Lautan di Dunia
lautan terdalam di dunia

Mari Kita Ketahui Lautan Terdalam di Dunia

Posted on

Lautan Terdalam di Dunia – Bumi adalah planet yang memiliki permukaan yang tidak dapat rata. Relief pada permukaan bumi yang menjadikan tidak rata, adanya akibat pada dua tenaga yang dapat membentuk pada permukaan bumi. Tenaga tersebut adalah tenaga eksogen dan juga tenaga endogen. Tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalamnya bumi.

Lautan di bumi akibat dari tenaga ini yang ada dibumi dapat mengalami pada bentuk-bentuk pada patahan dan juga pada lipatan lapisan bumi. Tenaga endogen yang terdiri dari 3 yaitu tektonisme adalah tenaga memanfaatkan pada tekanan dari dalam bumi, vulkanisme adalah letusan pada gunung api, dan juga seisme adalah gempa bumi.

Sedangkan eksogen ini adalah tenaga yang berasal dari luar bumi. Tenaga ini juga memakai air, angin, dan juga gletser yang berupa sebagai dari tenaga. Tenaga eksogen adalah tenaga yang dapat mengubahnya pada bentuk-bentuk permukaan bumi yang dapat dibentuk oleh tenaga endogen.

Tenaga eksogen yang terdiri dari dua yaitu, macam-macam erosi, tenaga yang dapat pengikisan pada permukaan bumi. Sedangkan juga proses-proses sedimentasi adalah pengendapan pada materi sedimen di permukaan bumi. Akibat Ini juga dari tenaga tersebut, relief pada permukaan bumi yang memiliki cekungan dan juga tonjolan pada permukaan.

Lautan dan Relief
Lautan dan Relief

Lautan dan relief permukaan bumi daratan

Bumi yang terbagi menjadi dua wilayah terbesar, yaitu dengan daratan dan juga lautan. Relief permukaan bumi daratan adalah wilayah daratan yang ada di dalam bumi. Ekosistem yang terbentuk dari ciri khas serta juga lokasi dari ekosistem tersebut.

Ekosistem yang ada di dalam darat yaitu antara lain hutan hujan, ekosistem tundra, hutan musim, hutan taiga, ekosistem gurun, ekosistem sungai, ekosistem rumput, ekosistem danau, dan juga rawa. Setiap ekosistem yang dapat mewakili pada bentuk relief daratan yang ada di permukaan bumi. Relief daratan yang berupa:

  1. Dataran rendah
  2. Pegunungan
  3. Dataran tinggi
  4. Gunung
  5. Rawa, danau, waduk, dan sungai
  6. Pantai

Sedangkan relief lautan adalah bentuk pada permukaan bumi yang wilayahnya ada di dalam lautan.

Pada dasarnya bentuk pada permukaan lautan dan juga daratan yang hampir sama. Yang seperti lautan juga memiliki pegunungan, lembah, gunung, dan juga dataran tinggi.

Sedangkan lautan yang melihat pada tingkat kedalamannya. Pada ekosistem lautan yang terdapat dari terumbu karang dan juga ekosistem laut dalam.

Yang berbentuk relief pada permukaan bumi lautan antara lain:

  1. Landasan kontinen dengan kedalaman dan kurang dari 200 meter
  2. Tanjakan kontinen tempat berkumpulnya pada materi sedimen yang terbawa oleh arus laut
  3. Lereng benua dengan kedalaman yang lebih dari 200 meter
  4. Gunung laut
  5. Palung laut
  6. Dasar laut

Lautan

Sebagian besar dari planet bumi yang terdiri dari lautan. Sehingga banyak sekali laut yang dilihat dari tingkat kedalamannya. Lautan di bumi ini memiliki lima samudra. Dan yang dimaksud samudra adalah lautan yang sangat luas yang ada di dalam bumi.

Setiap samudra terdapat berbagai lautan-lautan yang kecil di dalamnya. Lautan adalah perairan laut yang sangat dekat dengan daratan, sehingga dapat luas yang tidak lah besar. Titik yang terdalam dari lautan yang tersebut dapat berupa dasar lautnya, titik yang lautan terdalam di Dunia dari sebuah palung. Berikut ini lautan yang paling dalam di dunia.

  1. Laut Palung Mariana

Laut palung mariana adalah lautan yang terletak pada samudra pasifik. Palung laut mariana saat ini juga dapat menempati pada urutan yang teratas sebagai laut yang paling dalam di dunia. Palung laut mariana yang terbentuk adanya akibat dari aktifitas vulkanik gunung api di dasar samudra pasifik.

  1. Palung Laut Puerto Rico

Palung laut Puerto Rico yang berada dari samudra atlantik. Palung laut Puerto Rico ini adalah yang terdalam dari kedua setelahnya mariana. Pada kedalamannya dari palung laut Puerto Rico yang mampu mencapai pada 8.605 meter per segi. Laut Puerto Rico adalah pembatas pada laut karibia dan juga samudra atlantik.

  1. Laut Palung Jawa

Indonesia adalah Negara kepulauan, dan di apit oleh dua samudra. Oleh karena itu Indonesia yang memiliki banyaknya laut. Salah satunya di Indonesia yang dapat menempati pada peringkat ke empat laut yang terdalam di dunia adalah laut pulau jawa. Laut palung jawa yang terletak di samudra hindia. Pada kedalamannya dari laut palung jawa adalah 7.258 km persegi.

Berbagai jenis pada makhluk hidup yang terpanjang di dunia yang di ketahui hidup di dalam lautan.

  1. Ubur-ubur surai singa, panjang 36 meter
Ubur-ubur Surai Singa
Ubur-ubur Surai Singa

Ubur-ubur surai singa ini adalah makhluk yang memiliki 95 persen untuk itu tubuhnya yang berupa air. Tanpa tulang atau juga tulang rawan, yang tidak ada darah dan juga jantung, dan tidak ada otak. Sebagai jenis-jenis yang beracun dengan ukuran yang sangat besar, tentakelnya yang bisa mencapai pada panjang 37 meter. Ubur-ubur ini juga terdiri dari delapan pada bagian tubuh pada bagian bawahnya yang masing-masingnya memiliki 70 hingga 120 tentakel.

  1. Paus biru, panjang 33 meter
Paus biru
Paus biru

Paus biru adalah makhluk laut yang dapat berukuran yang sangat besar. Dan dapat di yakini pada sebagi makhluk yang hidup terbesar yang pernah hidup di Planet Bumi, yang lebih besar dari dinasaurus. Paus biru ini terbesar pada beratnya sekitar 181 ton dengan panjang 33 meter. Jika dapat diletakan di atas tanah, yang berukuran sepanjang 9 mobil keluarga.

  1. Kepiting laba-laba, panjang 5,5 meter
Kepiting laba-laba
Kepiting laba-laba

Kepiting laba-laba ini adalah spesies kepiting yang dapat memiliki kaki yang sangat panjang hingga 3,8 meter dan berat hingga mencapai 19 kilogram. Menurut para ilmu laba-laba yang memiliki umur mencapai 100 tahun.

Sejarah Terbentuknya Laut

Laut adalah koleksi air garam yang sangat besar dengan berhubungan samudra. Laut memiliki kumpulan air yang asin yang sangat banyak. Dan terbesar dari luas pada permukaan bumi yang dapat memisahkan atau juga menghubungkan pada benua lain dan juga sebuah pulau yang lain.

Sejarah Laut

Sejarah Laut
Sejarah Laut

Pada awalnya sejarah laut ini yang terbentuk pada 4,4 miliar tahun yang lalu, pada awalnya memiliki asam yang dapat terjadi karena atmosfer bumi dapat memiliki karbon dioksida. Keasaman air ini yang dapat menyebabkan pada tingginya pelapukan dan dapat menyebabkan laut menjadikan asin.

Leave a Reply