my profil

Pengertian Komponen Yang Ada di Dalam CPU dan Fungsinya

Posted on

Komponen-Komponen CPU dan Fungsinya

back ground

 

CPU (central processing unit )otak dari semua pengoperasian data pada perangkat komputer.komponen yang didalam CPU salaing terhubung dan saling membantu antara satu dengan yang lainya untuk waktu pengoperasiannya.

CPU merupakan suatu barang yang gunanya adalah untuk memproses data yang diberikan oleh perangkat keras input contohnya : (key board ,mouse ,scanner dan lain -lain )yang nantinya akan ditampilkan di perangkat out put seperti monitor.

Untuk mengetahui komponen – komponen apa yang berada didalam cpu dan fungsinya untuk melakukan apa ,maka pada hari ini saya akan menjelaskan komponen-komponen itu fungsinya untuk apa .

Komponen-Komponen CPU Dan Fungsinya

  1. Motherboard

    mother board

Motherboard adalah suatu papan sirkuit yang fungsinya adalah untuk memasang komponen – komponen pendukung pengoperasian data misalnya : ( processor,RAM,VGA card,LAN card,sound card,dll).motherboard yang bertanggung jawab untuk menjaga agar komponen-komponen tersebut saling terhubung.

  1. Processor

    processor

Processor  yaitu otak dari komputer yang fungsinya adalah untuk mengeksekusi perintah.cadi cepat lambatnya komputer anda tergantung dari tingkat kecepatan processor yang anda gunakan.

  1. Memory RAM(random acces memory)

    ram

Memory RAM (random acces memory) fungsinya adalah untuk menyimpan data atau file secara sementara pada komputer anda .jadi ketika anda memasukkan perintah kepada komputer maka memory RAM ysng sksn menyimpan perintah itu untuk sementara waktu yang kemudian akan dihapus oleh processor.

  1. Hardisk

    hardisk

Jika Ram yaitu memory yang gunanya adalah untuk menyimpan data atau file secara permanen .disinilah tempat atau data –data yang anda operasikan kemudian anda simpan secara permanen.

  1. VGA card

    vga card

VGA card atau vidio graphics array adalah suatu komp[onen yang gunanya adalah untuk mengolah data vidio untuk dapat di akses ke monitor komputer.VGA card biasanya ada yang bersifat on board dan ada juga yang ditambahkan dislot motherboard yang gunanya untuk memperoleh kualitas vidio yang tinggi dan cepat maka anda bisa menambahkan vga card kekomputer anda .

  1. Land card

    lan card

Land card atau yang disebut kartu jaringan adalah suatu komponen yang gunanya sebagai port untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain.lan card akan dihubungkan dengan kabel RJ45 agar dapat terhubung dengan jaringan komputer.

 

  1. Sound card

    sound card

Sound card di pakai untuk mengedit atau mengolah data suara agar dapat kita dengarkan ,kalian bisa mendengarkan suara yang telah dihasilkan komputer melalui panel out put sound card ,dengan kata lain lan card juga bisa berkerja untuk merekam suara.

  1. CD-ROM/DVD-RW

    cd rom

Optical drive atau kebanyakan orang menyebutnya dengan sebutan CD-ROM/DVD-RW adalah suatu komponen yang fungsinya untuk membaca atau menulis pada CD/DVDdan juga akan mungkin sekali anda dapat membaca atau melihat file yang ada didalam CD/DVD.

  1. Power supply

    power supply

Komponen power supply digunakan untuk mengubah arus listrik dan membagikan arus listrik keseluruh komponen pada cpu. Power supply ini lah yang nantinya akan bertanggung jawab untuk menjaga arus listrik keseluruh komponen pada CPU sehingga dapat beroperasi dengan baik.

  1. Kipas /cooler fan

    cooler fan

Kipas gunanya adalah sebagai pendingin pada komponen cpu,yang biasanya dipasang pada processor ,hardisk,memory,vga card dan lainya.selain untuk melindungi komponen –komponen itu tetap dingin ,yang menjaga suhu udara pada cpu agar tetap dingin dan tidak over heat adalah kipas ini.

  1. Kabel data /kabel penghubung

    kabel dta

Kabel data atau kabel pehubung yang digunakan sebagai kabel yang membawakan data misalnya kabel sata  pada hardisk.dan CD-rom /DVD-rw yang terhubung ke motherboard,dan masih ada lagi kabel yang digunakan untuk mengalirkan sumber daya ke komponen komponen komputer.

  1. Cashing CPU

    casingFungsinya adalah untuk menutupi dan menjaga semua komponen yang berada pada cpu dari gangguan –gangguan luar yang kemungkinan dapat mengganggu cara kerja komputer selain dapat melindungi pada komponen-komponen komputer ,cpu juga berguna untuk mengatur temperatur suhu yang masuk dan yang keluar dan cpu juga dapat digunakan secara praktis .

Demikian penjelasan saya mengenai komponen – komponen cpu dan fungsinya yang tentu saja agar kita mengetahui cara kerja komputer dan pemrosesan data.

Sekian dari saya semoga artikel ini dapat menambah wawasan bagi anda  dan terimah kasih sudah mau mengunjungi dan membaca artikel ini.

Leave a Reply