Cara Membudidayakan Ikan Nemo

Posted on

Ikan nemo ini adalah salah satu jenis ikan yang yang populer di pasaran sekarang diantara nya adalah ikan nemo dari jenis ikan hias air laut dari subfamily. Identifikasi marfologi nya kami bisa mengenali jenis ikan ini yakni ikan badut yang berwarna kuning, jingga, merah, dan hitam kehitaman.

Ciri ciri morfologi ini kita dapat sekali mengenali antara lain dari spesies yang terbesar dapat tumbuh mencapai panjang 19 cm, dan yang terkecil hanya mencapai sekitar 10 cm.

Ini lah di beberapa Negara jenis ikan ini juga cukup sekali populer dengan nama yang berbeda beda. Contohnya itu di jepang, yang mana ikan badut ini di kenal kakure atau kumanomi, atau yang ada di rusia di biasanya di kenal sebagai ikan obyknovennaya dan yang di Denmark biasanya di kenal ikan klovnfisk.

Untuk mengenalnya yang lebih tepat jenis ikan badut ini ( ikan nemo ) bisa kita lihat dari spesifikasinya sebagai berikut ini:

  • Nama ilmiah: Amphiprion percula
  • Nama lainnya: ikan badut, ikan anemo atau ikan anemone fish
  • Ukurannya: berkisar 3 sampai 5 inci
  • Harapan hidupnya: berkaisar 3 sampai 7 tahun
  • Classnya: Actinopterygii
  • Familinya: Pomacentridae

Dimanakah Habitat Ikan Badut ( ikan nemo )?

Ikan hias jenis ini sebenarnya lebih suka menyukai hidup di perairan sedangkan kedalamannya kurang dari 45 meter tersebut atau kondisinya di perairan yang hangat dengan kondisi air yang cukup jernis ini.

Habitat aslinya ikan badut ini adalah ikan karang tropis yang biasanya itu senang sekali hidup di sekitar daerah terumbu dengan kedalam dan airnya jernih.

Mengenal Makanan Ikan Nemo ( Ikan Badut )

Makan ikan nemo ini mungkin kita tidak percaya jika ikan nemo ini ternyata bukan ikan biasa yang kami kenal pada umumnya, ikan nemo ini ternyata merupakan ikan omnivoreb atau jenis makanannya itu adalah daging namun menyukai tumbuh tumbuhan.

Kerja Sama Yang Saling Menguntungkan Ikan Nemo

Ikan nemo ini merupakan konsep naluri yang ditirukan oleh manusia, konsep ini yang di kenal dengan nama simbiosis mutalisme yakni bisa kerja sama yang saling menguntungkan antara ikan anemone dan ikan badut.

Dalam satu habitat ini yang sama ikan badut adalah ikan anemone hidupnya itu berdampingan dengan pola saling menguntungkan, dalam kesehariannya itu anemone akan bertugas sebagai senantiasa melindungi ikan badut sementara ikan badut ini bertugas melindungi anemone dari ancaman serangan ikan kupu kupu.

Budidaya Ikan Nemo

  1. Aquarium, Tempat Habitat Ikan

Sebelum kami melakukan proses kegiatan budidaya ikan nemo ini yang pertama adalah kita harus siapkan adalah wadah yang akan di pakai untuk habitat ikan nemo ini.

Bagaimana kah caranya agar kondisi ikan badut ini bisa menyenangkan, ada berapa langkah yang kita lakukan antara lain, jangan lah meletakakn aquarium kalian di tempat yang gelap, kemudian usahakan aquarium kalian di tempat di ruangan yang banyak cahaya matahari namun suhu panasnya bisa terkontrol al yang diamaksud untuk menghindari parasite baik untuk induknya maupun untuk kesehatan nya telur yang akan di hasilkan.

  1. Mencari Induknya yang berkualitas

Untuk memperoleh bibit ikan nemo ini yang sangat berkualitas adalah langkah langkah yang di perlukan adalah harus mencari indukan yang sangat berkualitas. Biasanya di perlukan adalah indukan pemijahan dari alam.

Kemudian jika itu sulit di lakukan kita bisa mendapatkan dari kolam pemijahan namun kita perlu sekali melakukan seleksi ketat dengan menyeleksi segi kesehatan, jenis, ukuran dan warna berbagai karekter lainyayang di senangi oleh para manusia sekarang ini.

  1. Perjodohan

Jika mencari pasangan jodoh untuk jenis ikan badut ini biasanya di sebut sulit jika tidak hati hati. Bagaimana ikan nemo ini mempunyai selera yang sangat tinggi untuk berpasangan. Jika ikan nemo ini tidak merasa cocok maka setiap saat hanya akan berantem sampai salah satunya ada yang mati.

Maka prosesnya penjodohannya ini di lakukan untuk mendapatkan pasangan induk yang sangat cocok. Cara membedakan jenis kelamin ikan nemo ini bisa di lakukan untuk pasangan induk yang sangat lah cocok dengan ikan nemo ini.

Untuk membedakannya, kalian cukup memilih induk yang besar biasanya berkelamin betina dan induk yang agak kecil itu biasanya berkelamin jatan.

Lalu yang di masukkan ke dalam aquarium yang sudah di siapkan, sebaliknya sirkulasinya airitu di lakukan selama 24 jam agar kondisi kualitas air tetap terjaga hingga nyaman untuk di tempati jenis ikan ini.

Kemudian jika tidak terjadi kecocok maka tindakannya adalah pasangan tersebut harus di pisakan dengan segera dengan lainnya sampai mendapatkan pasangan yang bener bener cocok, tandanya jika sudah tidak ada pertengkaran berarti kondisi sudah bener bener cocok, dan sebaliknya jika masih berantem langkahnya yang di perlukan adalah kalian memisahkan satu sama lainnya hingga betul terpisahkan dan tidak berantem lagi.

  1. Pengolahan Larva

Pengelolaan larva ini biasanya ada beberapa yang kita harus lakukan antaranya, sebaiknya wadah yang kita gunakan minimal dengan volume sekitar 1 ton atau lebih karena semakin kecil volume airnya itu maka akan berubah kualitas airnya juga semakin cepet da sangat lah akan mempengaruhinya terhadap pertumbuhan larva supaya besar.

Hal ini kita dapat melihat dari pertumbuhan larva tersebut dari mulai warna hitam kehitaman menjadi warna agak merah kemerahan dan pada itu lah larva dapat memakan nauplu artemia.

Sekian banyak dari membudidayakan ikan hias nemo ini yang kami bagikan kepada kalian semua, kalian bisa memperhatikan pada bagian cara merawatnya yang sesuai dengan kami inginkan. Sekian informasinya dari kami yang mengenai cara membudi dayakan ikan hias ini semoga ada manfaatnya bagi kalian semua, sekian dan terima kasih.

Incoming search terms:

  • ikan nemo
Gravatar Image
Pemuda desa yang ingin berkarya untuk diri sendiri, keluarga, agama dan negara. Memulai dari yang kecil dan selalu bermimpi untuk bisa sukses dunia dan akhirat. Salam dari Anak Desa Rejeki kota

Leave a Reply