Jenis Ikan Hias Untuk Di Ekspor

Posted on

Indonesia yang memiliki potensi sebagai pengekspor ikan hias terbesar didunia. Hal ini bisa karena Indonesia mempunyai berbagai jenis ikan hias yang siap untuk ekspor. Indonesia mempunyai beragam ikan hias yang dimiliki dari warna, bentuk yang sangat beragam serta cantik. Dan potensi tersebut yang memang harus diraih Indonesia agar bisa menjadi eksportir terbesar ikan hias.

Dari 1.100 spesies ikan hias air tawar di Indonesia mempunyai potensi untuk memproduksi 450 spesies. Sedangkan dengan jenis ikan air laut di Indonesia memiliki potensi untuk diekspor sebanyak 700 jenis spesies. Dengan seperti ini sumber alam indoensia yang sangat mendukung untuk dijadikan yang terdepan. Maka dari itu sudah sepatutnya optimism ini bisa diwujudkan. Pada saat ini Indonesia menempati urutan ke 5 dalam eksportir ikan hias setelah itu diikuti Negara lainnya seperti ceko, Thailand, jepang, singapura.

Adapun jenis ikan hias yang harus diekspor yaitu khususnya ikan hias air tawar yang memang sudah diproduksi di Indonesia adalah sebagai berikut.

  1. Ikan Diskus

Ikan Diskus Untuk Export

Ikan ini merupakan ikan yang berasal dari perairan sungai amazon di Negara brazil. Jadi ikan ini memang bukanlah ikan yang asli di Indonesia dan ikan ini juga bisa dibudidayakan para petani ikan hias yang berada di Indonesia. Ikan ini mempunyai potensi pasar yang sangat luas karena permintaan dari pasar baik itu pasar lokal atau pasar ekspor yang sangat terbuka. Terlebih itu ikan yang mempunyai kualitas yang baik maka tidak sulit untuk mencari pembeli. Dan harga ini juga relatif mahal sehingga bisa mengundang banyak petani untuk membudidayakannya.

  1. Ikan Black Ghost

Ikan Black Ghost Untuk Export

Pada awal tahun 2000-an ikan ini bisa mampu menjadi banyak perhatian para peternak ikan hias yang berada di Indonesia. Maka saat itu ikan black ghost ini menjadi primadona ekspor. Karena perminataan ikan ingin begitu sangat besar. Dan harga dari ikan black ghost ini sangat banyak menarik perhatian para petani ikan hias lainnya. Karena ikan ini bisa mendapatkan rezeki nomplok dari budidaya ikan black ghost ini.

Meskipun begitu harga ikan ini sudah turun saat ini, akan tetapi permintaan dari ikan ini tetap banyak. karena masih banyak petani yang ingin membudidayakan ikan ini.

  1. Ikan Betta

Ikan Betta Untuk Eksport

Ikan betta atau juga biasanya masyarakat menyebutnya sebagai ikan cupang. padahal ikan ini berwarna jelek dan tidak suka bertarung. Sedangkan ikan betta adalah ikan hias yang memiliki warna yang bervariasi dan indah. permintaan ikan ini memang sudah cukup di eksklusif terutama pada ikan betta hias ini. Apalagi strain-strain yang baru saat ini warnya sangat memukau.

  1. Ikan Arwana

Ikan Arwana Untuk Export

Inilah ikan yang asli dari Indonesia yang memang sudah sangat populer dan terkenal luas semua masyarakat. Ikan ini merupakan rajanya ikan hias karena ikan ini begitu menawan khususnya bagi arwana jenis golden red dan super red. Saat ini ikan arwana sudah bisa dibudidayakan dan diekspor keluar negeri. Hal ini karena dari hasil budidaya para petani ikan hias di Indonesia.

Ikan jenis arwana golden red dan super red ini memiliki harga yang cukup mahal dan permintaan dari luar negeri khususnya Negara tiongkok yang cukup besar membudidayakan. Di tiongkok ikan ini sudah menjadi kepercayaan orang bahwa ikan ini bisa membawakan keberuntungan yang besar. Di Negara tiongkok sana ikan ini biasa disebut sebagai ikan naga.

  1. Ikan Guppy

Ikan Guppy Untuk Eksport

Ikan yang mempunyai ukuran yang kecil dan warna yang begitu indah ini sangat banyak digemari oleh masyarakat. Ikan kecil ini memiliki warna yang menyerupai seperti gambar batik pada tubuhnya hingga ekornya. Orang menyukai ikan ini yang berkelamin jantan. Karena ikan jantan lebih indah dibandingakan ikan guppy betina.

Demikian beberapa jenis ikan hias untuk diekspor yang sudah dapat diproduksi petani ikan hias diindonesia dan masih banyak lagi ikan hias iar tawar lainnya yang dapat dibudidayakan para petani kita. Dan bisa menjadi komoditi ekspor perikanan khusunya ikan hias air tawar.

Incoming search terms:

  • ikan hias primadona ekspor
Gravatar Image
Pemuda desa yang ingin berkarya untuk diri sendiri, keluarga, agama dan negara. Memulai dari yang kecil dan selalu bermimpi untuk bisa sukses dunia dan akhirat. Salam dari Anak Desa Rejeki kota

Leave a Reply