Macam-Macam Tanaman Hias Bunga Melati Dan Manfaatnya

Posted on

Halo guys, selamat pagi, pagi yang indah untuk kita semua. Oke kali ini, saya akan memberikan info tentang bunga melati. Siapa yang tidak kenal dengan bunga melati?. Bunga melati adalah merupakan jenis tanaman hias yaitu berupa tanaman perdu berbatang, tega, dan hidupnya menahun. Bunga melati adalah termasuk dalam kategori tanaman semak, dan tanaman merambat.

Tanaman hias bunga melati juga ada sekitar 200 spesies tumbuha asli, yang berada di daerah tropis, dan hangat. Tanaman bunga melati ini mempunyai aroma yang khas, sehingga, banyak sekali yang membudidayakanya. Jenis dari bunga melati sendiri ada 200. Tetapi, ada 8 jenis yang sangat potensial, dan sangat terkenal untuk di jadikan tanaman hias, inilah macam-macam tanaman hias bunga melati, berikut adalah penjelasanya:

  1. Bunga melati putih

Jenis bunga melati putih ini adalah merupakan jenis melati yang sudah banyak di budidayakan, ataupun di jadikan sebagai tanaman hias. Warna dari bunga melati ini yaitu putih mungil, dan mempunyai aroma yang khas. Karena aromanya yang sangat khas, biasanya bunga ini di gunakan sebagai riasan pengantin, dan biasanya juga di gunakan sebagai campuran teh. Tanaman ini tumbuhnya itu rendah, dan menjalar. Sehingga, jika anda ingin menanamnya cukup dengan metde tanam merunduk.

  1. Bunga melati gambir

Yang kedua yaitu bunga melati gambir. Bentuk dari bunga ini hampir mirip dnegan bunga kamboja putih. Tetapi, kalau sudah di lihat dari daun, dan pohonya, jelas berbeda. Sama seperti jenis yang lainya, bunga melati gabir ini juga memiliki aroma yang khas, ukuranya bunganya pun cukup besar. Biasanya jenis bunga melati gambir ini di tanam sebagai tanaman hias bunga, karena ukuran dari bunga ini dapat membesar.

  1. Bunga melati primrose

Yang ketiga adalah yaitu bunga melati primrose. Bunga melati primrose adalah merupakan jenis bunga melati yang memiliki warna selain warna putih. Di dalam bahasa inggris, bunga ini memiliki beberapa sebutan naman, yaitu seperti primose jasmine, atau juga biasa di sebut yellow jasmine.nama latin dari bunga melati ini adalah yaitu jasminum mensyi.

  1. Melati Multiflorum

Jenis selanjutnya adalah yaitu melati multiflorum. Melati jenis ini biasanya di kenal dengan sebutan bunga melati musim dingin. Bunga ini memiliki bulu halus, dan mempunyai banyak sekali bunga. Sehingga, ketika saatnya musim bunga, daun dari bunga ini akan tertutupu oleh bunganya, serta bunga ini memiliki aroma yang khas melati.

  1. Bunga Melati Casablanca

Jenis yang selanjutnya itu adalah jenis bunga melati casablanca. Jenis bunga yang satu ini jarang sekali di temukan di negara indonesia kita tercinta ini. Jenis yang satu ini biasanya tumbuh di negara-negara, seperti cina, Iran, dan masih banyak lagi. Tanaman ini juga sama seperti jenis lainya, yaitu mempunyai aroma yang harum intens. Jenis bunga yang satu ini juga memiliki sebutan, antar lain adalah melati musim panas, malati putih, melati penyair, dan masih banyak lagi.

  1. Bunga Melati Raja

Selanjutya, tetap semangat ya membacanya, jenis yang selanjutnya yaitu bunga melati raja, atau juga bisa kita sebut dengan bunga melati king. Jensi yang satu ini adalah merupakan jenis bunga yang terbesar, dari pada jenis bunga melati yang lainya. Jenis yang satu ini juga dapat tumbuh besar, dan khususnya, tanaman ini mempunyai mahkota. Meskipun ukuranya yang cukup besar, bunga jenis ini juga aroma yang harum, dan warnanya yang sangat cantik. Tanaman jenis satu ini sangat cocok di tanamn di lahan yang cukup luas.

  1. Bunga Melati Pot

Jenis selanjutnya adalah yaitu bunga melati pot. Jenis yang satu ini mempunyai warna yang berbeda dengan warna bunga melati lainya, yaitu berwarna kuning. Jenis bunga melati ini juga termasuk jenis bunga melati semak cemara berkubah, dan juga mempunyai bentuk daun, yaitu berbentuk oval, dan dengan bunga penuh, yang berkembang pada awal musim panas.

  1. Bunga Melati Bintang

Selanjutnya adalah bunga malti bintang. Jenis yang satu ini sesuai sekali dengan namanya, dan juga sesuai dengan bentuk mahkotanya. Biasanya jenis bunga melati bintang ini hanya di pergunakan sebagai hiasan saja, berbeda dengan jenis yang lainya, yang dapat di aplikasikan sebagai campuran teh.

Manfaat dari Bunga Melati

Bunga melati ini mampunyai banyak sekali manfaat, biasanya tanaman ini di gunakan sebagai bunga tabur. Dan juga bunga melati ini dapat di jadikan sebagai bahan industri minyak wangi, dan kosmetik. Pucuk dari bunga melati sendiri dapat di olah sebagai  riasan untuk pengantin,dan juga dapat i olah sebagai campuran teh.

Pada beberapa jenis melati, bagian dari daunya dapat berguna untuk menghentikan sistem ASI ibu. Dengan cara, di remukkan, dan di tempelkan pada bagian atas dada ibu. Selain itu, dari jenis lainya, bunga melati dapat di gunakan sebagai obat bisul, dan obat sakit kulit, dan juga dapat di gunakan sebagai obat kumur sariawan, dan obat pembengkakan gusi. Sedangkan, untuk air rendamanya dapat berguna sebagai air penyegar, dan untuk mencuci muka.

Itulah sedikit informasi tentang macam-macam bunga melati, dan manfaatnya. Ada banyak sekali kan manfaat dari bunga melati ini. Sebenarnya masih banyak lagi macam, dan manfaat dari bunga melati ini. Mohon maaf saya hanya membuat sedikit, karena saya sedang sibuk dalam pekerjaan saya. Sekian dari saya, semoga artikel saya ini bermanfaat. Terima Kasih.

Incoming search terms:

  • tanaman hias mahal
Gravatar Image
Pemuda desa yang ingin berkarya untuk diri sendiri, keluarga, agama dan negara. Memulai dari yang kecil dan selalu bermimpi untuk bisa sukses dunia dan akhirat. Salam dari Anak Desa Rejeki kota

Leave a Reply