kuliner malaysia

Kuliner Malaysia yang Wajib Kalian Coba Pas Di Malaysia

Posted on

Malaysia adalah negara tetangga indonesia yang termasuk wilayah Asia Tenggara. Para penduduk malaysia memiliki tiga setnis yaitu melayu, india dan cina. Karena keragaman etnis ini malaysia mempunyai masakan atau gaya kuliner yang beragam.

Hampir semua makanan yang ada di malaysia merupakan hasil perpaduan antar etnis melayu, india dan cina. Selain itu gaya kuliner yang ada di malaysia juga dipengaruhi oleh etnis lain seperti thailad dan arab. Berikut ini sederet daftar masakan yang ada di malaysia.

Ayam Bercik

ayam percik
ayam percik

Ayam percik adalah kuliner malaysia yang berbahan dari ayam yang dioalh dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah. Di malaysia terkenal dua jenis ayam percik yaitu ayam persik kelantan dan ayam percik trengganu. Ada perbedaan dari ayam percik tersebut.

Kalau ayam percik kelantan menggunakan bumbu dan saus campuran santan . kalau ayam percik trengganu yang dibuat dengan tambahan bumbu cabai sehingga rasanya lebih lezat dan menggugah selera, yang mau memakan ayam percik jenis ini.

Ayam percik ini merupakan masakan khas dari malaysia yang namanya itu sangat unik. Karena saat dipanggang ayam diberi bumbu tambahan dengan cara dipercikkan di ayamnya tersebut. Sehingga makanan ini bernama ayam percik,  saat ayam sudah dipanggang. Sebelum disajikan ayam percik ini ayam dibaluri saus agar rasanya lebih mantap.

Kek Lapis Sarawak

kek lapis sarawak
kek lapis sarawak

Sebagian besar dari penduduk indonesia pasti tidak asing diteliga masyarakat indonesia, sebab di indonesia kue tersebut memang sangat mudah ditemukan di toko-toko terdekat atau pasar-pasar tradisional terdekat. Selain indonesia malaysia juga punya kue lapis yang sangat comek warnanya.

Kue lapis khas malaysia merupakan keu lapis yang berasal sarawak, malaysia. Biasanya disajikan di perayaan keagamaan seperti idul fitri, natal dan deepvali. Kua lapis sarawak ini tidak sembarangan orang yang membuatnya karena diperlukan kesabaran dan ketelatenan dalam pembuatannya kek sarawak ini.

Keropok Lekor

keropok lekor
keropok lekor

Keropok lekor adalah makanan khas melayu malaysia yang biasanya dimakan sebagai camilan dirumah. Camilan yang berasal dari malaysia ini mempunyai kemiripan dengan otak-otak. Keropok lekor ini bisa juga disebut dengan kerupuk sosis ikan, ikan goreng atau ikan tongkat oleh penduduk malaysia.

Bahan yang dibuat untuk membuat camilan ini adalah tepung sagu, ikan, garam dan gula secukupnya. Saat adonan tersebut digoreng dan matang, keropok lekor ini akan berwarna kemerahan gelap, bau,dan ranyanya amis. Kalau makan camilan ini saat hangat dan ditemani dengan saus sambal. Karena kalu makannya dingin bau amis dari keropok lekor ini akan semakin lama semakin menyengat.

Kole Mee

kole mee
kole mee

Kuliner malaysia yang satu ini adalah kole mee, kole mee ini berasal dari daerah kuching, sarawak. Sajian dari mie ini berasal dari zaman kerajaan di cina masa lalu. Dahulu kole mee di hidangkan dengan daging babi, saat imigran asal cina bermukim di malaysia. Tapi kole mee sekarang disajikan dengan daging sapi.

Kole mee menjadi salah satu makanan yang paling disukai dari semua kalangan dan sangat mudah ditemukan pinggir jalan. Dan kole mee ini bisa siap dimakan kapan saja. Kole mee ini sangat mirip dengan mie ayam yang ada di indonesia, peminat dari mie ayam ini menjadi alassan bagi pedagang untuk mendapatkan rezeki dengan berdagang mie ayam.

Karipap

Karipap
Karipap

Makanan karipap adalah makanan ringan yang khas dengan negara malaysia, makanan ini populer di thiland dan singapura. Kalau kita liha dari segi bentuk dan rasa, karipap mempunyai kemiripan dengan pastel. Biasanya karipap ini disi dengan kentang dan daging sapi atau ayam. Kalau pastel diisi dengan bihun, kentang, telur dan wortel.

Da negara malaysia karipap ada berbagai isiannya seperti karipap daging, karipap ayam, karipap ikan, karipap sarden, karipap mini. Masakan ini sangat terkenal dengan nama karipap. Dalam membuat karipap ini membutuhkan waktu yang lumayan dan membutuhkan kesabaran yang banyak.

Nasi Kandar

Nasi Kandar
Nasi Kandar

Kuliner malaysia yang terkenal adalah nasi kandar, dan kalau berkunjung di malaysia wajib untuk membeli nasi kandar ini. Nasi kandar adalah nasi yang dihidangkan dari pulau pinang, dari cara penyajiannyanasi kandar ini terdapat kesamaa antara nasi kandar dengan nasi lemak ataui sajian nasi pada umumnya.

Nasi kandar ini biasanya disajikan dengan daging ayam, udang dan ditemani kerupuk emping. Penggunaan kari pada hidangan ini merupakan pengenalan asal makanan yang dahulu dibuat oleh pedagang dari keturunan india.

 Umai

Umai
Umai

Umai adalah makanan mentah dan untuk mebuat umai harus membutuhkan ikan. Dan ikannya itu harus segar atau fresh, tidak semua jenis ikan yang bisa untuk membuat umai. Biasanya masyarakat malaysia memiliki ikan terubuk, parang, bawal hitam, bawal putih dan udang.

Karena umai ini dihidangkan dengan keadaan mentah, maka membutuhkan proses yang lumayan lama dan menghilangkan bau amis dari ikan. Cara untuk menghilangkan bau amis tersebut, biasanya ikan tersebut direndam dengan jus limau kasturi.

Setelah direndam ikan langsung dibalurio bumbu yang terbuat dari campuran bawang merah, garamm bawang putih, cabai dan bumbu penyedap. Umai yang sudah siap bisa dimakan bersama sambal tambahan. Makanan umai ini biasanya dikenal sebagai makanan dari korea atau jepang.

Ayam Pongteh

Ayam Pongteh
Ayam Pongteh

Kuliner malaysia yang satu ini adalah ayam pongteh, ayam pongterh ini pada sajiannya initidak hanya dihidangkan sendirian. Tapi dihidangkan dengan potongan kentang dan jamur shitake sehingga bahan dari ayam pongteh ini lebih komplit dan sangat mengenyangkan.

Tampilan dari ayam pongteh ini seperti semur ayam yang ada di indonesia, bahkan warna dari kuah ayam pongteh ini coklat kemerahan dan agak kental. Dan aroma dari ayam pongteh ini sangat gurih dan sangat menggugah selera anda.

Padahal sajian dari pongteh ini nmenggunakan daging yang non-halal (daging babi), tapi di malaysia masakan pongteh ini terbuat dari daging ayam. Dan penggunaan dari ayam pongteh ini dari tauco yang dicampurkan saat dimasak. Ayam pongteh ini paling enak disantap dengan nasi putih.

Demikian informasi yang kami berikan kepada anda dan semoga bisa bermanfaat bagi anda, kalau berkunjung dimalaysia anda harus mencicipi satu-satu masakan yang ada di atas. Sekian dan terima kasih…

Leave a Reply