melalu proses perebusan, akan tetapi melalui proses penggorengan, jadi teksturnya renyah.

Pempek Telur Kecil

Pempek ini sama seperti pempek kapal selam, dari bentuk dan adonannya itu yang sama, tapi ini ukurannya kecil berbeda dengan pempek kapal selam yang ukurannya besar. Biasanya perbandingannya dengan pempek kapal selam itu 1 banding 4 hingga 5 pempek telur kecil, telur yang di gunakan tidaklah utuh, tapi telur yang di gunakan di kocok dahulu seperti akan membuat telur dadar.

Pempek Pastel atau Pistel atau Pempek Kates

Pempek pistel ini di buat dengan menggunakan adonan lenjer, bentuknya seperti dengan pempek telur kecil. Bedanya dari pempek telur kecil yaitu yang bagian atas di tutup dengan tutupan seperti pistel atau pastel, bedanya lagi isiannya bukan telur tapi parutan pepaya mudah yang di masak dengan santan, kalau di Palembang pempek ini di kenal dengan pempek kates, karena kates adalah sebutan pepaya di Palembang.

Gravatar Image
Pemuda desa yang ingin berkarya untuk diri sendiri, keluarga, agama dan negara. Memulai dari yang kecil dan selalu bermimpi untuk bisa sukses dunia dan akhirat. Salam dari Anak Desa Rejeki kota

Leave a Reply