Manfaat Kacang Mete

Inilah Manfaat Kacang Mete Untuk Kesehatan Tubuh

Posted on

Mungkin dengan nama ini terdengar sudah tidak asing lagi bagi anda, kacang mete yang terdapat dari jambu monyet ini sangat lezat untuk dijadikan sebagai cemilan. Baik itu digoreng atau anda bisa mencampurkan kacang mete ini ke dalam berbagai olahan makanan. Selain kacang ini nikmat untuk camilan ternyata di dalam kacang mete ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kacang ini memiliki kandungan lemak yang tidak jenuh seperti jenis kacang-kacangan yang lain, saat anda mengkonsumsi kacang mete ini tidak menyebabkan obesitas dan kacang mete ini bisa menurunkan kolestrol jahat dalam tubuh.

Pohon jambu mete yaitu tanaman asli hutan Amazon Brasil yang tersebar di seluruh dunia oleh penjelajah Portugis. Sampai saat ini kacang mete masih dibudidayakan di Brasil, Vietnam, India, dan masih banyak lagi di Negara lain. Kacang mete ini memiliki ukuran sekitar ½ inci yang mempunyai bentuk ukuran yang menyerupai ginjal, ujung kacang mete ini halus dan runcing melengkung.

Berikut ini beberapa manfaat kacang mete untuk kesehatan tubuh:

Menyehatkan Jantung

Di dalam kacang mete ini terdapat kandungan lemak yang lebih rendah dari pada kacang lain, sebagian besar dalam bentuk asam oleat ini bisa untuk menyehatkan jantung. Asam oleat ini mampu untuk meningkatkan kesehatan jantung dan juga membantu mengurangi trigliserida yang berkaitan dengan resiko penyakit jantung. Kandungan antioksidan yang terdapat pada kacang mete ini juga akan membantu menurunkan resiko penyakit jantung koroner dan Magnesium yang terkandung di dalam kacang meteini juga bisa menurunkan tekanan darah dan membantu mencegah serangan jantung.

Merawat Rambut dan Kesehatan Kulit

Kacang mete juga kaya akan tembaga mineralnya, sebuah komponen penting yang mengatur produksi enzim. Enzim yang mengandung tembaga ini mengandung tirosinase, tirosinase yang terkandung di dalam kacang mete ini mengkonversi ke melanin yaitu pigmen yang menjaga kesehatan rambut dan juga warna kulit rambut. Tanpa kacang mete, tembaga tidak melimpah pada enzim dan juga tidak akan mampu untuk melakukan pekerjaannya.

Menjaga Kesehatan Tulang

Tidak hanya kalsium yang di butuhkan untuk memperkuat tulang, namun magnesium juga di butuhkan untuk menjaga kesehatan tulang. Tembaga yang terdapat di dalam kacang mete ini sangat penting untuk fungsi enzim yang terlibat untuk menggabungkan kolagen dan elastin yang memberikan substansi dalam tulang dan sendi.

Mencegah Terjadinya Kanker

Zat flavanol yang terkandung di dalam kacang mete ini benar-benar bisa menghentikan pertumbuhan tumor dan juga bisa menghentikan perkembangan sel-sel kanker. Kacang mete ini juga bisa mengurangi resiko kanker usus. Kacang mete ini memiliki kadar tembaga yang sangat tinggi, selain itu juga bisa menghilangkan radikal bebas dan juga kandungan antioksidan yang melindungi kita dari penyakit jantung dan kanker.

Mengontrol Berat Badan

Kandungan lemak yang terdapat di dalam kacang mete juga sangat tinggi, namun lemak yang terdapat di dalam kacang mete ini merupakan jenis lemak yang baik untuk tubuh. Selain itu, kandungan lemak dalam kacang mete lebih rendah di bandingkan dengan kacang tanah, kacang almond, dan sejenis kacang-kacangan yang lain.

Baik Untuk Kesehatan Saraf

Kandungan magnesium yang terdapat dalam kacang mete membuat saraf anda lebih santai, pembuluh darah dan juga otot anda akan terlihat lebih rileks lagi karena mengonsumsi kacang mete. Kandungan magnesium terlalu sedikit dalam tubuh anda yang akan mengakibatkan terlalu banyak kalsium yang masuk ke sel saraf yang akan menyebabkan terlalu banyak kontraksi.

Gravatar Image
Pemuda desa yang ingin berkarya untuk diri sendiri, keluarga, agama dan negara. Memulai dari yang kecil dan selalu bermimpi untuk bisa sukses dunia dan akhirat. Salam dari Anak Desa Rejeki kota

Leave a Reply