Rumah Adat Jawa Barat
Rumah Adat Jawa Barat

Jenis-Jenis Rumah Adat Jawa Barat

Posted on

Rumah Adat Jawa Barat – Hai sobat gedubar.com. Kalian tahu tidak rumah adat itu apa?. Bagi kalian yang belum mengetahuinya, kalian tidak perlu khawatir lagi. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kepada kalian apa itu rumah adat dan apa nama rumah ada di jawa barat. Yuk! Simak artikel ini sampai selesai.

Rumah adat merupakan salah satu bangunan yang mempunyai ciri-ciri yang khusus. Bangunan ini dipakai sebagai tempat untuk bertempat suatu suku yang tertentu. Setiap daerah mempunyai ciri khas masing-masing. Tetapi, Kali ini kita akan membahas rumah adat jawa barat.

Daerah jawa barat mempunyai budaya yang sangat unik. Jawa barat dianugerahi mempunyai alam yang amat subur dan sangat indah. Tetapi, masih banyak lagi keunggulan yang dimiliki oleh daerah sunda ini. Masyarakat sunda atau yang dering kita dengar adalah urang sunda, merek mempunyai kebiasaan yang sangat baik yaitu orang sunda sangatlah ramah, bersahaja dan juga sopan.

Sifat yang dimiliki oleh orang sunda memang sudah tidak bisa dipungkiri kalau kalian ingin mencoba melihatnya secara langsung, kalian dapat membuktikannya dengan kalian bergaul dengan mereka. Selain itu kalian juga dapat melihatnya dengan bangunan rumah adat orang sunda. Rumah adat orang sunda mengandung simbol kepribadian mereka masing-masing.

Rumah Adat Jawa Barat

Rumah adat jawa barat mempunyai dua jenis bangunan rumah adat yang menjadi sangat populer di indonesia, khususnya bagi jawa barat. Di setiap rumah adat yang berasal dari jawa tengah ini mempunyai nilai filosofi yang sangat tinggi terutama pada perpaduan warna bangunan rumah adat mereka, dan juga desain bangunannya.

Rumah adat yang berasal dari jawa tengah ini mempunyai berbagai macam nama yang di gantung dengan daerah asalnya. Tidak hanya itu saja, tetapi design pada bangunan  ini satu dengan yang lainnya berbeda-beda. Hal seperti ini dapat dipengaruhi sesuai dengan keadaan lingkungan sekitar mereka.

Nama Bangunan Rumah Adat Jawa Tengah

Rumah adat yang berasal dari jawa barat ini memiliki banyak sekali rupa dan juga namanya. Nama dan rupa bangunan ditentukan dengan bagaimana design rumah yang digunakan. Jawa barat mempunyai lima jenis rumah adat, setiap rumah adat mempunyai ciri khas dan juga ke unikan yang berbeda-beda.

Perbedaan setiap rumah adat bisa kalian lihat dari bentuk atap rumah dan bahan yang digunakan untuk membuat bangunan rumah adat tersebut.

  1. Imah Badak Heuay

Rumah Adat Jawa Barat
Rumah Adat Jawa Barat

Rumah adat yang akan kita bahas pertama adalah rumah. Imah badak heuay ini mempunyai arti yang sangat unik yaitu badak yang sedang menguap. Rumah imah badak heuay mempunyai ciri yang sangat khusus pada bagian atap rumah. Desain yang digunakan rumah imah badak heuay mempunyai bentuk seperti tagog anjing.

Pada bagian suhuan atau atap yang ada pada bagian belakang melewati tepian. Jadi jika rumah imah badak heuay ini diperhatikan, rumah ini sangat mirip dengan bentuk badak yang sedang menguap Rumah yang dengan menggunakan desain seperti ini banyak sekali digunakan di daerah sukabumi.

  1. Imah Togog Anjing

Rumah Adat Jawa Barat
Rumah Adat Jawa Barat

Rumah adat dari jawa barat yang akan kita bahas ke dua adalah imah tagog anjing. imah tagog anjing artinya adala anjing yang sedang duduk. Rumah ini diberi nama imah tagog anjing, karena rumah ini berbentuk menyerupai anjing yang sedang duduk. Pada bagian atap rumah adat ini terdapat dua atap yang menyatu satu sama lainnya sehingga berbentuk seperti segitiga. Dan pada bagian atap yang satunya menyambung dengan bagian depan rumah.

Atap yang menyambung dengan bagian depan rumah digunakan oleh masyarakat jawa barat sebagai tempat untuk peneduh atau sebagai teras depan rumah. Desain yang digunakan oleh masyarakat garut adalah ciri khas masyarakat. Desain seerti ini tidak hanya digunakan sebagai rumah adat garut saja. Tetapi juga digunakan sebagai hotel, tempat untuk beristirahat atau semacamnya.

  1. Imah Julang Ngapak

Rumah Adat Jawa Barat
Rumah Adat Jawa Barat

Rumah adat yang akan kita bahas selanjutnya adalah imah julang ngapak. imah julang ngapak dapat diartikan ke dalam bahasa Indonesia yang artinya adalah burung yang sedang mengepakkan sayapnya. Rumah adat yang satu ini mempunyai desain atap yang terlihat sedikit melebar pada setiap bagian kanan dan kiri bangunan.

Pada setiap kanan dan kiri bangunan ini mempunyai kemiringan yang sangat mirip dengan burung yang sedang mengepakkan sayapnya. Pada umumnya bangunan rumah ini dilengkapi dengan menggunakan cagak gunting pada bagian bubungannya. Hal seperti ini digunakan untuk mencegah terjadinya rembesan air pada bagian pertemuan antar atap yang letaknya di bagian atas.

Atap pada bangunan rumah adat imah julang ngapak ini terbuat dari nahan rumbia. Nahan rumbia adalah alang-alang atau ijuk yang diikat menjadi satu pada keranga atau bambu. Desain bangunan rumah seperti ini dapat ditemukan di daerah Tasikmalaya.

  1. Imah Jolopong

Rumah Adat Jawa Barat
Rumah Adat Jawa Barat

Rumah yang selanjutnya kita bahas adalah rumah imah jolopong. Bangunan rumah imah jolopong salah satu bangunan yang sangat populer di jawa barat. Desain bangunan imah jolopong banyak dipakai oleh masyarakat jawa barat. Bangunan rumah ini banyak diminati oleh masyarakat karena bangunan ini mempunyai desain yang sangat mudah untuk dibuat dan juga lebih hemat dalam pengeluaran.

Pada bagian atap bangunan rumah ini terdapat dua bagian, jika ditari ujung pada atap yang satu dengan ujung atap yang lainnya. Atap itu akan berubah bentuk menjadi segitiga sama kaki. Rumah adat dengan menggunakan model seperti ini sudah banyak digunakan masyarakat garut

Demikian yang dapat saya sampaikan kepada kalian tentang Rumah Adat Jawa Barat. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kalian tentang rumah adat. Terima kasih.

Incoming search terms:

  • nama rumah adat suka bumi
  • rumah tradisional jawa
  • rumah tradisional jawa barat

Leave a Reply