ORGAN TUBUH MANUSIA
ORGAN TUBUH MANUSIA

Yuk Kita Ketahui Fungsi Organ Tubuh Manusia

Posted on

Fungsi Organ Tubuh ManusiaTubuh manusia sepertihalnya sebuah mesin, artikel kali ini kami akan membahas tentang organ penting dalam tubuh kita dan juga fungsinya.  Tubuh manusia dapat dibagi menjadi beberapa organ mulai dari kepala, badan, tangan, dan juga kaki. Kepala mempunyai peran utama dalam melindungi organ penting lainnya.

Banyak sekali yang terdapat di dalam tubuh manusia. Misalnya  saja sel, jaringan, dan jaringan ikat yang membantu dalam mengatur berbagai sistem biologis.

Organ internal

Organ merupakan kumpulan jaringan yang memiliki peran khusus yang dimainkan didalam tubuh manusia. Setiap organ di dalam tubuh kita pastinya memiliki fungsi masing-masing.

Fungsi organ tubuh

 Otak

otak
otak

Otak merupakan salah satu organ yang paling penting didalam tubuh manusia. Otak bertanggung jawab atas tindakan yang dilakukan oleh tubuh kita. Otak terlindungi oleh kepala dan juga tertutupi oleh kepala.

Otak sangat membantu tubuh manusia dalam menggerakkan otot. Otak manusia melakukan fungsi eksekutif juga, sepertihalnya pengendalian diri, perencanaan, penalaran, dan lain-lain yang bisa membuat manusia menjadi spesies paling cerdas di bumi ini.

Kelenjar pineal

Kelenjar ini merupakan kelenjar endokrin penting yang berwarna abu-abu kemerah-merahan. Kelenjar pineral ini berada di dalam otak. Kelenjar pineal merupakan struktur berbentuk garis tengah sepertihalnya buah pada pohon cemara.

Kelenjar ini terletak di dekatnya pusat otak. Kelenjar ini memproduksi serotonin dari melatonin dan bertanggung jawab  untuk mempengaruhi perkembangan generatif dan juga siklus tidur-bangun yang sedang berhubungan dengan tubuh.

Hati

hati
hati

Hati berfungsi sebagai kelenjar pencernaan yang mengeluarkan getah empedu yang mengandung garam enpeda yang berada didalam usus dua belas jari untuk mencerna lemak. Hati terletak di sisi kanan pada rongga perut.

Hati merupakan kelenjar besar yang terdapat di dalam tubuh manusia. Hati juga berfungsi sebagai alat ekskresi.  Beberapa fungsi hati dapat juga dapat digantikan dengan proses dialisis hati.

Ginjal

ginjal
ginjal

Ginjal merupakan organ ekskresi dlaam vertebrata yang berbentuk sepertihalnya kacang. Ginjal bertanggung jawab untuk mengeluarkan limbah. Ginjal mengekresikan urin ke ureter dan kemudian diteruskan keluar dari tubuh manusia.

Selain itu, ginjal berfungsi untuk menyaring darah, menjaga keseimbangan dalam tubuh manusia, dan juga membentuk urin. Ginjal juga merupakan salah satu alat ekskresi utama didalam tubuh manusia.

Jantung

jantung
jantung

Jantung merupakan sebuah rongga organ yang berotot yang memompa darah lewat pembuluh darah. Jantung adalah salah satu organ sangat penting didalam tubuh manusia. Jantung juga merupakan salah satu organ tubuh manusia yang berperan dalam sistem peredaran darah.

Jantung terletak di rongga dada sebelah kiri. Jantung memompa darah melewati dua sistem sirkulasi. Terdapat kantung pembungkus myang yang melindungi jantung. Dinding jantung memiliki 3 lapisan yaitu miokardium, endokardium, epikardium.  Jantung merupakan satu otot tunggal yang terdiri dari lapisan endothelium.

Paru-paru

paru paru
paru paru

Paru-paru merupakan organ pada tubuh manusia yang ada hubungannya dengan sisitem peredaran darah.paru-paru ini adalah organ pada sistem pernapasan. Paru-paru juga mempunyai fungsi nonrespirasi.

Selain itu paru-paru juga berfungsi menukar oksigen dari udara dengan karbondioksida dari darah. Paru-paru adalah sepasang organ pernapasan yang terletak di dada yang akan menghilangkan karbondioksida dan juga membawa oksigen ke darah.

Lambung

lambung
lambung

Lambung biasanya mengeluarkan asam lambung, asam klorida dan juga menjaga tingkat pH yang sangat berpengaruh terhadap kelancaran pada pencernaan. Dinding lambung tersusun atas 4 lapisan yaitu mucosa, muscularis, submocusa, serosa.

Pada umumnya lambung merupakan untuk menyimpan makanan, menyerap nutrisi, memecahkan makanan, dan lain semisalnya. Lambung merupakan suatu kantong yang terletak di bawah sekat rongga badan.

Usus halus

usus halus
usus halus

Fungsi dari usus halus adalah untuk menyerap sebagian besar nutrisi yang ditemukan dalam makanan. Usus halus adalah salah satu bagian dari saluran pencernaan yang terletak diantara lambung dan usus besar.

Selain itu, usus halus juga mencerna makanan  sampai halus. Pada saat makanan dicerna sampai mecapai usus halus, telah secara mekanis dipecah menjadi cairan.  Usus halus terbagi menjadi tiga bagian, yaitu duodenum, jejunum, ileum.

Darah

darah
darah

Pada tubuh manusia dapah untuk mengangkut oksigen yang sangat diperlukan oleh sel-sel di seluruh tubuh manusia.  Fungsi darah yag terdapat dalam tubuh manusia yaitu untuk mengangkut oksigen yang diperlukan oleh sel-sel di seluruh tubuh manusia.

Darah merupakan cairan yang terdapat pada semua hewan tingkat tinggi yang berfungsi untuk mengirimkan zat-zat oksigen yang dibutuhkan oleh jaringan tubuh.  Darah juga menyuplai jaringan tubuh manusia dengan nutrisi.

Tenggorokan

tenggorokan
tenggorokan

Tenggorokan berfungsi sebagai tempat untuk jalannya makanan ke kerongkongan. Dan juga sebagai tempat jalannya udara atau pernafasan menuju paru-paru. Tenggorokan merupakan bagian dari leher yang terdiri dari faring dan juga laring.

Selain itu tenggorokan memiliki sebuah selaput otot yang berfungsi untuk memisahkan esofagus dari trakea dan juga mencegah makanan maupun minuman agar tidak masuk ke saluran pernafasan.

Hidung

hidung
hidung

Hidung adalah organ tubuh yang paling menonjol di wajah. Hidung berfungsi menghirup udara pernafasan, menghangatkan udara pernafasan. Hidung merupakan alat indra tubuh manusia yag menanggapi rangsang berupa bau atau zat kimia yang berwujud gas.

Selain itu, hidung juga berguna untuk menyaring udara pada saat udara masuk untuk pernafasan.  Hidung juga berperan didalam resonansi suara.

Mulut

mulut
mulut

Mulut berfungsi untuk makan dan juga berbicara.  Mulut merupakan suatu rongga terbuka dan juga tempat masuknya makanan dan air pada hewan. Mulut terletak di wajah pada tubuh manusia. Pada umumnya mulut merupakan bagian awal dari sistem pencernaan.

Selain itu mulut terdiri dari gigi dan juga lidah. Rongga mulut adalah daerah tepat di belakang bibir yang memanjang ke atas tenggorokan. Mulut merupakan rongga berbentuk oval didalam tengkorak.

Incoming search terms:

  • Organ tubuh manusia

Leave a Reply