bunga matahari
Filosofi Bunga matahari

Filosofi Bunga Matahari

Posted on

Bunga matahari adalah tumbuhan semusim dari suku kenikir-kenikiran yang populer, baik sebagai tanaman penghasil minyak maupun tanaman hias. Bunga dari tumbuhan ini sangat khas dan menarik.

kepala bunga matahari
Kepala Bunga Matahari

Berwarna kuning terang dan kepala bunganya berdiameter besar (bisa sampai 30 cm). Bunga ini sebetulnya tersusun oleh ratusan hingga ribuan bunga kecil yang berkumpul pada satu bongkol bunga. Bunga matahari juga memiliki perilaku yang khas yaitu selalu menghadap  ke arah matahari

Sebelum membahas tentang filosofi bunga matahari, yuk kita bahas dulu tentang beberapa kelompok bunga matahari! Bunga matahari terbagi menjadi 4 kelompok yaitu:

1.Kelompok penghasil minyak:

Selain sebagai tanaman hias, bunga matahari juga dibudidaya untuk diambil minyaknya. Kelompok ini memiliki jenis bunga dengan cangkang biji tipis. Dengan kandungan minyak sekitar 48 hingga 53 persen, jadi untuk menghasilkan 1 liter minyak membutuhkan 60 tandan bunga majemuk.

2.Kelompok yang diambil daunnya untuk pangan atau pupuk hijau.

3.Kelompok tanaman hias, kelompok ini biasanya memiliki bentuk bunga yang besar dan bagus.

4.Kelompok kuaci

Kelompok ini dibudidaya untuk diambil kuacinya dan diolah menjadi makanan.

Filosofi Bunga Matahari:

Bunga ini dinamakan bunga matahari karna memang bunga ini selalu bergerak mengikuti arah matahari, juga karna bentuk bunganya yang besar dan berwarna kuning yang menyerupai matahari. Coba anda lihat, bunga matahari selalu menghadap ke arah matahari. Saat matahari terbit, bunga ini menghadap ke arah timur, dan saat matahari tenggelam bunga ini menghadap ke arah barat. Sifat inilah yang sering diartikan sebagai sifat kesetiaan. Bunga matahari juga merupakan simbol kepatuhan yang tidak pernah menunjukkan sifat pembangkangan atau protes.

Bunga matahari juga disebut-sebut sebagai simbol kebahagiaan dan keceriaan. Arti ini mungkin dikarenakan warna bunga matahari yang kuning cerah dan selalu terlihat seakan-akan tersenyum saat kemunculannya. Bunga ini sangat jarang bahkan tidak pernah digunakan untuk menyatakan cinta karna bunga ini tidak menggambarkan kesan romantis seperti bunga mawar. Bunga ini sangat cocok sebagai lambang persahabatan karna tampak begitu kuat dan tidak mudah rapuh.

Gravatar Image

Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply