Macam-Macam Batu Permata

Berbagai Macam Jenis Batu Permata

Posted on

Macam-Macam Batu Permata – hai sobat gedubar.com. Apa kabar sobat?. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kepada kalian tentang macam-macam batu permata yang mempunyai harga yang sangat tinggi. Kalian tahu tidak apa saja batu yang mahal tersebut?. Bagi kalian yang belum mengetahuinya simak artikel ini yuk!.

Beberapa waktu yang lalu hampir seluruh masyarakat indonesia telah dihebohkan dengan fenomena batu permata akik. Dari usia anak-anak hingga usia orang dewasa berlomba-lomba untuk mengoleksi batu akik tersebut walaupun pada saat itu harga batu tersebut sangatlah mahal.

Dengan berjalannya waktu, kesenangan orang terhadap batu akik tersebut sudah menurun, tetapi ada beberapa macam batu yang termasuk dalam kategori batu permata dan tetapi mempunyai harga jual yang sangat tinggi. Batu permata adalah sebuah batu yang telah melalui proses secara alami yang sangat panjang.

Proses alami ini terjadi di dalam gua, atau juga bisa terjadi di dalam lautan selama bertahun-tahun dengan bantuan dari unsur kimia yang dimiliki oleh alam. Tidak semua batu-batuan yang mempunyai tampilan yang unik dan juga menarik dapat diubah menjadi batu permata, tetapi hanya beberapa yang dapat kita masukkan ke dalam kategori sebagai permata. Berikut adalah macam-macam batu permata.

  1. Intan Berlian

Macam-Macam Batu Permata
Macam-Macam Batu Permata

Bagi kalian yang sangat senang untuk mengoleksi perhiasan, contohnya seperti cincin yang unik. tentu saja kalian sudah tidak asing lagi ketika mendengar kalimat tersebut. Intan berlian atau yang sering disebut sebagai diamond ini termasuk batuan yang paling keras di bumi yang mempunyai warna sangat transparan.

Batu intan berlian ini mempunyai sifat yang sangat transparan, tetapi masih banyak sekali warna yang dimiliki berlian ini seperti warna putih, warna coklat, warna kuning, warna hijau, warna orange, warna merah, warna biru, dan juga warna merah muda. Berlian yang sangat sering kita jumpai bukanlah berlian yang berwarna putih. Tetapi, berlian yang berwarna coklat dan juga kuning yang banyak sekali dijumpai.

Berlian yang murni atau asli dapat memperlihatkan cahaya yang sangat berkilau metalik adamantine. Untuk jenis-jenis berlian yang lainnya ada yang mempunyai sifat yang buram, tetapi jenis batu permata yang satu ini bisanya tidak dapat kita jumpai pada toko perhiasan karena berlian tersebut tidak melalui masa pemotongan facet.

  1. Safir

Macam-Macam Batu Permata
Macam-Macam Batu Permata

Banyak masyarakat yang menganggap bahwa batu safit ini merupakan salah satu batu yang paling keras di urutan yang ke dua setelah batu intan berlian. Tingkat kekerasan yang dimiliki batu safir ini dapat mencapai 9 skala mohs. Batu safir ini mempunyai varian mineral corodum yang sangat berkualitas.

Batu safir ini mempunyai harga yang sangat mahal sama seperti batu berlian, ruby, zambrud, dan juga batu permata yang lainnya. Batu safir ini mempunyai berbagai macam warna yang sangat mnarik, tetapi batu safir yang paling klasik adah batu yang safir yang mempunyai warna biru.

  1. Ruby

Macam-Macam Batu Permata
Macam-Macam Batu Permata

Sebagian masyarakat yang masih belum mengenal sekali tentang dunia batu permata bisa mengatakan bahwa ruby merupakan nama seseorang. Tetapi kali ini kalian jangan salah, ruby adalah nama dari salah satu batu permata yang mempunyai harga jual yang snagat besar atau tinggi. Kebanyakan batu ruby ini mempunyai warna yang sangat cantik yaitu warna merah muda bahkan sampai warna merah darah

Warna merah yang terdapat pada batu permata ini dikarenakan ada kandungan kromium, dan juga variasi lain yang contohnya seperti yang ada di dalam batu safir. Batu ruby ini termasuk ke dalam kategori batu yang sangat mahal.

  1. Zamrud

Macam-Macam Batu Permata
Macam-Macam Batu Permata

Dari banyaknya jenis batu permata zamrud ini, batu permata yang berasal dari kolombia ini merupakan batu permata yang mempunyai nilai atau harga tukar yang paling tinggi dari pada hasil dari pertambangan di Negara yang lainnya. Yang bisa membedakan batu permata zamrud yang berasal dari Negara kolombia dengan negara yang lainnya adalah tempat penemuan batu ini yang terdapat pada batu sedimen.

Walaupun batu permata zamrud ini mempunyai harga yang sangat mahal sekali. Tetapi ada yang menjadikan faktor penemtu dari harga batu permata yang satu ini. Berikut adalah beberapa faktor penentunya seperti kemurnian batu tersebut, warna dari batu tersebut, kecermelangan batu tersebut, dan juga ukuran yang dimiliki batu tersebut.

  1. Kecubung

Macam-Macam Batu Permata
Macam-Macam Batu Permata

Batu-batuan yang masuk ke dalam kategori batu permata yang mempunyai nilai jual yang sangat tinggi berikutnya merupakan batu permata kecubung. Hal yang bisa membuat batu yang satu ini mempunyai harga jual yang sangat tinggi adalah tampilan yang sangat menarik pada batu ini.

Batu permata yang satu ini biasanya mempunyai warna yang sangat menarik, mulai dari warna merah muda sampai dengan warna ungu. Yang membuat batu ini mempunyai harga jual yang sangat tinggi karena banyak sekali keluarga dari kalangan kerajaan yang menggunakan batu ini sebagai perhiasan mereka.

  1. Kalimaya

Macam-Macam Batu Permata
Macam-Macam Batu Permata

Jika kalian adalah salah satu orang yang sangat menyukai batu akik, kalian pasti sudah sering sekali mendengar jika batu permata yang satu ini mempunyai julukan yang sangat menarik yaitu ”The Queen Of Gems” julukan yang diberikan pada batu ini sangat cocok, karena dengan tampilan yang memukau yang dimiliki batu tersebut.

Batu permata yang satu ini memang bukan hal yang terbaru dalam dunia batu permata atau perhiasan. Batu permata yang satu ini telah dikenal oleh masyarakat sejak abad 30 sebelum masehi. Pada zaman dahulu batu tersebut memiliki harga yang sangat jauh tinggi. Jika kalian membelinya mungkin harga batu tersebut setara dengan harga ketika kalian membeli 2.000 ekor kuda.

Demikian yang dapat saya sampaikan kepada kalian tentang Berbagai Macam Jenis Batu Permata. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian yang sangat menyukai batu- batu permata. Terima kasih.

Incoming search terms:

  • cara membuat kue permata zamrud

Leave a Reply