masakan khas suku jawa
masakan khas suku jawa

Mari Ketahui Tentang Masakan Khas Suku Jawa

Posted on

Masakan Khas Suku Jawa- Masakan jawa terdapar banyak tradisi kuliner yang rasanya sangat enak sekali. Masakan jawa pada umumnya memiliki rasa gurih dan manis, akan tetapi ada juga beberapa masakan yang rasa pedas. Masakan tersebut memiliki kesamaan, hanya di beberapa daerah dikembangkan dengan ditambahkan pelengkap tertentu pada masakan tersebut.

dalam masakan jawa biasanya bumbu yang digunakan berbagai rempah-rempah dan bumbu yang sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Masakan khas suku jawa ini juda dikenal sebagai masakan rumahan yang sangat akrab di lidah masyrakat indonesia maupun dunia.

Dari masakan jawa , memiliki ciri khas tersendiri dalam masaknya. Secara umum terdapat pada perbedaan tersebut:

Masakan Jawa Timur

Masakan jawa timur ini banyak menggunakan terasi dan petis sebagai rasa pada masakan tertentu, cenderung pedas, maskan jawa timur kebanyakan dimatangkan dengan direbu, digoreng, dipepes atau dibakar.

Masakan Jawa Tengah

Masakan jawa tengah ini biasanya mengandalkan bawang putih sebagai bumbu dominan, banyak masakan yanbg ditemukan bersantan, rasa manis pada masakan cenderung disukai oleh masyarakat jawa tengah.

Masakan Jawa Barat

Kalau dijawa barat biasanya mengguanakn banyak sayur-sayuran nentah yang disantap dengan sambal yang sedikit pedas dan asam, dominan dari maskan jawa barat ini adalah terbuat dari ikan.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membarikan informasi sedikit kepada anda tentang masakan khas suku jawa. Berikut ini beberapa masakan khas suku jawa adalah sebagai berikut:

Soto

soto
soto

Masakan ini sering dijumpai hampir semua penjuru daerah jawa, masakn yang kuah ini dengan berwarna kuning beningyang khas ini mudah untuk dibuat. Dijawa sendiri soto ini terkenal dengan mempunyai beberapa soto khas yang merupakan ciri daerah tertentu yaitu seperti soto jepara, soto lamongan dan soto kudu. Soto lamongan menggunakan ayam kampung dan kuahnya itu bening. Soto kudus menggunakan bawang putih goreng yang ditaburkan diatas masakan soto tersebut. Soto madura menggunakan daging sapi dan jeroan. Makanan yang satu ini sangat mengguagah selera dan soto ini memang segar dan segar.

Rawon

rawon
rawon

Masakan yang asli dari jawa ini mempunyai kuah yang hitam, sakan yang berkuah satu ini menggunakan bahan utama daging sapi dan jeroan sapiu yang diolah dengan bumbu yang sama dengan soto namun rawon ini ditambahkan kluwak. Sehingga masakan rawon ini berwarna hitam, rawon biasanya disajikan dengan kecambah segar dan sambal bersama nasi sepiring.

Masakan rawon biasanya dijadikan hidangan di acara pernikahan, dengan kuah yang kecoklatan dan sedikit hitam. Masakan khas suku jawa ini sangat dikenal oleh orang bayak. Pasa penasaran anda tentang masakan rawon ini akan terjawab ketika anda mencoba masakan rawon ini.

 Bakso

bakso
bakso

Bakso adalah masakan yang dibuat dengan bulat-bulat, masakan yang berkuah satu ini disajikan bersama kuah kaldu dan pelengkap seperti sawi, mie bihun,dan bawang goreng. Dijawa sendiri bakso menjadi dua macam yaitu bakso malang dan bakso solo.

Bakso solo adalah bakso dengan daging sapi polosan dengan bahan pelengkap, sedangkan bakso malang disebut juga dengan “bakwan“ dan pelengkapnya adalah somay, tahu dan gorengan. Di daerah bandung terdapat bakso yang mirip dengan bakso malanng tapi gorengannya di bakso bandung ini tidak selengkap dengan bakso malang, dan lebih dikenal dengan nama cuanki bandung.

Gado-gado

gado-gado
gado-gado

Gado-gado adalah makanan yang sangat khas di jawa timur dan yang paling terkenal oleh masyarakat sekitar dan warga mancanegara. Makanan ini tidak hanya terfavorit orang indonesia, namun makanan gado-gado ini terkenal juga diluar negeri.

Gado-gado ini sebenarnya mengandung banyak sayuran, makanan ini hampir mirip dengan pecel atau ketoprak. Tapi beda, kesamaanya dengan menggunakan saus kacang. Tapi setiap daerah mungkin beda dengan resep.

Makanan yang menggunakan sayuran seperti, kangkung, kacang panjang,buah ketimun, tauge atau kecambah, dan lain-lain. Dan ada juga yang ditambahi dengan tempe atau tahu goreng yang dipotong kecil-kecil, itu memang merupakan salah satu ciri dari gado-gado.

Pecel

pecel
pecel

Pecel adalah makanan yang sering kita jumpai dipinggir jalan. Dan pecel ini sering juga dibuat untuk sarapan pagi. Jika pulang kampung kalau belum makan pecel itu nggak enak. Pecel adalah makanan yang berupa sayur-sayuran yang direbus atau dikukus, kemudian disirami dengan bumbu pecel.

Sayuran yang sering dipakai untuk membuat pecel adalah bayam, kangkung, tauge dan kacang panjang. Ke khasan pecel madiun adalah menggunakan sayuran tturi, yang disajikan bersama nasi dan lauk, walaupun pecel yang paling terkenal itu adalah pecel madiun, namun di daerah lain juga ada makanan pecel.

Tapi bumbu kacangnya itu berbeda, aneka lauk disajikan diatas meja si penjual, dan pembeli bisa memilih lauk yang ingin mereka beli. Dan selain itu, tersedia juga sayur lodeh bagi pembeli yang menginginkannya.

Salah satu ciri khas dari pecel madiun ini adalah diatas makanan pecel ini ditambahkan kecambah atau tauge yang segar, mentimun dan daun kemangi serta ditaburi serundeng kepala. Pelengkap dari makanan pecel yang lain ini adalah kerupuk lempeng atau puli, yaitu keruput terbuat dari nasi. Selain kerupuk puli pecel lain juga dikasih keripik peyek.

Cara penyajian dari pecel madiun ini bisa di dalam piring atau di dalam daun pisang yang dilipat yang sering disebut pincuk. Masakan ini mirip dengan gado-gado, walaupun ada perbadaannya sedikit. Rasa pecel madiun yang pedas yang menyengat menjadikan ciri khas dari masakan pecel ini.

Urap-urap

urap-urap
urap-urap

Masakan yang sati menggunakan bahan baku dari sayuran ini juga sering terdapatr diberbagai daerah jawa. Berbeda dengan pecel, urap-urap ini menggunakan parutan kelapa muda yang diberi bumbu sebagai pelengkap sayurannya.

Kelapa parutnya dicampur dengan sambal yang terbuat dari cabia, bawang merah, bawang putih, kencur, garam, gula, dan daun jeruk. Rasa dari urap-urap ini segar dan sangat cocok sebagai pendamping ayam bakar, bebek bakar dan ikan bakar.

Diatas tadi adalah beberapa masakan khas suku jawa yang sering kita jumpai di jawa. Demikian artikel tentang masakan khas suku jawa, semoga artikel yang kami buat ini bisa bermanfaat bagi anda. Sekian dan terima kasih telah mambaca artikel kami sampai jumpa…..

Incoming search terms:

  • makanan khas suku jawa
  • ciri khas makana suku jawa
  • makanan bakso pedas
  • makanan pokok suku jawa
  • Makanan suku jawa indonesia
  • makanan tradisional suku jawa
  • resep masakan jawa tradisional
  • suku jawa dan makanan khas

Leave a Reply