Penyakit Meningitis
Penyakit Meningitis

Akibat Dari Penyakit Meningitis Yang Sering Terjadi

Posted on

Penyakit meningitis –  Penyakit meningitis merupakan salah satu penyakit yang ketika terjadi peradangan pada meninges yang berfungsi sebagai pelindung saraf tulang belakang dan otak. Penyakit meningitis ini disebabkan dengan beberapa faktor yaitu faktor utamanya yaitu bakteri, virus, jamur, amuba, dan beberapa penyakit dan faktor yang lainnya serta kondisi yang tidak stabil.

Pada artikel kali ini kami akan memberikan seputar informasi kepada anda tentang beberapa faktor yang menyebabkan penyakit meningitis ini terjadi. Seseorang ketika mengalami penyakit meningitis maka dia akan mengalami peradangan pada meningesnya yang meninges itu berfungsi sebagai pelindung saraf tulang belakang dan otak.

Berikut beberapa faktor terjadinya penyakit meningitis, seperti :

  • Meningitis Akibat Bakteri

Meningitis Akibat Bakteri
Meningitis Akibat Bakteri

Faktor penyebab penyakit meningitis pertama adalah penyakit meningitis yang diakibatkan dari bakteri, kami akan memberikan seputar informasinya kepada anda. Jika dibagi berdasarkan usia, maka penyakit meningitis yang disebabkan bakteripun berbeda-beda, bakteri yang mengakibatkan penyakit ini masuk kedalam tubuh seseorang dengan berbeda bakteri, jika beda usia maka bakteri yang masuk pun akan berbeda.

  1. Balita dan anak-anak : bakteri yang masuk kedalam tubuh balita dan anak-anak yaitu bernama Streptococcus pneumoniae, Neisseria meningitides, dan Haemophilus influenza tipe B.
  2. Bayi : bakteri yang masuk kedalam tubuh seorang balita itu bernama Listeria monocytogenes, Streptococcus grup B, dan Escherichia coli.
  3. Paruh baya dan lansia : bakteri yang muncul kedalam tubuh paruh baya dan lansia yaitu bernama Neisseria meningitides, Listeria monocytogenes, dan Streptococcus pneumoniae.
  4. Remaja dan dewasa : bakteri yang masuk kedalam tubuh remaja dan dewasa ini bernama Streptococcus pneumoniae dan Neisseria meningitides.

Bakteri Neisseria meningitides merupakan bakteri yang menyebabkan terjadinya penyakit meningitis, bakteri ini bisa hidup di dalam hidung dan tenggorokan tanpa menyebabkan infeksi. Tetapi ada waktu dimana bakteri ini bisa melawan dan mengalahkan system kekebalan tubuh manusia sehingga mengakibatkan meningitis. Pada umumnya orang dewasa memiliki kekebalan tubuh terhadap Neisseria meningitides, bakteri ini tidak akan bisa hidup lama di luar tubuh manusia, bakteri ini biasanya menyebar melaui kontak langsung atau dari jarak dekat, misalnya melalui bersin, batuk, atau berciuman.

Bakteri Streptococcus pneumoniae juga bisa hidup dihidung dan tenggorokan manusia tanpa menimbulkan infeksi. Tetapi ketika system kekebalan tubuh menusia turun, bakteri ini bisa menyerang dan menyebabkan meningitis, bakteri ini lebih sering menyebabkan meningitis pada bayi, yaitu pada system kekebalan tubuh bayi yang belum sepenuhnya berkembang.

Bakteri Mycobacterium tuberculosis marupakan bakteri lain yang menyebabkan penyakit meningitis, bakteri ini biasanya pertama kali menginfeksi organ paru-paru yang kemudian masuk ke aliran darah dan menginfeksi selaput pelindung otak. Bakteri yang telah kami sebutkan tadi merupakan bakteri yang masuk kedalam tubuh seseorang yang mengakibatkan terjadinya penyakit meningitis.

  • Meningitis Akibat Virus

Meningitis Akibat Virus
Meningitis Akibat Virus

Meningitis akibat virus merupakan faktor selanjutnya yang mengakibatkan terjadinya penyakit ini. Virus dapat masuk kedalam tubuh manusia melalui aliran darah dan bergerak menuju meninges, virus yang masuk kedalam tubuh manusia ini dapat menyebabkan radang atau meningitis. Barikut ini adalah beberapa contoh virus yang dikenal menyebabkan terjadinya penyakit meningitis :

  1. Enteroviruses : virus ini biasanya menyebabkan infeksi perut.
  2. Virus herpes simplex : virus ini menyebabkan herpes genital.
  3. Virus cacar air.
  4. Virus penyakit gondong.
  5. Virus influenza.
  6. Virus campak.
  • Meningitis Akibat Jamur

Meningitis Akibat Jamur
Meningitis Akibat Jamur

Meningitis akibat jamur merupakan faktor  selanjutnya terjadinya penyakit meningitis, meningitis jamur merupakan penyakit yang langka, penyebab umum penyakit ini adalah Cryptococcus. Jamur tersebut akan menyebar dalam aliran darah dan masuk kedalam tulang sumsum belakang. Jamur tersebut memang tidak sering menular, untuk itu anda harus menjaga agar penyakit meningitis ini tidak masuk kedalam tubuh anda.

  • Meningitis Akibat Parasit

Meningitis Akibat Parasit
Meningitis Akibat Parasit

Meningitis akibat parasit ini merupakan faktor penyebab terjadinya penyakit meningitis. Meningitis parasit yang biasanya disebabkan oleh amuba dan mematikan, ada jenis amuba yang menyebabkan meningitis parasit yaitu amuba Naegleria fowleri, jenis amuba ini sangat umum dikenal yang menjadi penyebab meningitis  parasit. Untuk itu anda harus berhati-hati dan merawat diri anda untuk menghindari penyebab penyakit meningitis ini.

  • Meningitis Non Infeksi

Meningitis Non Infeksi
Meningitis Non Infeksi

Meningitis non infeksi merupakan faktor selanjutnya yang akan kami berikan septar informasinya kepada anda. Meningitis ini terjadi akibat beberapa faktos yaitu :

  1. Kanker
  2. Beberapa obat.
  3. Penyakit lupus.
  4. Pembedahan otak.
  5. Cedera kepala.

Factor yang telah kami sebutkan diatas bisa meningkatkan resiko seseorang terkena meningitis, resiko seseorang yang telah mengalami penyakit meningitis yaitu berupa :

  1. Tidak menerima vaksin meningitis atau imunisasi dasar anak saat masa kanak-kanan.
  2. Factor keturunan.
  3. Hidup dalam sebuah komunitas buatan, seperti asrama siswa atau mahasiswa, pangkalan militer, dan bisa meningkatkan resiko terinfeksi meningokokus.
  4. Usia, kebanyakan penderita menginitis virus adalah anak berusia di bawah 5 tahun, sedangkan meningitis bakterialis umumnya menyerang seseorang berusia dibawah 20 tahun.
  5. Menderita gangguan system kekebalan tubuh.
  6. Kehamilan, kehamilan bisa meningkatkan resiko terinfeksi bakteri listeria yang bisa menyebabkan meningitis.
  7. Bepergian atau tinggal di kawasan rawan meningitis, seperti kawasan Asia Tenggara, Amerika Latin, Sub Sahara, dan kawasan Afrika.
  8. Rentan terekspos serangga atau hewan pengerat.
  9. Pria, pria lebih sering terkena meningitis dibandingkan wanita.

Diatas tadi kami telah memberikan seputar informasinya kepada anda tentang penyebab penyakit meningitis, supaya anda bisa mencegah penyakit itu datang kedalam tubuh anda. Terima kasih bagi anda yang telah membaca artikel kami sampai akhir dan silahkan tunggu beberapa seputar informasi yang lainnya yang akan kami sampaikan kepada anda.

Baca juga artikel tentang 10 Bahaya Kesehatan Kebiasaan Tidur di Lantai Tanpa Alas

Leave a Reply