kekurangan cairan
kekurangan cairan

Mari Sama-Sama Mengetahu Bahayanya Kekurangan Cairan

Posted on

Bahayanya Kekurangan Cairan – Apa kabar kalian semua sahabat gedubar.com, saya harap baik-baik saja ya, saya disini akan mengajak anda untuk hidup sehat, dan supaya selalu menjaga pada kesehatan yang ada pada tubuh anda semua, kesehatan adaalah nomer satu, didunia ini tidak ada yang menjual sehat, setiap orang akan membayar berapapun itu demi mempunyai tubuh yang sehat, bahkan meskipun tempat tinggal kita dijual demi membeli kesehatan bagi diri kita sendiri pun mampu kita lakukan. Karna sangat mahalnya kesehatan, bagi kita yang sehat, jagalah kesehatanmu, dan jangan sia-sia kan kesehatanmu itu.

Baik, disini saya akan membahas penyakit Bahayanya Kekurangan Cairan bagi tubuh manusia, Elektrolit dan juga Cairan sangatlah di perlukan didalam rangka menjaga tubuh kita semua supaya tetap terjaga dan juga sehat, keseimbangan pada cairan dan juga elektrolit yang ada didalam tubuh ialah merupakan salah satu dari bagian Fisiologi Homeostatis, yang mana keseimbangan elektrilit dan cairan sama melibatkan komposisi dan juga perpindahan berbagai cairan yang ada di dalam tubuh.

Cairan yang ada didalam tubuh merupakan larutan yang terdiri atass air atau bisa disebut dengan pelarut, dan juga zat yang tertentu yakni zat terlarut. Sedangkan Elektrolit merupakan zat kimia yang berhasil menghasilkan partikel-partikel yang bermuatan listrik yang juga bisa disebut sebagai ion, dan jikalau berada didalam larutan. Cairan dan juga Elektrolit berhasil measuk ke tubuh melalui minuman, makanan, dan juga berupa cairan intravena atau bisa disingkat dengan IV, dan juga didistribusi keseluruh bagian anggota tubuh.

Keseimbangan pada cairan dan juga elektrolit saling bergantungan satu dengan yang lain, dan jikalau salah satu mengalami gangguan maka dari itu akan juga berpengaruh pada bagian yang lainnya. Cairan yang ada di dalam tubuh dibagi menjadi dua kelompok besar yakni : cairan ekstraseluler dan juga cairan intraseluler. Cairan ekstraseluler merupakan cairan yang berada di luar bagian seldan yang terdiri dari 3 bagian kelompok yakni : cairan plasma (intravaskuler) , cairan transuler, cairan ini merupakan cairan sekresi yang khusus sebagaimana cairan serebrospinal, dan juga cairan interstitial. Sedangkan Cairan intraseluler merupakan cairan yang berada di dalam sel yang ada di seluruh tubuh.

Beberapa Masalah Yang Sering Kali Terjadi Pada Elektrolit dan Cairan

Ketidak seimbangan elektrolit

  1. Kalium         : hyperkalemia,dan hypokalemia.
  2. Natrium       : hypernatremia,dan piponatrenia.
  3. Magnesium : hipermagnesemia, dan juga hipomagnesemia.

Abnormalitas cairan pada tubuh

  1. Hipervolomik
  2. Hipovolemik
  3. Ketidakseimbangan volume

Ketidak seimbangan osmolalitas/ ggn asma basa

  1. Alkalosis
  2. Asidosis

Masalah Gangguan Terhadap Keseimbangan Cairan dan Elektrolit pada Tubuh

Gangguan Keseimbangan Cairan dan Eletrolit Tubuh

  1. Syok hipovolomik
  2. Dehidrasi

Gangguan Keseimbangan pada Elektrolit

  1. HiponatremiaDefinisi : kadar pada Na+ serumnya dibawah normal.
  2. Causa : CHF, gangguan pada ginjal, sindroma nefrotik, hipotriroid, penyakit Addison, dan juga sindroma nefotik.

Hipernatremia

Causa : kehilangan Na+ melalui jalan ginjal, semisalnya pada terapi diuretic, diabetes insipidus, dieresis osmotic, sekrosis tubulus, nefropati hiperkalsemik, atau juga karena hiperlimentasi dan juga pemberian cairan pada hipertonik yang lainnya.

Definisi : Na+ serum yang diatas normal yakni >145 mEq/L.

Gejala dan juga tanda : tremor, ataksia, bingung, iritabilitas otot, kejang dan juga koma yang bersifat sekunder yang di tujukan kepada hipernatremia.

  1. HipokalemiaAkibatnya :
  2. Definisinya : kadar K+ serumnya berada di bawah normal Etiologi
  1. Diuretic.
  2. Asupan K+ yang bermuatan tidak cukup dari diet.
  3. Kehilangan K+ melalui saluran pada pencernaan, missal muntah-muntah, diare, sindrom dan juga malabsorpsi, sedot nasogastrik.
  4. Hiperaldosteron.
  5. Maldistribusi K+.
  6. Ekskresi yang berlebihan melalui jalur ginjal.
  7. Gejala dan juga tanda : terjadi kelemahan terutama pada otot-otot proksimal, mungkin saja arefleksia, penurunan motilitas pada saluran cerna yang bisa menyebabkan ileus, hipotensi ortostatik. Hiperpolarisasi myokard dapat terjadi kepada hipokalemia dan juga dapat menyebabkan denyut pada ektopik ventrikel, kelainan konduksi dan juga reentry phenomena. EKG juga sering memperlihatkan tetang gelombang T datar, dan juga gelombang U, serta depresi segment ST.

Cara Menangani Gangguan Keseimbangan Elektrolit dan Cairan

Definisinya : Melakukan Terapi.

Melakukan terapi cairan ialah merupakan tindakan guna memelihara, dan juga mengganti milieu interior didalam batas-batas fisiologis. Ada berapa indikasi, antaranya adalah:

  • Kehilangan darah.
  • Kelainan saluran cerna.
  • Anoreksia.
  • Kehilangan cairan tubuh akut.

Penyebab dari Gejala dan Juga Pengobatan Karena Ketidakseimbangan Elektrolit

Elektrolit seperti natrium atau mineral, magnesium, dan juga kalium sangatlah dibutuhkan bagi tubuh, supaya sel yang ada di dalam tubuh menjadi normal. Tetapi kadang-kadang tingkat elektrolit pada tubuh menjadi meningkat atau bisa juga jadi menurun dakerenakan dari beberapa penyebab. Didalam kondisi ini dikenalnya sebagai ketida seimbangannya elektrolit, dan juga ketidak seimbangan garam didalam tubuh atau juga bisa jadi karena ketidakseimbangan kimia pada tubuh.

  1. Gejala Secara Umum

Berikut ini adalah beberapa gejala yang paling umum dari masalah ketidakseimbangan elektrolit:

  • Mual
  • Kram otot dan juga kejang
  • Kelelahan
  • Lekas marah
  • Pingsan
  • Pusing
  • Denyut jangtung yang lambat
  • Mulut kering
  • Sering muntah
  • Kekakuan pada sendi
  • Sembelit
  • Kekurangan pada koordinasi
  • Tekanan darah yang rendah
  • Palpitasi
  • Kejang

Didalam kasus Kekurangan Cairan atau ketidakseimbangan pada elektrolit yang termasuk sudah parah (pada kasus yang ekstrim), sebagai mana gejala tersebut akan teramati :

  • Koma
  • Perhentian pada jantung (cardiac arrest)
  • Kejang
  • Kematian

Contoh Kekurangan Cairan dan juga Elektrolit

  • Hiponatremia atau bisa juga disebut kadar natrium yang rendah

Hiponatremia atau kadar natrium yang rendah adalah konsentrasi pada natrium yang ukurannya lebih kecil dari pada mEq/L darah.

Ada beberapa penyebab dari hiponatremia atau kadar natrium yang rendah yakni muntah dan diare berat, gangguan hati atau ginjal,penyakkit Addison, dan juga masih banyak lagi.

Sekiranya cukup segini dulu ya artikel tentang Bahayanya Kekurangan Cairan, semoga bermanfaat, mohon maaf jika ada salah kata dan juga salah penulisan, cukup sekian dan terimakasih.

Leave a Reply