cara merawat komputer

17 Cara Mudah Merawat Komputer Atau Laptop Agar Tetap Awet

Posted on

 

Berikut Adalah Cara Mudah Untuk Menjaga Komputer Biar Tidak Cepat Rusak  :

Membersihkan komponen-komponen secara teratur

Ada banyak sekali cara untuk menjaga laptop atau pc agar tetap awet dan tahan lama ,sudah semestinya semua orang menginginkan agar laptop atau pc – nya tahan lama walaupun  dipakai 24 jam non-stop .rusaknya laptop atau pc selain dipengaruhi oleh kualitas barang namun juga dipengaruhi oleh bagaimana cara kita dalam menjaga laptop atau pc yang kita miliki.

Saya akan memberikan 7 cara yang sering digunakan yang sudah terbukti ampuh dalam menjaga pc yang kita miliki agar tetap awet dan tahan lama :

  1. Bersihkan CPU Komputer

Jika anada ingin pc anda awet teruz ,maka bersihkanlah pc / komputer anda secara teratur dalam periode 6 bulan sekali secara optimal .dan jika CPU anda tidak dibersihkan , kotoran yang menempel didalam CPU akan menumpuk serta bakal mempunyaai dampak  pada kerusakan temperatur suhu pada komputer / pc anda . dengan cara membuka casing pada komputer atau pc  anda  lalu bersihkan debu yang menempel  pada motherboard dan peripheral yang lainnya.kalian bisa membersikannya dengan menggunakan sikat halus (kuas cat) , jalankan cara ini 6 bulan sekali secara rutin.

  1. Jangan Digunakan Untuk Mengakses Internet Pada Saat Hujan Lebat

Pada umumnya jaringan internet sangat berpengaruh pada iklim. jika anda mengakses internet di saat hujan lebat  dikuatirkan jaringan komputer anda akan tersambar petir serta hal ini juga sangat beresiko pada komputer anda . sudah semestinya hal ini mempunyai banyak resiko.

Jangan digunakan saat hujan lebat disertai petir
  1. Mengaktifkan Sitem Restore Komputer

Mengaktifkan sistem restore sangat membantu merawat komputer anda agar tidak mudah rusak dan tahan lama.caranya adalah dengan cara click kanan pada icon my dekstop computer , terus klick properties tab sistem restore mencari tulisan turn off sistem restore on all drives , terus menghapus sinyal centang di samping kirinya tulisan tersebut.

 

  1. Mematikan Computer Sesuai Ketentuan

Jangan pernah menonaktifkankomputer dengan cara yang tidak wajar misalnya : langsung mencabut kontak listrik komputer .matikanlah komputer anda dengan cara mematikan sistemnya terlebih dahulu atau men shutdown terlebih dahulu .gunakanlah stavolt untuk menghindari mati listriki secara mendadak .atau jika anda terlalu lama menggunakan komputer maka restartlah dulu agar sistem pada komputer anda kembali berjalan normal .pada umumnya sistem komputer akan melemah jika dipakai terlalu lama .

  1. Unistal Program Yang Tidak Digunakan

Pada umumnya ruangan hardisk yang terlalu banyak tersita akan membuat sistem read ? write hardisk menjadi sangat lambat sampai – sampai beban kerjanya akan lebih berat sehingga hardisk akan cepat rusak .pada umumnya akan muncul warning atau space hardisk kita telah penuh.sistem operasi windows sudah mensupport akan hal seperti ini.

  1. Periksa Temperatur Suhu Pada Komputer Anda

Temperatur suhu yang kurang baik dapat  menyebabkan komponen – komponen pada komputer akan cepat panas  sehingga akan memperpendek umur komponen tersebut.oleh sebab itu usahakan jarak pada komputer serta dinding minimal 40 cm .agar tambah lebih baik lagi anda bisa memasang AC didalam ruangan serta cooling fan buat ekstra di dalam CPU.

  1. Pakai Kabel Ground

Apabila ada aliran listrik pada casing pc atau komputer ,maka ambillah kabel dengan panjang secukupnya .lalu ikatkan salah satu ujungnya pada casing CPU sedangkan ujung yang lain ditanam didalam tanah.hal semacam ini dapat menetralisir arus listrik yang nyasar hingga bisa membuat komponen-komponen dalam komputer menjadi lebih awet .

Di Bawah Ini  Adalah  Cara Untuk Merawat Laptop Agar Awet Dan Tahan Lama :

  1. Jangan Menggunakan Laptop Di Atas Kasur

Yahhh…..ini dia yang sering kita lakukan yang tidak diketahui dapat menyebabkan laptop cepet rusak , usakan semaksimalnya mungkin tidak menggunakannya diatas kasur , karena apa ?? karena kasur atau bahan yang lembut dan empukk lainya dapat menyerap panas bukannya membuang udara panas .sedangkan lapto[p saat menyala  selalu mengeluarkan udara panas hingga panas itu akan diserap oleh kasur dan laptop anda tepat berada diatasnya yahhh…..hal ini lah yang bisa membahayakan laptop anda .

  1. Jangan Menyimpan Benda Diatas Laptop Apalagi Benda Tersebut Sangat Berat

Saat Laptop tertindih oleh benda yang sangat berat , walaupun laptop dalam situasi tertutup ,tapi terus – menerus hal tersebut akan menyebabkan LCD laptop rusak. Hal – hal yang menunjukkan rusaknya layar LCD adalah munculnya garis-garis seperti pada tv apabila LCD telah rusak total maka akan terjadi mati keseluruhan. Jadi hati-hati dan periksa laptop kalian apakah saat ini tertindi barang atau ngakkk.

 

  1. Memasang Baterai Dengan Benar Saat Laptop Sedang Dioperasikan.

Saat anda memakai Product laptop pada thn. 2005 ke bawah maka hal ini sangat beresiko dalam pengoprasian laptop pada saat mencharge, sampai dapat menyebabkan baterai laptop menggembung. Sampai-sampai kebanyakan orang yang mengoprasikan laptop dengan mencopot baterai nya , hanya menggunakan charger doang .

Tetapi product laptop pada sekarang ini ,sudah terjamin keamanannya dalam pengoprasian laptop walaupun dalam saat mencharge  baterai laptop tidak mengembung. Sampai-sampai ada orang mengatakan pakai laptop anda tanpa menggunakan baterai pada saat di caz. Sehingga apabila listrik dirumah anda mendadak padam, maka hal tersebut yang yang membuat laptop anda langsung mati serta dapat membuat komponen-komponen pada  laptop anda menjadi jelek. Jadi dapat diambil kesimpulan gunakanlah terus baterai laptop anda yang nantinya akan menjadi cadangan energi listrik pada saat listrik di rumah mendadak padam.

  1. Bersihkan Debu Yang Menempel Di Laptop.

Hal ini yang perlu dilatih ,membiasakan untuk selalu membersihkan debu yang yang menempel pada komponen-komponen laptop .walaupun hal ini merupakan hal yang sepele ,tapi membiasakan diri untuk membersihkan kotoran yang menempel pada laptop bisa membuat laptop menjadi tambah awet.karena apabila debu yang menempel di laptop lama-kelamaan akan menumpuk dibagian saluran pembuangan udara dan nantinya akan dapat menyebabkan kerusakan yang cukup fatal karena kurangnya fertilasi udara yang masuk.yahhh oleh sebab itu maka rajin-rajinlah membersihkan laptop anda setidaknya seminggu sekali lahh…..wkwkwk.

  1. Jangan Meletakan Benda Cair Di Dekat Laptop.

Semua barang electronik memang akan mudah rusak apabila terkena benda cair .termasuk juga laptop yang anda miliki jika terkena benda cair maka akan rusak .sehingga jauhkanlah laptop anda dari benda cair .kesalahan yang sering terjadi adalah menaruh secangkir kopi didekat  laptop kemudian kopi tersebut tumpah ke laptop jika hal ini terjadi maka cepatr –cepatlah anda melepas baterainya kemudian mengeringkanlah lalu pasang lagi dan coba lah semoga laptop anda ngak rusak.

  1. Hindari Pengoperasian Didalam Ruangan Yang Sangat Panas

Menjalankan komputer pada suhu yang sangat panas dapat menyebabkan rusaknya komponen-komponen laptop.dan jika masih terus menggunakan laptop dalam temperatur suhu ruang yang sangat panas .maka gunakanlah kipas atau cooling pad . cooling pad terbagi menjadi kipas kecil dan kipas besar .menggunakan kipas pendingin bisa membantu aliran suhu menjadi lebih baik bagi laptop.

 

  1. Hindari Pengoperasian Laptop Sampai Baterai Kosong Hingga 0%

Apabila menggunakan laptop sampai baterai 0% , tentu saja hal ini akan menyebabkan umur baterai akan semakin pendek .jadi pada saat menggunakan laptop jika baterai sudah mendekati 0%  sebelum baterai habis cepat-cepat untuk menchargernya  sampai penuh baru anda pakai lagi . para pengguna laptop di anjurkan  menyetting laptop mati saat baterai mau habis.setting dibagian power options.

  1. Jauhkan Benda-Benda Magnet Dari laptop

Lebih-lebih untuk magnet yang memiliki daya tarik sangat kuat ,terlebih memang benda tersebut merupakan magnet 100% Seperti batu magnet yang memiliki daya tarik yang sangat kuat wajib atau seharusnya dijauhkan dari laptop.

  1. Mengatur Tingkat Kecerahan Monitor

Gunakan kecerahan monitor yang biasa-biasa saja (menyesesuaikan keperluan)hal ini digunakan untuk memimalisir penggunaan sumber daya yang berlebihan.karena makin jelas monitor laptop anda ,maka akan memperbanyak penggunaan  sumber daya listrik .jadi atur kecerahan monitor laptop ke  posisi yang lebih redup menyesesuaikan keperluan anda yang penting mengurangi tingkat pemakaian sumber listrik.

  1. Nonaktifkan Piranti Eksternal Yang Tak Diperlukan

Nonaktifkan piranti yang tidak dibutuhkan , misalkan : piranti USB Flash Drive , piranti eksternal yang lain yg tidak digunakan.Termasuk juga Wi-Fi serta piranti keras apapun yang tidak digunakan pada saat itu, karena hal itu dapat mengonsumsi banyak sumber energi listrik.

Demikian artikel tersebut kami buat semoga bermanfaat bagi anda .

Leave a Reply