Manfaat Daun Bidara

Manfaat Daun Bidara untuk Tubuh dan Kecantikan

Posted on

Pohon bidara termasuk jenis pohon yang tergolong dalam kelas semak, pohon ini bisa tumbuh dengan subur di berbagai macam wilayah. Dan bibit pohon ini biasanya di sebarkan oleh burun yang suka memakan buah dari pohon bidara, pertumbuhan pohon bidara juga sangat cepat dan hampir semua batang bisa bercabang dan memiliki duri. Adapun ciri ciri dari daun bidara yaitu lingkaran kecil dan berwarna hijau dengan permukannya mengkilap, dan setiap daun mempunyai garing yang tampak jelas dan buahnya berbentuk bulatan kecil berwarna hijau, apabila buahnya sudah matang akan berwarna kuning kecoklatan.

Banyak negara luar seperti India dan China menjadikan buah dan daun bidara menjadi sebuah obat obatan karena diyakini memiliki banyak sekali manfaatnya. Berikut ini adalah manfaat dari pohon bidara.

1. Mempercepat Pertumbuhan Luka

Manfaat pertama yang dapat kita dapatkan dari daun bidara adalah dapat mempercepat penyembuhan luka yang disebabkan karena terjatuh, lecet, atau luka gores, karena kandungan senyawa anti inflamasi yang terdapat dalam daun bidara dapat membantu sembuh lebih cepat. Daun yang digunakan sebagai obat adalah daun yang sudah kering dan diolah menjadi bubuk, adapun cara penggunaannya campurkan bubuk daun bidara dengan air secukupnya samapai menyerupai sebuah pasta setelah itu oleskan pada bagian yang mengalami luka.

2. Menangani Masalah Kecantian

Pada zaman kuno di China buah bidara sudah sangat dipercaya mempunyai khasiat untuk membuat wajah menjadi lebih cantik, karena kandungan yang terdapaat dalam daun bidara dapat menangani masalah jerawat dan mengatasi masalah penuaan sejak dini seperti keriput dan juga lingkaran yang terdapat pada bagian mata. Untuk mjdikan daun bidara sebagai bahan kecantikan anda bisa menjadikannya menjadi sebuah masker adapun caranya sebaai berikut. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menghaluskan daun bidara samapai benar benar halus, setelah itu campurkan dengan sedikit air samapai terlihat agak mengental atau seperti masker kemudian pakai masker dari daun bidara tersebut pada bagian wajah kalian dan diamkan beberapa saat sampai maskernya kering setelah itu bialas dengan air bersih dan gunakan cara tersebut dua kali dalam satu minggu dengan teratur maka anda akan merasakan hasilnya sendiri.

3. Meringankan Luka Bakar

Manfaat daun bidara yang dapat membantu meringankan masalah luka bakar itu pertama kali ditemukan di India. Karena daun bidara yang masih segar dapat membantu memberikan efek dingin terhadap luka bakar, dan selain itu zat senyawa yang terdapat dalam daun bidara dapat mencegah bekas pada kulit yang disebabkan oleh luka bakar. Jadi jika anda mendapatkan luka bakar yang kecil dan diperkirakan masih bisa diobati sendiri maka carilah beberapa lembar daun bidara yang masih segar dan warnanya hijau kmudian cuci samapai bersih dan tempelkan pada luka bakar.

4. Mengatasi Gejala Depresi

Manfaat daun bidara yang selanjutnya adalah dapat membantu menghilangkan rasa cemas yang sering sekali terjadi sebagai gejala depresi, dikarnakan zat senyawa yang diperoleh dari daun bidara dapat memberikan rasa nyaman. Dan pengobatan ini telah diteliti oleh beberapa peneliti dan dikeluarkan dalam jurnal Ethnopharmacology edisi tahun 2001, beberapa produk yang telah dibuat menjadi manfaat the daun bidara sangat terbukti dapat memberikan rasa tenang dan juga nyaman terhadap orang orang sering mangalami masalah.

5. Meningkatkan Nafsu Makan

Daun bidara yang sudah kering juga berdampak sangat baik terutama bagi orang orang yang mempunyai hawa nafsu makannya rendah, zat senyawa dan baunya yang segar dapat membuat tingkat hawa nafsu makannya meningkat. Secara umum daun bidara yang dijadikan sebagai kapsul atau teh dapat memengaru hi sistem pencernaan yang mana dapat merubah pola makan yang sebelumnya, dan penggunaan daun bidara sebagai penambah nafu makan dapat dipakai untuk masa pemulihan selah sakit.

Gravatar Image
Pemuda desa yang ingin berkarya untuk diri sendiri, keluarga, agama dan negara. Memulai dari yang kecil dan selalu bermimpi untuk bisa sukses dunia dan akhirat. Salam dari Anak Desa Rejeki kota

Leave a Reply