Racikan Kopi

Racikan Kopi yang Paling Populer di Dunia

Posted on

Sekarang ini kopi bukan hanya sekedar minuman untuk membuat seseorang menahan kantuk, namun sudah menjadi gaya hidup masyarakat di seluruh dunia. Ada seseorang yang ngopi hanya sekedar bersosialisasi dengan pecinta kopi lainnya, ada juga yang ngopi karena hobi.

Ada yang benar-benar sangat mencintai minuman yang satu ini, selain kopi itu rasanya enak, kopi memanglah memiliki banyak sekali manfaat bagi para peminumnya, jadi tidak heran banyak yang menyukai minuman yang satu ini. Inilah beberapa racikan kopi yang populer di dunia.

Espresso

Meracik kopi ala espresso ini mulai di kenal di Italia, seperti namanya sendiri, kopi espresso ini di sajikan secara cepat kepada pelanggan. Kopi espresso ini di hasilkan dengan cara melakukan ekstrasi pada biji kopi yang telah melalui proses penggilingan, di butuhkan mesin khusus untuk membuat kopi espresso ini.

Mesin espressso pertama kali di buat oleh Luigi Bazzera pada tahun 1901, sejak tahun itu kopi espresso mulai di terima oleh masyarakat.

Cappucino

Jenis minuman kopi yang satu ini adalah asal muasalnya dari kopi espresso yang di campur dengan susu, porsi espresso pada cappucino ini ialah 1/3, jenis racikan kopi ini identik dengan adanya tampilan busa di permukaan kopi dan rasanya sangatlah halus serta manis. Capuccino seringkali menjadi pilihan yang sangat ringan bagi para pecinta kopi, karena di dalamnya da kandungan susunya.

Selain enak ternyata kopi bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Latte

Seperti dengan racikan kopi cappucino, kopi latte ini juga memadukan kopi dengan susu. Akan tetapi ada perbedaannya, perbedaannya ialah perbandingan susu dan kopi yang di gunakan.

Kalau kopi latte ini lebih banyak menggunakan kopinya daripada susunya, maka dari itu busa yang ada di permukaan kopi tersebut tidak terlalu banyak dan para barista menjadikan busa yang ada di permukaan kopi itu untuk berkreasi dengan melukis objek tertentu.

Frappe

Jenis racikan kopi yang satu ini di ciptakan di Yunani dengan cara yang tidak sengaja, frappe ini tidak seperti kebanyakan kopi lainnya, frappe ini di buat dengan menggunakan air dingin sehingga tercipta sebuah inivasi baru yaitu es kopi.

Oleh merek kopi yang terkenal, frappe ini di inovasikan menjadi frappucino yaitu kopi espresso di campur dengan susu putih lalu di blender dengan campuran es.

Americano

Jenis kopi americano ini di buat dari espresso yang di campuri dengan air panas, bagi sebagian orang racikan kopi espresso sangatlah kuat, jadi perlulah di tambah dengan air supaya lebih encer. Para penikmat kopi yang tidak terlalu suka dengan efek kopi yang sangat kuat, kopi jenis americano bisa menjadi pilihan anda.

Tubruk

Racikan kpi tubruk ini adalah asli Indonesia, cara pembuatannya cukuplah mudah yaitu dengan memasukan kopi yang sudah di giling terlebih dahulu dan di beri air panas, jika tidak terlalu suka dengan pahit bisa di tambahi dengan gula sesuai selera. Banyak orang yang menyukai kopi tubruk, karena kopi ini memiliki aroma yang sangat kuat dan aromanya yang khas.

Kopi Joss

Seperti halnya kopi tubruk, kopi joss ini cara penyajiannya juga khas dari Indonesia, khususnya di daerah Yogyakarta. Selain menggunakan bubuk kopi asli, pada larutan kopi ini juga di tambahi dengan arang yang masih panas. Memanglah sangat aneh, tapi akan membuat kadar kafeinnya berkurang.

Jadi, jika anda ingin menikmati kopi joss ini, anda bisa langsung berkunjung ke kota Yogyakarta.

Macchiato

Macchiato adalah salah satu jenis racikan kopi yang menggunakan susu di dalamnya, macchiato juga memiliki dua jenis yang di kenal saat ini yaitu latte macchiato dan espresso macchiato. Espresso macchiato ini adalah racikan kopi untuk segelas espresso dan di beri sedikit susu untuk campurannya, sedangkan kalau latte macchiato itu sebaliknya yaitu segelas susu yang di beri sedikit espresso untuk campurannya dan istilah macchiato di sini yaitu berarti di tandai dengan bercak.

Gravatar Image
Pemuda desa yang ingin berkarya untuk diri sendiri, keluarga, agama dan negara. Memulai dari yang kecil dan selalu bermimpi untuk bisa sukses dunia dan akhirat. Salam dari Anak Desa Rejeki kota

Leave a Reply