pemberian pakan

Langkah-Langkah Budidaya Ikan Lele Lengkap

Posted on

7 Langkah-Langkah Budidaya Ikan Lele Lengkap

Budidaya ikan lele sudah menjadi andalan bagi pebisnis perikanan indonesia.di warung- Warung makan banyak yang menghidangkan ikan lele.bahkan di Supermarket dan pasar tradisional juga banyak yang menyediakan ikan lele.

Lele merupakan ikan yang sangat digemari oleh perioritas masyarakat indonesia. Sudah banyak pebisnis yang memilih ikan ini sebagai penghasilan sekaligus budidaya.

Budidaya Ikan Lele

Pada Artikel kali ini saya akan membahas tentang cara budidaya ikan lele saya mempunyai 7  yang terdiri dari 3 bagian:

  1. Persiapan (Termasuk Kolam)
  2. Memilih Benih
  3. Pemeliharaan dan Panen

Pilih Jenis Ikan Lele Yang Mudah

Kebanyakan para pembudidaya ikan lele yang memilih jenis ikan dumbo jenis sangkuriang . keistimewaan ikan lele jenis sangkuriang mampu mencuri hati para pembudidayakan ikan lele.

Kelebihan Yang Dimiliki Ikan Jenis Ini Sebagai Berikut :

  • Produktivitas jenis lele Sangkuriang terbilang tinggi.
  • Kualitas daging yang lebih empuk
  • Lebih tahan terhadap serangan penyakit.
  • Cara perawatanya pun ngak sulit, asalkan anda sabar dan mau menekuninya.

Upaya untuk membesarkan ikan lele merupakan upaya yang paling mudah untuk dilakukan karena pembudidayakan ikan lele tidak menggunakan lahan yang luas . Selain itu, perawatanya mudah dan cepat panen.

Bagi anda yang baru mencoba – coba untuk membudidayakan artikel ini sangat pas bagi anda :

  1. Perhatikan Syarat Hidup Ikan Lele

syarat dalam budidaya ikan lele

Ikan lele adalah salah satu jenis ikan yang paling mudah perawatanya . keadaan air seperti apapun cocok untuk dijadikan tempat untuk membudidayakan ikan lele.

Bentar sob,yang kami maksut bukan berarti kalow kualitas air diabaikan .justru jika air semakin baik maka semakin baik pula tingkat pertumbuhan lele.

  • Suhu

Menurut salah seorang pembudidaya ikan lele,ikan lele juga dapat hidup pada suhu 26-32oC. Dan apabila suhu rendah maka akan mengganggu proses pencernaan pada ikan lele. Sebaliknya, dan jika suhunya tinggi (hangat), maka pencernaan ikan lele akan berlangsung sangat cepat.

  • Lokasi

Pasal lokasi budidaya ikan lele, tidak ada peraturan kusus karena Ikan lele dapat hidup di segala tempat, termasuk yang berada di ketinggian 1000 mdpl. Hal yang wajib anda perhatikan dengan benar adalah  pH. Keadaan tempat harus dalam kisaran pH 7-8.

Dua hal tersebut sangat penting , anda juga bisa membaca syarat lengkap hidup ikan lele di laman Litbang Kementerian Pertanian

  1. Membuat Kolam Untuk Pembesaran

Cara Membuat Kolam Terpal Ikan lele

kolam terpal

Untuk membesarkan ikan lele tidak rumit dan luasnya hanya seluas kolam pembenihan . cukup anda sediakan kolam berukuran 5×2 meter untuk menampung sekitar 1000 ekor benih ikan lele. Jika kolam terlalu besar hitung aja sayarat ikan dalam satu meternya berapa.Setiap satu meter persegi itu dapat di isi sekitar 100 ekor benih ikan lele.

Jadi, kalau anda membuat dengan ukuran 7×4 meter, berarti kolam yang anda buat bisa menampung kira – kira 2000 ekor benih ikan lele. Kami menyarankan jangan dikasih terlalu padat karna mudah terserang penyakit.

kolam yang digunakan untuk membudidayakan ikan lele mempunyai banyak macam mulai dari :kolam semen ,kolam terpal dan kolam tanah dan dari ketiganya yang paling murah adalah kolam terpal.

 

Selain itu , kolam terpal mudah dan praktis pembuatanya , tidak itu saja produktivitas ikan lele tetap tinggi.kelihatanya kolam tanah lebih murah karna hemat pakan lele .tapi, bahaya yang terjadi bila di kolam tanah adalah sangat mudah terserang hama dan penyakit sehingga hasil yang dihasilkan ngak optimal.

Lalu, Bagaimana Cara Membuat Kolam Terpal Yang Baik?

Pertama, Menyiapkan terpal yang digunakan kusus untuk budidaya ikan lele. Harga terpal dipasar kisaran seharga Rp.90.000/m. Jadi jika Anda ingin membuat kolam sekitar 10×5 meter, jadi biaya yang anda keluarkan sekitar Rp.450.000.

Kedua, Dasar kolam sesuai keinginan anda .biasanya bagi para pemula , sebaiknya membuat kolam dengan ukuran 5×2 sehingga pada saat gagal tidak mengalami kerugian yang cukup besar .

Terdapat dua dasar kolam yang dapat anda pilih,misalkan :dasar kolam dengan cara menggali dasar dan permukaan tanah. Lebih baik, anda menggunakan yang menggali tanah agar anda tidak kesulitan dalam pemberian makan.

Galilah tanah sedalam 70 cm sampai dengan 1 meter. terus, letakan tanah di tepi kolam sebagai tanggul setinggi 30-50 cm agar kolam tidak mudah roboh.

Teruz, bikinlah reng dari bambu (seperti pagar) yang nantinya akan kita susun didalam tanggul kolam dengan tinggi sekitar 35 cm. pakailah bambu yang belum dibelah Pada sudut kolam . jadi nanti kolam anda akan setinggi 125-130 cm.

  1. Memilih Benih Yang Berkualitas

    benih berkualitas

Benih ikan lele untuk dibesarkan berbeda dengan pembenihan pada umumnya karena Anda harus memilih benih ikan lele dengan ukuran 5-7 cm. Usahakan dalam pemilihan ukurannya sama .contoh : anda mengambil benih dengan ukuran 7 cm yah semuanya harus berukuran 7 cm .

Amati Karakteristik Benih Ikan Yang Berkualitas Dibawah Ini :

  • Ikan lele yang berkualitas memiliki bentuk tubuh yang seimbang antar badan dengan kepalanya . satu hal lagi benih ikan lele harus terbebas dari cacat , tubuh cemerlang, gerakannya gesit dan dan kumis yang berseri tidak pucat.
  • Anda haruz mengamati karakteristik benih ikan lele karena benih Ikan lele yang berkualitas itu tidak menggantung /berdiri diair. Kualitas benih ikan lele juga dipengaruhi oleh keaktifan ikan lele tersebut.

Jadi kesimpulanya adalah anda sudah membeli yang berkualitas apa belum dengan cara menilai atau mengamati karakteristik dari benih tersebut.

  1. Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Menebar Benih Ikan Lele

Jika anda selesai membuat kolam selanjutnya adalah menyiapkan keadaan kolam sehingga siap untuk menampung benih yang nantinya akan kita sebarkan .

pengisian air pada kolam

Ada Dua Hal Yang Harus Anda Lakukan :

  • Pertama , mengisi kolam dengan air bersih .anda isi kolam dsampai ketinggian sekitar 60 cm lebih.
  • Kedua , anda sediakan pupuk kandang yang berasal dari kotoran kambing atau domba lalu anda masukan kedalam karung dengan ukuran 1-1,5 kg/m2. Seandainya kolam ikan anda berukuran 5 x2 meter berarti  banyaknya pupuk yang bisa anda masukan sebanyak 10-15 kg.

Terus, anda bagi pupuk tersebut menjadi 2 bagian lalu anda masukan kedua pupuk tersebut terserah yang penting kedua karung tersebut bisa mengambang atau bergerak dengan bebas  (tapi ingat jangan dikeluarkan dari karungnya).

pemupukan pada air

Saat sudah seminggu anda bisa mengangkat kedua karung pupuk yang kemaren anda masukkan .namun sebelum anda mengangkatnya keluar anda harus mencelup celupkan atau  angkatlah kedua karung berisi pupuk tersebut. Namun, sebelum diangkat, celupkan karung berulang ke dalam kolam supaya kandungan dalam pupuk terserap total oleh air. Anda bisa menebarkan benih ikan lele saat karung sudah diangkat total.

  1. Cara Untuk Menebar Benih Ikan Lele

    menebar benih ikan

Penebaran benih ikan lele tidak boleh dilakukan pada siang hari karena pada saat itu air dikolam sangat panas sehingga benih ikan lele menjadi strez dan akhirnya mati jadi sebaiknya dilakukan disore hari biar terlindung dari panas teriknya matahari.

Sebelum anda menebarkan benih ikan lele ,benih tersebut anda masukkan kedalam wadah plastik dan nantinya saat penebaran anda sebarkan sedikit demi sedikit dengan cara memiringkan wadah tersebut .

  1. Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Budidaya Ikan Lele

    pemberian pakan

Setelah benih ditebarkan kedalam kolam selanjutnya adalah kita lakukan pemeliharaan ,yah dalam pemeliharaan ikan lele terdapat dua hal yang sangat penting yaitu : pengelolaan air dan pemberian pakan.

Pertama ,Sebelum masa panen air pada kolam tidak boleh diganti dan Kondisi air itu sendiri harus stabil atau tenang. Jangan menguras menggunakan sirkulasi sebab dapat menyebabkan kurangnya kestabilan pH kolam.

Setelah benih dimasukkan anda bisa menambahkan air kedalam kolam dan memberi pakan pertama kali dengan menggunakan pellet  jenis L1. Lakukan terus sampai mencapai ketinggian sekitar 20-30 cm hingga masa pergantian pakan jenis tertentu sampai setinggi 120 cm air yang digunakan sampai tiba waktunya panen.

 

Kedua, Hal terpenting kedua yang harus diperhatikan adalah masa pemberian makan.ada beragam jenis makanan yang dapat anda berikan kepada ikan lele , contohnya : pellet,cacahan daging , keong mas, plankton, cacing dan lain-lain. hal yang terpenting adalah masa pemberian pakan dan tekniknya.

Makanan dapat diberikan sebanyak 5-6 kali dalam satu hari .jarak dalam pemberian makan sekitar 3-4 jam . pemberian pakan sebaiknya pada saat matahari sudah terbit karena paparan sinar matahari dapat mnghilangkan polusi dalam kolam.

Ingat !!! Jangan menebarkan pakan saat hujan karena dapat berpotensi menimbulkan pencemaran zat asam pada pakan sehingga dapat mengganggu kesehatan ikan lele .jadi tunggu sampai hujan redah baru anda tebarkan pakan.

  1. Masa Panen Ikan Lele

    masa panen

Dalam pemeliharaan ikan lele dari pembenihan sampai masa panen itu membutuhkan waktu sekitar 2-3 bulan. Pada masa panen, gunakan alat untuk memanen dari bahan yang halus sehingga tidak merusak atau membuat lecet pada kulit ikan lele.takaran ikan lele pada masa panen itu 1 kg untuk 7-8 ekor ikan lele.

Cara memanennya adalah dengan menyurutkan airnya terlebih dahulu biar mudah dalam memanenya anda bisa menggunakan serok atau jala untuk menangkap ikan dalam kolam . kemudian masukkan kedalam wadah berbahan plastik.

Sekian Artikel Dari Saya Semoga Bermanfaat Dan Makin Menambah Wawasan Anda .

Leave a Reply