Cara Menghilangkan Bejas Cacar
Cara Menghilangkan Bejas Cacar

Cara Alami Menghilangkan Luka Bekas Cacar Air

Posted on

Menghilangkan Luka Bekas Cacar Secara Alami – Semua orang pasti pernah mengalami yang namanya penyakit cacar. Cacar air ini tidak mengenal usia, entah itu bayi, anak-anak ataupun orang dewasa bisa terkena penyakit cacar. Penyakit cacar air awalnya ditandai dengan munculnya gelembung-gelembung kecil yang berisi air, biasanya pada saat terkena penyakit ini, tubuh akan mengalami demam selama beberapa hari.

Apabila tidak dilakukan tindakan secara cepat dan tepat, maka penyakit cacar air ini akan menimbulkan bekas luka menyerupai bintik hitam bahkan bopeng. Hampir semua bagian tubuh bisa terserang penyakit cacar air, terutama pada bagian wajah. Walaupun penyakit cacar telah sembuh, bekas luka cacar air ini akan lebih susah dihilangkan.

Cara Menghilangkan Luka Bekas Cacar
Cara Menghilangkan Luka Bekas Cacar

Timbulnya bekas cacar air ini hampir sama dengan bekas jerawat, sehingga apabila bekas cacar terdapat pada bagian wajah tentu akan sangat mengganggu penampilan. Namun, Anda tidak perlu takut ataupun khawatir, karena kami memiliki solusi yang bisa Anda lakukan dengan mudah dirumah. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Cara Menghilangkan Bekas Cacar Secara Alami

  1. Lidah Buaya

Cara menghilangkan bekas cacar yang pertama yaitu dengan menggunakan tanaman lidah buaya. Kandungan antioksidan tinggi yang terkandung pada tanaman lidah buaya ini sangat baik untuk kesehatan kulit. Salah satunya yaitu dapat membantu menghilangkan bekas cacar dengan cepat dan mudah.

Caranya yaitu, pertama-tama siapkan tanaman lidah buaya secukupnya. Kemudian kupas kulitnya lalu ambil cairan kental atau gel yang ada pada tanaman lidah buaya tersebut. Setelah itu, oleskan gel lidah buaya tersebut pada bagian kulit yang terdapat bekas cacar air. Biarkan selama beberapa menit, kemudian bilas sampai bersih menggunakan air hangat. Lakukan cara ini secara teratur 2 kali sehari setiap setelah mandi.

  1. Lemon atau Madu

Lemon memiliki kandungan vitamin C dan juga  antioksidan yang tinggi. Buah lemon memang tidak enak untuk dikonsumsi karena rasanya yang sangat masam. Walau demikian, lemon dipercaya memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan kulit dan mampu mengatasi berbagai macam masalah kulit, salah satunya yaitu dapat membantu menghilangkan bekas cacar.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda dapat mencampurkannya dengan madu. Caranya yaitu,pertama-tama ambil 2 sendok makan air perasan lemon yang masih segar, kemudian tambahkan 1 sendok makan madu asli atau murni.

Aduk kedua bahan tersebut sampai tercampur rata. Kemudian oleskan ramuan tradisional tersebut pada bagian kulit yang terdapat bekas cacar air. Biarkan selama 15 menit, setelah itu bilas dengan air mengalir hingga benar-benar bersih.

  1. Kelapa

Cara menghilangkan bekas cacar yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan kelapa. Bahan alami yang satu ini bisa Anda gunakan dengan mudah, yaitu cukup oleskan air kelapa pada bagian kulit yang terdapat bekas cacar air. Lakukan cara ini sesering mungkin agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

  1. Daun Sirih

Daun sirih telah dipercaya sejak dulu memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kulit dan dapat dijadikan obat herbal yang sangat ampuh. Salah satunya yaitu mampu menghilangkan bekas cacar air dengan mudah dan cepat. Caranya yaitu, siapkan 5 hingga 10 lembar daun sirih segar yang sudah tua. Kemudian siapkan juga bahan alami lainnya, seperti jintan hitam, temu sore dan juga daun dlingo.

Campurkan semua bahan tersebut kemudian tumbuk kasar. Setelah itu, tambahkan air secukupnya lalu aduk rata dan peras airnya. Oleskan air perasan tersebut pada bagian kulit yang terdapat bekas cacar. Pastikan kulit Anda dibersihkan dengan air hangat terlebih dahulu sebelum mengoleskan ramuan tersebut. Lakukan cara ini sebanyak 2-3 kali sehari secara rutin dan teratur hingga sembuh.

  1. Jagung Muda

Jagung muda umumnya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pop corn. Disamping itu, jagung muda ternyata mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan kulit, salah satunya yaitu mampu menghilangkan bekas cacar air. Caranya sangat mudah dan sederhana, yaitu dengan memarut jagung muda dan tambahkan sedikit air. Setelah itu, aduk hingga berbentuk menyerupai pasta.

Kemudian oleskan pada bagian kulit yang terdapat bekas cacar dan biarkan selama 30 menit kemudian bilas hingga bersih. Jangan melakukan aktivitas apapun selama melakukan perawatan. Lakukan cara ini sebanyak 2 kali sehari saat pagi dan malam hari.

  1. Tomat

Seperti halnya lemon dan lidah buaya, tomat juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan juga kaya akan kandungan vitamin C, sehingga tomat sudah terbukti memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan kulit dan mampu mengatasi berbagai macam masalah kulit, seperti mencerahkan kulit, menghilangkan jerawat dan menghilangkan luka bekas cacar.

Untuk menghilangkan bekas cacar, Anda bisa melakukan perawatan dengan buah tomat segar, yaitu siapkan  satu buah tomat segar yang sudah matang, belah menjadi dua  bagian. Lalu gosok-gosokkan bagian dalam buah tomat tersebut pada bagian kulit yang terdapat luka bekas cacar.

Biarkan selama 30 menit hingga mengering, kemudian bilas sampai bersih dengan menggunakan sabun. Lakukan cara ini secara rutin setiap hari sebelum mandi agar bekas cacar bisa cepat menghilang.

  1. Pepaya

Buah pepaya kaya akan kandungan vitamin e yang sangat baik untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan kulit. Salah satunya yaitu mampu menghilangkan luka bekas cacar air. Buah pepaya ini dapat Anda gunakan sebagai bahan untuk membuat masker alami. Masker ini dapat Anda oleskan pada permukaan kulit yang terdapat luka bekas cacar air.

  1. Mengkudu

Buah mengkudu memiliki rasa dan aroma yang kurang sedap, sehingga tidak heran jika banyak orang yang tidak begitu suka dengan  buah ini. Walau demikian, ternyata buah mengkudu mempunyai banyak manfaat untuk kecantikan dan kesehatan. Salah satunya yaitu dapat membantu menyamarkan flek hitam atau luka bekas cacar air yang sangat sulit dihilangkan.

Cara menghilangkan bekas cacar dengan mengkudu sangat mudah dan sederhana, pertama-tama siapkan buah mengkudu secukupnya, lalu parut buah mengkudu tersebut dan tambahkan sedikit air. Anda bisa menambahkan madu atau gula untuk menghilangkan rasa pekat dari buah mengkudu.

Setelah itu, saring airnya dan minum sampai habis. Anda bisa mengkonsumsi ramuan ini dan juga di barengi dengan melakukan perawatan dari luar menggunakan salah satu cara yang telah saya jelaskan diatas, agar luka bekas cacar bisa cepat hilang.

Leave a Reply