Merawat Ikan Hias

Cara Merawat Ikan Hias Di Akuarium

Posted on

Memelihara ikan hias memang salah satu kegiatan yang mengasyikkan, terlebih lagi bagi mereka yang memang sudah memiliki hobi memelihara ikan hias biasanya dipelihara di kolam maupun di aquarium. Namun akan lebih menyenangkan apabila dirawat sendiri dengan menggunakan aquarium yang berukuran kecil ataupun, dan diletakan di dalam rumah, bisa diruang tamu ataupun di ruang tengah. Gemericik air dan gerak-gerik dari ikan yang menjadi hiburan tersendiri. Tapi sayangnya, sering kali ikan hias yang kita telah dipelihara di akuarium justru akan mati. Hal ini tentunya sangat menyebalkan dan kadang-kadang juga membuat orang menjadi kapok untuk melakukannya lagi. Selain ikan hias menjadi berkurang, juga menimbulkan bau yang tak sedap.

Merawat Ikan Hias di Akuarium
Merawat Ikan Hias di Akuarium

Didalam memelihara ikan hias diakuarium, memang ada cara-cara yang perlu kalian ketahui. Berikut ini adalah cara merawat ikan hias di akuarium kecil dan besar dengan baik dan benar :

  1. Jenis Ikan

Tips cara merawat ikan hias di akuarium berukuran kecil yang paling utama adalah mengenali jenis-jenis ikannya. Jenis ikan hias yang ingin dipelihara perlu kita perhatikan dalam penempatannya. Pada jenis ikan yang agresif jangan di campur dengan ikan yang tidak agresif. Kemudian ikan agresif juga di campur dengan ikan tetiorial. Kedua ikan ini bisa dicampur, tapi tidak disarankan untuk di akuarium berukuran kecil.

Kemudian apabila ikan yang terkena sakit, seperti akibat jamur, cacing, dan white spot lekas untuk di pisahkan dari akuarium tersebut. Lalu lakukan pertolongan pada ikan tersebut. Dengan anda melakukan arak merah pada bagian tubuh yang terkena luka pada ikan tersebut. Dan setelah itu sebaiknya ikan itu tidak lagi di campurkan dengan ikan yang sehat lainnya. Dan perhatikan juga ukuran pada ikan itu, jangan mencapur ikan yang besar dengan yang berukuran kecil.

  1. Ukuran Akuarium

Cara merawat ikan hias yang diletakan di akuarium yang berukuran kecil kemudian perhatikan ukuran akuarium yang anda gunakan sekarang. Hal ini bertujuan untuk menyesuaikan ukuran ikan hias yang anda akan memeliharanya. Jumlah ikan yang akan dipelihara juga sesuaikan dengan ukuran akuarium. Dan jangan sampai terlalu sesak, sehingga ikan tersebutkan memyebabkan mudah mati.

Cara merawat ikan hias diakuarium agak tidak mudah mati itu sebenarnya mudah saja, anda hanya perlu melakukan beberapa hal yang di bawah ini ;

  • Tempatkan ikan hias anda berdasarkan jenisnya, agar tidak terjadi perkelahian saat dijadikan satu tempat. Karena apa ikan hias juga bisa agresif seperti ikan louhan, arwana, piranha, Oscar. Nah anda harus memisahkannya jenis ikan yang di atas tadi dan jangan sampai disatukan dengan ikan yang lainnya. Selain itu juga ikan yang agresif, ada juga ikan non agresif atau ikan yang dapat dicampur dengan ikan lainnya kecuali dengan ikan yang agresif. Beberapa jenis ikan yang bisa dicampur dalam satu akuarium seperti ikan mas koki, ikan mas, ikan platy, ikan komet, dll. Sebenarnya masih ada jenis ikan lagi yaitu ikan tetiorial, yaitu ikan yang memiliki daerah kekuasaan. Jangan campur ikan agresif dengan ikan tetiorial, yaitu ikan yang mempunyai daerah kekuasaan. Maka jangan dicampur ikan agresif dengan ikan tetiorial, karena apa akan berbahaya bagi ikan anda. Boleh saja mencampur ikan tetiorial dengan ikan non agresif asalkan akuarium anda cukup besar da nada banyak karang-karang di dalam akuarium anda.
  • Cara merawat ikan hias di akuarium agar tidak mudah maati selanjutnya adalah dengan mengetahui habitat aslinya pada ikan tersebut. Jika habitat ikan adalah air deras, maka filter yang menyemburkan air harus di taruh di akuarium tanpa pembatas, tapi kalo ada beberapa ikan hias yang habitatnya aslinya adalah air yang tenang, maka supaya beri sekat semburan air pada filter agar semburan tidak mengganggu ikan tersebut.
  • Ketepatan pemasangan cahaya juga harus pas, karena apa ada jenis ikan yang suka dengan cahaya terang namun ada juga ikan yang lebih senang dengan suasana gelap.
  • Agar supaya ikan yang di dalam akuarium tidak gampang mati selanjutnya adalah dengan memberi maan yang tepat dan sesuai jenis ikan tersebut. Makanan ikan terbagi menjadi 3 kategori ada carnivore, herbivore, dan omnivora. Anda harus ketahui makanan yang cocok dan sesuai dengan ikan yang anda pelihara sekarang.
  • Kemudian kuras akuarium tersebut menimal sebulan sekali jika ukuran akuarium kecil. Namun jika akuarium yang anda miliki berukuran besar, maka anda bisa menguras akuarium tersebut dua atau tiga bulan sekali. Kebersihan air pada akuarium juga berpengaruh, karena jika air itu kotor maka ikan tersebut akan mudah mati.
  • Dan yang terakhir adalah bersihkan filter maksimal seminggu sekali, karena filter yang kotor akan menghabat laju semburan air, selain itu jug dapat membuat kotoran pada akuarium tidak terserap dengan sempurna.

Itulah cara merawat ikan hias pada akuarium agar tidak muda mati, semoga bermanfat bagi anda semua.

Gravatar Image
Pemuda desa yang ingin berkarya untuk diri sendiri, keluarga, agama dan negara. Memulai dari yang kecil dan selalu bermimpi untuk bisa sukses dunia dan akhirat. Salam dari Anak Desa Rejeki kota

Leave a Reply