Rumah Tradisional Jepang
Rumah Tradisional Jepang

Yuk! Cari Tahu Desain Rumah Tradisional Jepang

Posted on

Desain Rumah Tradisional Jepang – Hai sobat gedubar.com, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang rumah tradisional yang berasal dari jepang. Rumah tradisional jepang adalah salah satu contoh rumah tradisional yang sangat digemari oleh masyarakat di dunia. Bahkan sampai gaya ini sudah menjadi populer di dunia bagian barat.

Kebanyakan semua material menggunakan bahan dasar dari kayu, dan di desain dengan sangat sederhana dan tidak terlalu banyak barang. Rumah tradisional yang berasal dari jepang memang sengaja  di desain sangat simpel dan dari kayu, agar rumah tersebut tidak mengalami kerusakan yang sangat parah pada saat terjadi bencana alam gempa bumi.

Biasanya rumah tradisional di jepang mempunyai model seperti rumah panggung, rumah tradisional ini ditinggikan dari tanah setinggi 10 cm, kemudian di tutup menggunakan balok kayu untuk lantai. Hal ini di lakukan supaya menghindari embun yang ada di tanah. Yuk! Simak artikel ini apa saja keistimewaan yang dimiliki rumah tradisional.

Model Rumah Tradisional Jepang

  1. Washitsu

Rumah Tradisional Jepang
Rumah Tradisional Jepang

Keistimewaan yang pertama yang dimiliki oleh rumah tradisional dari jepang yaitu rumah ini memiliki ruangan yang unik dan tidak dapat ditemukan di Negara selain Negara jepang. Ruangan ini terbuat dari tatami ini disebut dengan washitsu, ruangan ini bisa digunakan untuk apa saja, ruangan washitsu ini bisa digunakan untuk tempat belajar, sebagai tempat berkumpul bersama keluarga, dan tempat tidur ketika waktu malam.

Penduduk jepang tidak biasa menggunakan kursi saat berada di ruang tatami ini. Ketika mereka duduk di ruang tatami ini, mereka duduk dengan hanya beralas bantal yang sangat tipis yang biasanya di sebut dengan zabuton. Di dalam ruangan ini juga terdapat lemari yang cukup besar dengan menggunakan pintu geser, lemari ini digunakan sebagai tempat untuk menyimpan barang.

  1. Tatami

Rumah Tradisional Jepang
Rumah Tradisional Jepang

Keistimewaan yang dimiliki rumah tradisional dari jepang yang ke dua adalah tatami. Tatami adalah sebuah tikar yang sangat tebal yang terbuat dari bahan dasar jerami, tatami ini sudah dipakai sejak 600 tahun yang lalu. Tatami ini berasal dari kata kerja tatami yang memiliki arti menumpik, dengan menggunakan kata lain tatami merupakan pelapis lantai yang ada dirumah terbuat dari jerami yang kemudian dijadikan satu dengan papan kayu.

Tatami ini di pakai sebagai lantai rumah tradisional dan juga dipakai untuk membatasi antara ruangan bagian dalam dan juga ruangan bagian luar. Untuk menentukan ukuran kamar, biasanya berdasarkan dengan jumlah yang ada pada tatami. Lantai yang terbuat dari tatami kan terasa lebih sejuk ketika sedang musim panas dan akan terasa lebih hangat ketika sedang musim dingin, dan akan tetap segar dari pada karpet yang selama berbulan-bulan.

Pada saat tatami ini pertama kali dipakai mempunyai warna hijau , tetapi setelah berbulan-bulan tatami akan berubah warna menjadi warna kuning, karena terkena sinar matahari dan juga udara yang masuk ke dalam ruangan. Cara untuk membersihkan tatami sangat lah mudah. Kalian bisa menggunakan kain untuk mengelapnya atau kalian juga bisa menggunakan penyedot debu.

  1. Fusuma

Rumah Tradisional Jepang
Rumah Tradisional Jepang

Keistimewaan rumah tradisional dari jepang yang ke tiga yaitu fusuma. Fusuma adalah pintu yang bisa digeser yang dilapisi oleh kertas atau dengan menggunakan kain yang sangat tebal tembus pandang terletak di atas bingkai petak-petak kayu yang dipakai sebagai alat pemisah antara ruangan satu dengan ruangan yang lainnya.

Fusuma pada rumah tradisional di jepang memiliki tinggi kira-kira mencapai 6 kaki. Biasanya kain atau kertas yang digunakan untuk melapisi fusuna di gambari dengan menggunakan pemandangan alam  di satu atau kedua sisinya. Fusuma juga bisa dibongkar atau juga bisa dipindahkan untuk memperbesar ukuran pada ruangan atau membartasi ruangan.

  1. Shoji

Rumah Tradisional Jepang
Rumah Tradisional Jepang

Keistimewaan yang dimiliki rumah tradisional di jepang yang keempat adalah shoji. Shoji merupakan pintu yang bisa digeser dan pintu ini dilapisi oleh kertas yang sangat tipis yang di tempel pada petak-petak kayu dan juga pada bingkai pintu. Kayu yang digunakan untuk pintu ini biasanya tidak diamplas. Pintu shoji ini berasal dari Negara cina.

Pintu shoji ini memiliki tinggi kurang lebih sekitar 6 kaki, untuk lebih normalnya dibagi dalam 4 bingkai. Fungsi yang paling utama dimiliki oleh shoji ini yaitu sebagai pembatas antara ruangan yang berada di luar dengan teras rumah. Terkadang pintu shoji ini dibagi menjadi 2 bagian, pada bagian atas bisa berfungsi sebagai jendela dan pada bagian bawah bisa berfungsi sebagai sebagian pintu.

  1. Ranma

Rumah Tradisional Jepang
Rumah Tradisional Jepang

Keistimewaan rumah tradisional yang ke lima yaitu ranma. Ranma adalah jendela yang berukuran kecil yang terletak di atas pintu jendela ini digunakan di antara plafon denganshoji untuk membuat sirkulasi udara dan juga cahaya. Ranma ini di buat dalam bentuk yang bervariasi.

Ranma juga bisa ditempatkan sebagai shoji, dengan cahaya yang ada di belakang dekorasi atau dalam dinding. Cahaya juga bisa diposisikan di belakang ranma agar menerangi sebuah desain pada bangunan.

  1. Toko no ma

Rumah Tradisional Jepang
Rumah Tradisional Jepang

Tokonoma merupakan suatu ruangan yang memiliki ukuran yang lebih kecil dari pada ruangan yang ada di dalam rumah. Tokonoma terletak di dalam kamar yang posisinya lebih tinggi beberapa inchi dari pada lantai tatami. Tokonoma dibuat lebih tinggi karena pada zama dulu memiliki kepercayaan dinamis yaitu percaya kepada alam adalah segala dan bisa dianggap sebagai dewa.

Maka dari itu mereka sering melakukan kegiatan penyembahan terhadap dewa mereka yang dilakukan pada sebuah ruangan yang telah dilengkapi dengan segala sesuatu yang berbau alam contohnya seperti dupa dan juga ikebana.

  1. Genkan

Rumah Tradisional Jepang
Rumah Tradisional Jepang

Keistimewaan yang selanjutnya yang dimiliki rumah tradisional di jepang yaitu genkan. Genkan merupakan koridor tempat untuk penghuni rumah atau untuk tamu masuk dan melepaskan alas kaki mereka. Orang jepang mempunyai kebiasaan yang sangat unik yaitu melepas sandalnnya ketika sebelum masuk ke dalam rumah. Tujuan mereka melakukan itu adalah agar tatami mereka tidak kotor.

  1. Dapur

Rumah Tradisional Jepang
Rumah Tradisional Jepang

Rumah tradisional di jepang memiliki 2 jenis tempat untuk memasak, yang pertama yaitu memasak dengan menggunakan tungku cara yang kedua yaitu dengan cara digantung. Kedua cara ini sama memakai kayu bakar untuk memasak.

Demikian artike yang bisa saya sampaikan kepada kalian tentang Rumah Tradisional Jepang. Unik dan lucu kan desain rumah tradisional disana. Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai selesai, semoga artikel ini bisa menginspirasi kepada kalian dan juga bermanfaat bagi kalian.

Leave a Reply