Yuk, Kita Belajar Tentang Bunga Kamboja dan Cara Menanamnya.

Posted on

Selamat datang semua di artikel saya ini, semoga artikel saya ini bermanfaat. Untuk hari ini, saya akan memberikan info tentang bunga kamboja. Siapa sih yang tidak kenal dengan bunga kamboja?, pasti kebanyakan kalian terlintas di pikiran anda, ketika mendengar dengan bunga ini akan merasa merinding. Wajar saja, tanaman ini biasanya tumbuh di kawasan keramat, seperti kuburan, dan masih banyak lagi.

Tapi walaupun tanaman ini tumbuh di kawasan pemakaman, atau kuburan, tanaman ini juga termasuk kategori tanaman hias, salah satu yang dapat di jadikan tanaman hias adalah bunga kamboja jepang. Bunga kamboja adalah merupakan salah satu jenis tanaman hias bunga yang sangat di sukai di Indonesia ini, karena bunga kamboja ini mempunyai bentuk yang cantik, dan cukup menawan.

Warna yang dapat di hasilkan bunga ini juga banyak, tergantung dari jenis bunganya tersebut. Aroma dari bunga kamboja juga sangat khas, hampir seperti aromanya bunga mawar. Sebenarnya, tanaman ini bukanlah asli tanaman dari Negara Indonesia. Aslinya, tanaman ini berasal dari Amerika, Negara Asia bagian barat, serta berasal dari Negara Afrika. Jenis tanaman hias yang satu ini adalah tanaman yang bisa di bilang tahan banting, dan tahan pada perubahan cuaca. Bunga kamboja juga dapat hidup, bahkan hingga ratusan tahun.

Jenis-Jenis Bunga Kamboja

Seperti yang saya sudah katakana sebelumnya di atas. Bunga kamboja itu mempunyai berbagai macam jenisnya. Dan setiap jenisnya itu emmpunyai karakteristik yang berbeda pula. Warnanya pun antara jenis satu, dengan jenis lainya berbeda. Perbedaan lainya dapat juga di lihat dari segi bentuk daunya, daunya itu ada yang mempunyai mahkota yang bertumpuk, da nada juga yang bermahkota menggulung.

Selain itu, ada juga jenis bunga kamboja yang tidak memiliki aroma, biasanya yang tidak mempunyai aroma ini kebanyakan di jumpai di Indonesia. Langsung saja inilah jenis-jenis bunga Kamboja:

  • Bunga Kamboja Adenium Obesum

Yang pertama yaitu bunga kamboja Adenium Obesum, jenis bunga kamboja yang satu ini biasanya di sebut dengan nama bunga desert rose, atau karoo rose. Biasanya, tanaman ini dapat kita jumpai di kawasan daerah Afrika bagian Timut, dan di bagian selatan Arabia. Jenis yang satu ini sekarang sudah banyak dapat kita jumpai di Negara kita Indonesia.

Di habitat aslinya, tumbuhan ini tumbuh secara menyemak, ukuran dari pohon kamboja ini dapat mencapai 10.12 meter. Sedangkan, kalau di Indonesia, ukuran pohon bunga kamboja ini hanya sekitar 1-2 meter saja. Warna bunga kamboja yang satu ini cenderung mempunyai warna merah di tepi petal, dan putih di bagian tengah, dan masih banyak lagi varian warnanya.

  • Bunga Kamboja Adenium Multiflorum

Yang kedua adalah yaitu bunga kamboja Adenium Multiflorum. Jenis tanaman yang satu ini dapat bertahandi kawasan lingkungan yang dingin dan kering. Jenis bunga kamboja yang satu ini juga mempunyai bentuk yang paling indah, di banding jenis bunga kamboja yang lainya. Jenis bunga kamboja yang satu ini mempunyai bentuk seperti bintang, dengan warna merah tua di bagian petal. Dan warna putih, atau warna merah cerah di tengah tengah petal.

Ukuran dari bunga kamboja yang satu ini tidak jauh berbeda dengan jenis lainya, yaitu sekitar 6-7cm. meskipun bunga kamboja dapat tumbuh setahun sekali, bunga ini dapat terus mengeluarkan bunga dalam kurung waktu yang lama, yaitu 2-4 bulan.

  1. Bunga Kamboja Adenium Swazicum

jenis bunga kamboja yang selanjutnya yaitu bunga kamboja Adenium Swazicum. Jenis bunga yang satu ini termasuk jenis bunga kamboja yang terbilang mudah dalam pembudidayaanya. Anda dapat membudidayakan tanaman ini dengan cara mencangkok, ataupun hanya dengan menanam bijinya. Bunga ini juga memiliki kekurangan, yaitu pertumbuhanya yang bisa di bilang lambat, sehingga butuh waktu yang cukup lama untuk tanaman ini menghasilkan bunga.

Daun dari bunga ini yaitu berwarna hijau cerah dengan sedikit bulu pada permukaan daunya. Sedangkan warna pada bunga mempunyai warna yaitu berwarna merah muda cerah. Pada saat musim gugur, tanaman ini menggugurkan semua daunya, lalu ketika musim semi tiba akan tumbuhlah tunas-tunas baru.

Tips Cara Menanam Bunga Kamboja

Bagi kalian yang ingin menanam bunga kamboja, harus selalau di pantau bunganya, terutama melakukan stek batang. Cara budidaya bunga kamboja ini bisa di bilang cukup mudah. Anda hanya harus punya teknik menanam sederhana. Bagian tersulitnya yaitu pada bagian pembibitanya yang di lakukan dengan teknik stek.

Bila anda belu tahu apa itu teknik stek, anda dapat membaca di buku-buku perpustakaan, atau anda dapat juga bertanya kepada yang ahlinya. Selain teknik stek, anda juga dapat menggunakan teknik mencangkok. Setelah berhasil mendapat bibit bunga kambojanya, langkah selanjutnya yaitu menyiapkan media tanamnya, sebagai tempat untuk menanam bunga kambojanya.

Untuk media tanamnya, anda dapat menggunakan polybag, atau menggunakan pot, isilah pot, atau polybag dengan 100, sampai 200 liter tanah. Setelah terisi, buatlah lubang di pot, atau polybag tersebut, dengan kedalaman yaitu sekitar 10-20cm. pastikan di sekitar bunga kamboja itu tidak ada kerikil, atau batu, sehingga bunga kambojanya dapat tumbuh dengan baik.

Setelah melakukan penanaman, langkah selanjutnya itu adalah melakukan kegiatan perawatan. Perawatan dari bunga kamboja ini cukup mudah, hanya menyiraminya ketika terlihat tanahnya itu kering. Selain itu juga bunga kamboja harus sering di keluarkan, supaya terkena sinar mataharo secara langsung, karena bunga kamboja dapat tumbuh subur bila rutin terkena sinar matahari, terutama sinar matahari pagi.

Itulah sedikit informasi tentang jenis-jenis, maupun tips menanam bunga kamboja. Saya sarankan anda yang mempunyai taman, supaya menanam bunga kamboja ini sebagai koleksi tanaman hias di rumah anda. Sekian dari saya, semoga artikel saya ini bermanfaat. Terima Kasih.

Gravatar Image
Pemuda desa yang ingin berkarya untuk diri sendiri, keluarga, agama dan negara. Memulai dari yang kecil dan selalu bermimpi untuk bisa sukses dunia dan akhirat. Salam dari Anak Desa Rejeki kota

Leave a Reply