Kulit Wajah Mengelupas
Kulit Wajah Mengelupas

Penyebab Kulit Wajah Mengelupas dan Cara Mengatasinya

Posted on

Cara Mengatasi Kulit Wajah yang Mengelupas – Wajah merupakan salah satu mahkota yang harus dijaga dan dirawat. Karena bentuk dan kulit wajah biasanya sangat mempengaruhi kecantikan seseorang. Selain itu, simbol kecantikan dan kesehatan seseorang biasanya dilihat dari kulit wajah yang indah. Namun, diperlukan perawatan yang rutin dan terbukti aman untuk mendapatkan kulit wajah yang indah dan terbebas dari segala masalah.

Salah satunya bisa dilakukan di salon kecantikan atau dirumah. Di salon kecantikan sendiri terdapat berbagai macam perawatan wajah yang bisa Anda pilih sesuai dengan masalah yang Anda rasakan pada kulit Anda. Sedangkan di rumah, Anda bisa membuat masker sendiri seperti masker yang terbuat dari bahan alami. Kulit wajah yang mengelupas dan terasa perih merupakan salah satu masalah kulit wajah  yang sering dijumpai.

Cara Mengatasi Kulit Wajah Mengelupas
Cara Mengatasi Kulit Wajah Mengelupas

Kulit wajah yang mengelupas dapat terjadi akibat berbagai macam zat yang dapat merusak serta mengiritasi kulit. Kulit yang mengelupas biasanya akan diiringi dengan pengeringan kulit, rasa gatal, iritasi dan ruam. Penyebab kulit mengelupas yang paling umum adalah akibat kulit kering.

Masalah kulit kering ini merupakan permasalahan umum yang bisa dialami siapa saja. Kulit kering yang mengelupas biasanya akan terasa bersisik dan kasar. Hal tersebut sudah pasti sangat mengganggu, selain membuat kita tidak nyaman, kulit yang mengelupas juga dapat merusak penampilan.

Penyebab Kulit Wajah Mengelupas

Sebelum kita membahas mengenai cara mengatasi kulit wajah yang mengelupas, terdapat beberapa fator penyebab kulit mengelupas yang perlu kita ketahui terlebih dahulu, di antaranya :

  1. Kulit Kering

Bagi Anda yang memiliki tipe kulit kering, memiliki resiko lebih tinggi mengalami pengelupasan kulit, terutama jika sering bersentuhan secara terus menerus dengan krim berbahan kimia, air, sabun, cuaca ekstrim, air panas dan paparan cahaya matahari. Sebenarnya tidak berbahaya apabila memiliki kulit kering, namun ada juga yang mengalami masalah yang serius, seperti Iktiosis. Iktiosis adalah gangguan kulit secara turunan atau genetic.

  1. Terbakar Paparan Sinar Matahari

Terlalu sering terkena paparan sinar matahari bisa menjadikan kulit mengelupas. Sebelum pengelupasan kulit terjadi, hal yangakan dialami yaitu terasa panas, sakit dan muka menjadi memerah. Biasanya fase tersebut terjadi selama beberapa jam setelah terkena paparan sinar matahari.

Setelah fase tersebut terjadi beberapa hari, maka lapisan kulit wajah pun akan mengelupas, rusak kemudian akan kembali pulih dengan sendirinya. Pengelupasana kulit tersebut dapat menjadikan warna kulit wajah terlihat tidak merata serta tampak berpola.

  1. Alergi

Biasanya kulit  akan mengelupas ketika kulit wajah tercemar dengan allergen atau zat yang memicu alergi. Tidak hanya pengelupasan kulit, namun akibat yang terjadi mungkin bisa menyebabkan melepuh, ruam atau gatal-gatal.

  1. Efek Penggunaan Obat-Obatan

Terdapat beberapa jenis obat-obatan yang bisa menyebabkan kulit mengelupas, seperti krim retinoid. Krim retinoid ini biasanya digunakan untuk mengatasi jerawat, mengurangi kerutan dan mencerahkan flek hitam di wajah.

Disamping itu, krim ini bekerja dengan mendorong jaringan sel-sel kulit yang mati dan juga akan terjadi regenerasi. Dan efek yang terjadi yaitu kulit pada lapisan atas wajah pun akan mengelupas untuk membuka akses jalan pertumbuhan sel-sel kulit yang baru.

Cara Mengatasi Kulit Wajah yang Mengelupas

Berikut cara mengatasi kulit wajah yang mengelupas, di antaranya :

  1. Madu

Madu telah dipercaya memiliki banyak manfaat, baik bagi kesehatan maupun kecantikan. Salah satu manfaat madu bagi kecantikan yaitu mampu mengatasi pengelupasan pada kulit wajah. Mengatasi kulit wajah yang mengelupas dengan madu ini cukup sederhana, yaitu dengan mencuci wajah terlebih dahulu, kemudian oleskan madu pada seluruh bagian wajah secara merata.

Setelah itu, pijat permukaan wajah dengan perlahan. Kemudian diamkan sampai beberapa menit hingga madu meresap ke dalam wajah, kemudian bersihkan menggunakan air hingga bersih. Jika Anda melakukan perawatan kulit wajah dengan madu secara rutin dan teratur, kulit wajah yang mengelupas dapat teratasi. Selain itu, kulit wajah Anda juga akan menjadi lebih lembut dan kencang secara alami.

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun sejak dulu telah banyak dimanfaatkan untuk kecantikan oleh para kaum hawa. Hal tersebut disebabkan karena kandungan asam lemak yang terkandung pada minyak zaitun dapat dimanfaatkan sebagai pelembab alami agar kulit lebih sehat dan lembut secara alami. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung vitamin E yang mampu menangkal radikal bebas yang merupakan faktor penyebab terjadinya penuaan.

Cara mengatasi kulit wajah yang mengelupas dengan minyak zaitun ini cukup sederhana, yaitu Anda hanya perlu menggunakan minyak zaitun sebagai masker dengan cara mengoleskan minyak zaitun secara merata pada seluruh bagian wajah.

  1. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki berbagai macam manfaat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Lidah buaya juga dapat dimanfaatkan untuk perawatan rambut. Selain itu, lidah buaya juga bermanfaat untuk mengatasi pengelupasan pada kulit wajah dan juga membuat kulit wajah lebih lembut.

Lantaran lidah buaya ini memiliki sifat mengobati sekaligus menjadi pelembab untuk kulit yang kering dan mengurangi gatal-gatal, peradangan hingga iritasi. Anda bisa mencampurkan lidah buaya dengan isi kapsul dari vitamin E, lalu oleskan secara merata ke seluruh permukaan wajah dan biarkan hingga kering. Setelah itu, bersihkan menggunakan air hangat hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, anda bisa melakukan cara ini setiap hari secara rutin.

  1. Mentimun

Mentimun memiliki kandungan air yang melimpah, air dari mentimun ini dapat mengatasi terjadinya dehidrasi pada kulit dan mengurangi rasa gatal di kulit. Selain itu, mentimun juga dapat membuat kulit menjadi lembut dan lembap secara alami. Mentimun juga mengandung vitamin C yang dapat mengurangi akibat buruk yang disebabkan paparan sinar matahari serta memperbaiki kondisi kulit wajah.

Cara mengatasi kulit wajah yang mengelupas dengan mentimun, yaitu pertama-tama parut atau blender mentimun hingga lembut kamudian oleskan secara merata ke seluruh permukaan wajah dan biarkan sampai beberapa menit. Kemudian basuh menggunakan air hingga bersih.

  1. Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu bahan alami yang bisa membantu menyehatkan kulit Anda termasuk mengatasi pengelupasan pada kulit wajah. Kandungan asam laktat pada yoghurt bermanfaat untuk melembabkan kulit wajah. Usahakan Anda memilih yoghurt yang belum di tambahkan pemanis atau bahan lainnya.

Leave a Reply