gaya tulisan
gaya tulisan

Gaya Tulisan yang Belum Kamu Ketahui

Posted on

Gaya Tulisan yang Belum Kamu Ketahui

Gaya tulisan– gaya tulisan atau biasa disebut font atau bisa juga disebut rupa huruf, font atau rupa huruf merupakan bentuk huruf yang berbeda-beda. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang gaya tulisan atau biasa disebut font. Sebelum kita melangkah jauh tentang font, kita membahas dulu tentang fungsi, jenis manfaat, dan juga apa itu font.

Rupa huruf atau font merupakan salah satu elemen yang terpenting dalam suatu desain grafis, karena huruf adalah sebuah bentuk yang universal untuk menghantarkan bentuk visual pada sebuah bentuk bahasa. Huruf merupakan bentuk visual yang dibunyikan sebagai kebutuhan komunikasi verbal.

Tanginamo atau biasa disebut dengan tipografi merupakan ilmu yang memepelajari huruf dan juga penggunaan pada huruf dalam aplikasi desain komunikasi visual. Gaya huruf ini juga memiliki sejarah seperti hal-hal lainnya. Adapun sejarah gaya huruf atau rupa huruf adalah, sebagai berikut:

Bahasa tulis atau jenis huruf merupakan termasuk salah satu indikatoryang membedakan antara sejarah dan juga prasejarah. Perkembangan gaya huruf atau jenis huruf ini bermula pada sebelum masehi, yang mana awalnya manusia menggunakan sebuah gambar untuk berkomunikasi. Bangsa eropa dan juga afrika yang mengawali dengan menggambar lukisan dinding gua pada tahun 3500-4000 sebelum masehi.

Perkembangan berkomunikasi berjalan terus dan berkembang melalui gambar dan juga tanda, kira-kira sekitar tahun 3100 masehi bangsa arab berkomunikasi menggunakan piktogram, yang mana alat ini sebagai simbol untuk menggambarkan objek. Komunikasi terus berkembang denga piktogram sampai ideograf.

piktogram sampai ideograf ini merupakan bentuk simbol-simbol yang menggambarkan atau mempresentasikan gagasan yang lebih komplek dan juga konsep abstrak yang lain. Perpindahan yang mendasar pada gambar dan juga tanda yang dibunyikan (piktogram dan ideograf – ini  menunjukan benda dan juga gagasan) hingga bahasa tulisan yang dapat dibunyikan dan juga memiliki arti (Fonograf – setiap tanda ataupun huruf itu menandakan bunyi semua).

Dapat disaksikan bahwa pada sistem alfabet Phoenician ini pertama yang kenalkan pada tahun 1300 sebelum Masehi. Alfabet ini terdiri dari 23 simbol yang sangat sederhana dan juga terbatas, karena  hanya sebagai perwakilan unsur bunyi. Sebagai contohnya, huruf pertama dari alfabet Phoenician ini berbentuk gambar sederhana dari kepala banteng.

Dalam bahasa mereka biasa disebut Aleph, dan yang kemudian kata aleph ini mewakili bunyi dari huruf ‘A’. Kemudian bangsa yunani mengadaptasi sistem alphabet dengan struktur anatomi huruf yang lebih tertib menerapkan bentuk-bentuk huruf yang geometris. Perkembangan paling penting dalam sistem alphabet merupakan penerapan dalam pola membaca dari arah kanan atau kiri.

Penjelasan dari kata alphabet ini ada dua huruf dari bangsa yunani, yaitu alpha dan beta. Sistem alphabet ini terus berkembang yang sampai akhirnya ke bangsa romawi, lalu bangsa romawi yang menyempurnakan kedalam bentuk huruf sebagai huruf yang kita kenal sekarang, yaitu ABCDEFGHIJKLMNOPQRSTUVWXYZ.

Huruf roman merupakan merupakan huruf yang biasa kita gunakan sekarang yaaitu terdiri dari 26 huruf, huruf ini diterapkan sejak abad pertengahan dan juga digunakan sebagai alphabet dalam bahasa inggris yang kontemporer. Dan juga manusia telah mengupayakan berbagai cara yang terbaik untuk bisa berkomunikasi dengan tulisan, melalui berbagai perangkat dan juga media.

Saat masa prasejarah lukisan dinding yang dibuat untuk berkomunikasi, lukisan itu ditorehkan dengan arang dan dibuat dari kepingan baatu yang terbuat dari tanah liat. Sampai pada akhirnya bangsa mesir menemukan kertas, yang mana terbuat dari tanaman papyrus. lalu, datanglah ahli pembuat kertas dari china yang bernama Ts’ai Lun yang memeberikan kontribusi pada tahun 105.

Sebelum mereka menulis dari kertas, mereka sebelumnya menulis dikain katun dengan menggunakan pena dari bambu, pada abad ke 7 baru mereka menemukan cara untuk emnulis di kain katun, yaitu menggunakan tinta. Dengan berkembangnya waktu Johann Genslefish Gutenberg ini menemukan mesin cetak dengan sisitem movable type pada tahun 1450, di Jerman.

Dengan datangnya mesin cetak, membawa perubahan yang sangat drastis dalam sejarah tipografi, pengukuran serta produksi, dan yang lebih utamanya adalah dari sistem pencetakan. Joahn juga membuat teknik cetak yang menggunakan ukiran, yaitu dengan cara diukir diatas permuakaan bahan metal.

Pencetakan movable type ini digunakan hampir lamanya selama 40000 tahun, dengan berbagai penyempurnaan pada sistem yang Johann ciptakan pada tahun 1886, di Ottmarr Merghenthaler. D Jerman juga menemukan mesin typecasting yang mana cara kerjanya ini dengan memasang beberapa huruf yang disusun perbaris.

Adapun jenis font, rupa huruf, atau gaya tulisan.

Dengan cepatnya berkembang dalam teknologi dan juga dalam dunia percetakan digital, komunikasi digital. Dunia font ini sudah mempunyai langkah yang besar dan juga sudah bermunculan dengan desain-desain yang berbeda-beda. Baik dari huruf yang inovatif dan juga telah memeperkaya terhadap dunia desain visual.

jenis font
jenis font

Adapun jenis jenis font adalah, sebagai berikut:

Postscript dan Font type 1

Font ini memiliki dua bagian yang mana bagian tersebut, adalah satu set dengan bitmap yang berukuran pasti dan juga berbasis postscript, yang mana akan memberikan informasi outline.

Truetype

Trutype ini ternyata lebih populer daripada yang diatas, truetype ini berbasis informasi outline dan juga format vektornya bisa diskala sesuai kebutuhan masing-masing dan juga ukuran dengan akurasi yang tinggi. Jenis font ini menerapkan titik-titik secara langsung pada garis bagian yang akan dilengkungkan.

Multiple Master Font

Jenis font yang ini dibuat khusus untuk membedakan jenis sistem dan juga sistem yang lain, keunikan dari jenis font ynag ini adalah setiap karakternya memiliki beberapa outline digital. Dan juga sepasang outline mempresentasikan titik akhir dari sebuah garis desain dan juga mengandung informasi titik untuk beratnya.

Unicode Font

Unicode ini merupakan standart baru untuk menjabarkan karakter dalam sebuah sistem, dan cara bekerjanya hampir sama dengan ASCII (American Standart Code for Information Interchange). Namun, dalam ASCII ini hanya memiliki 200 set karakter tapi, kalo multiple ini memiliki 65000, jadi yang sering digunakan untuk inforamsi digital adalah multiple unicode.

Open dan Truetype Open

Font ini dibuat oleh dua perusahaan software raksasa yaitu microsoft dan adobe. jenis font ini memiliki kelebihan yaitu tidak adanya perbedaan format dan kapabilitas yang tinggi untuk pertukaran berbasis sistem.

Worldtype

Worldtype merupakan format font yang dibuat oleh perusahaan Afga Monotype, format jenis font ini di buat untuk memenuhi kebutuhan dari standar unicode.

berikut adalah kumpulan font atau gaya tulisan yang berbeda-beda, dan bisa kamu contoh.

  • Akadora
  • Alako
  • Ampersand
  • Angelina
  • Bee Marker Ink
  • BethHand
  • Brankovic
  • Carefree
  • Chalkdust
  • CAC Pinafore
  • Desyrel
  • Dwerneck
  • Deathrattle
  • Eraser
  • Fafers Handwriting
  • FFFtusj
  • Graph
  • Honey Script

Dan masih banyak lagi font lainnya, demikian artikel dan jugga informasi dari kami tentang gaya tulisan dengan font yang berbeda-beda. semoga artikel kami bermanfaat dan juga apabila ada kesalahan baik dari penulisan atau peletakan kata kami minta maaf yang sebesar-besarnya. dan jangan lupa baca artikel lainnya di gedubar.com untuk menambah wawasan anda. sekian dan terima kasih!

Leave a Reply