Provinsi di Indonesia

Provinsi di Indonesia yang Memiliki Penduduk Terbanyak

Posted on

Provinsi di Indonesia dengan penduduk terbanyak – Indonesia merupakan negara yang memiliki penduduk terbanyak ke 4 di dunia, setelahnya China, India, dan Amerika Serikat.

Provinsi yang ada di Indoneisa sangatlah banyak sekali, Negara Kesatuan Republik Indinesia (NKRI) memiliki jumlah penduduk leih dari 200 juta jiwa. Penduduk yang banyak tersebut berada di provinsi yang ada di Indonesia, di Indoesia ada 34 provinsi yang memerintah.

Pembangunan yang tidak merata yang ada di beberapa provinsi negara Indonesia, yang membuat penduduk-penduduknya berpindah ke kota-kota besar, akibatnya persebaran penduduk di provinsi-provinsi Indonesia berbeda-beda.

Jika di lihat dari data CIA World Factbook pada bulan juli tahun 2015, jumlah keseluruhan penduduk di Indonesia 255,993,674 jiwa. Di dalam perataan penduduk Indonesia tidak merata pada 34 provinsi, tentu saja fokus utama persebaran jumlah penduduk di Indonesia adalah di Pulau Jawa, lalu Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Papua, dan Maluku.

Jika berdasakan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2010 yaitu sebanyak 237.641.326 jiwa, sedangkan persebaran penduduk terbesar yaitu berada di Pulau Jawa dengan prosentasi 57,5% jumlah penduduk negara Indonesia.

Dari persesebaran penduduk di 34 provinsi yang ada Indonesia, berikut ini adalah 7 provinsi dengan jumlah populasi penduduk terbanyak di Indonesia yang berdasarkan data dari Sensus Penduduk Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2010, yaitu :

  • Jawa Barat

Jumlah seluruh penduduk : 43.053.732 jiwa
Yang memiliki penduduk terbesar menurut kabupaten/kota: Kabupaten Bogor (11,08%)
  • Jawa Timur

Jumlah seluruh penduduk : 37.476.757 jiwa
Yang memiliki penduduk terbesar menurut kabupaten/kota: Kota Surabaya (7,38%)
  • Jawa Tengah

Jumlah seluruh penduduk : 32.382.657 jiwa
Yang memiliki penduduk terbesar menurut kabupaten/kota: Kabupaten Brebes (5,35%)
  • Sumatera Utara

Jumlah seluruh penduduk : 12.982.204 jiwa
Yang memiliki penduduk terbesar menurut kabupaten/kota: Kota Medan (16,16%)
  • Banten

Jumlah seluruh penduduk : 10.632.166 jiwa
Yang memiliki penduduk terbesar menurut kabupaten/kota: Kabupaten Tangerang (26,66%)
  • DKI Jakarta

Jumlah seluruh penduduk : 9.607.787 jiwa
Yang memiliki penduduk terbesar menurut kabupaten/kota: Kodya Jakarta Timur (28,04%)
  • Sulawesi Selatan

Jumlah seluruh penduduk : 8.034.776 jiwa
Yang memiliki penduduk terbesar menurut kabupaten/kota: Kota Makassar (16,66%)

Jika di lihat dari data di atas bisa anda ketahui bahwa provinsi di Indonesia yang memiliki jumlah pendduduk terbesar berada di pulau Jawa, besarnya arus urbanisasi juga berpengaruh terhadap persebaran jumlah penduduk di Indonesia ini, nah terutama tujuan utama arus urbanisasi di provinsi yang ada di Indonesia adalah DKI Jakarta. Hal ini di bilang wajar, karena DKI Jakarta adalah ibu kota negara Indonesia.

Dengan semakin padatnya penduduk pada provinsi-provinsi yang ada di Pulau Jawa, harapannya ya memang penduduk di provinsi Luar Jawa tidak akan meninggalkan kampung halaman mereka untuk urbanisasi.

Kalau jaman dahulu pemerintah mengatasi permasalahan persebaran penduduk dengan merencanakan program transmigrasi, yaitu memindahkan sekelompok penduduk yang berada di daerah yang padat penduduk ke daeraah yang lain yang tidak padat penduduk, tapi tetap dalam wilayah Indonesia.

Dari berita di kabarkan bahwa jumlah penduduk Indonesia 35 tahun kedepan atau lebih tepatnya lagi yaitu pada tahun 2050 akan mencapai 300 juta jiwa dan mungkin bisa lebih dari itu, demikian itu negara Indonesia menjadi salah satu kosentrasi populasi penduduk terbesar di dunia selain India, Pakistan, Republik Demokratik Kongo, Nigeria, Tanzania, Etiopia, Uganda, dan Amerika Serikat.

Nah pasti sudah bisa di bayangkan bagaimana besar dan padatnya populasi penduduk Indonesia pada beberapa tahun ke depan, demikianlah 7 provinsi di Indonesia yang memiliki penduduk yang paling banyak.

Gravatar Image
Pemuda desa yang ingin berkarya untuk diri sendiri, keluarga, agama dan negara. Memulai dari yang kecil dan selalu bermimpi untuk bisa sukses dunia dan akhirat. Salam dari Anak Desa Rejeki kota

Leave a Reply