Kenali 12 Gejala Gangguan Jiwa ini pada Orang di Sekeliling Anda!

Posted on

Gangguan jiwa merupakan salah satu penyakit kejiwaan. Gangguan jiwa disebakan oleh tidak kuatnya pikiran seseorang untuk menghadapi kenyataan. Dalam tahap awal, penyakit kejiwaan ini memang sulit terdeteksi. Gejalanya bahkan terkesan seperti yang dilakukan oleh orang normal yang sedang tertekan oleh suatu keadaan.

salah satu ciri gangguan jiwa
                                              Paranoid Adalah Salah Satu Gejala Gangguan Jiwa

Di bawah ini saya akan menyebutkan dan menjelaskan beberapa ciri-ciri orang yang menderita gangguan jiwa, jika gejala-gejala ini dapat terdeteksi dengan baik, maka penanganan selanjutnya akan semakin mudah dan cepat  karna masih belum terlalau parah.

Ciri-ciri orang yang mengidap gangguan jiwa:

1.Menarik Diri dari Interaksi Sosial

Seseorang yang mulai memiliki keinginan untuk menyendiri, memiliki imaginasi yang begitu tinggi dan mulai menikmati fantasi-fantasi semu yang ada dalam pikirannya, dan dia juga memiliki presepsi bahwa angan-angan tersebut adalah kenyataan, maka dia akan mulai berbicara sendiri, berbicara dengan fantasinya.

2.Mengalami Penurunan Daya Ingat dan Daya kognitif yang Parah

Daya ingat mereka yang terdeteksi mengidap gangguan jiwa akan mulai menurun. Dan jika seseorang itu diberi pertanyaan hitung-hitungan yang mudah saja, mereka akan sulit untuk mengerjakannya.

3.Mengalami Kesulitan Mengorientasikan Waktu, Orang, dan Tempat

Sama halnya dengan gejala nomer dua, seseorang akan mudah lupa di mana tempat mereka berada, dengan siapa dia saat itu, dan jam berapa saat itu. Hal ini dikarenakan memorinya hanya berputar-putar pada masalah yang sedang dia hadapi, sehingga dia kehilangan kemampuan untuk mengingat waktu, orang, dan tempat.

4.Memiliki Labilitas Emosional

Dia bisa mengalami perubahan mood yang sangat cepat, perubahan mood yang cepat ini mengakibatkan orang yang mengidap gangguan jiwa menjadi susah terkontrol, kabar yang sangat ringan bisa membuat mereka menjadi sangat marah atau menjadi sangat sedih.

5.Mengabaikan Penampilan dan Kebersihan Diri

Seringkali kita melihat orang gila di jalanan yang berpenampilan kusut dan kumuh bahkan telanjang. Hal ini dikarenakan pikiran negatif mereka pada diri sendiri sehingga penampilan sudah tidak penting lagi bagi mereka.

6.Memiliki Keengganan dalam Melakukan Segala hal

Mereka memiliki keinginan untuk tidak melakukan apa-apa dan bahkan marah saat diminta untuk melakukan sesuatu.

7.Memiliki Perilaku yang Aneh

Mereka mulai berkelakuan aneh seperti berbicara sendiri, mengurung diri di kamar, tertawa sendiri, tiba-tiba menangis, mondar-mandir tidak tentu arah, dan menanggapi sesuatu yang ringan dengan berlebihan.

8.Alam Perasaanya Tumpul

Gambaran dari hal ini adalah mereka seringkali tidak menunjukan ekspresi saat diajak bicara atau saat mendengar kabar.

9.Sering Mengalami Halusinasi

Mereka sering mendengar suara-suara atau bisikan-bisikan di telinganya padahal suara atau bisikan itu tidak bersumber.

10.Depresi yang Terus-Menerus

Mereka mengalami depresi atau stress yang berkepanjangan, hal ini dikarenakan pikiran mereka tidak mampu untuk menerima masalah yang sedang mereka hadapi saat itu.

11.Paranoid

Paranoid adalah rasa takut atau cemas yang berlebihan pada hal-hal yang bagi orang normal tidak perlu ditakuti atau dicemaskan.

12.Memiliki Pemikiran untuk Mengakhiri Hidup atau Bunuh Diri

Gejala ini dikarenakan mereka selalu merasa depresi karna tekanan yang mereka dapatkan, sehingga memicu untuk mengakhiri hidup agar masalah yang mereka hadapi cepat terselesaikan.

Gravatar Image

Nama saya Fatka Safina Aulia Fanesta, biasa dipanggil Fatka. Saya lahir di tengah keluarga yang biasa-biasa saja, namun saya bercita-cita menjadi seorang filmmaker yang terkenal. Bekerja keras, terus mencari peluang, dan selalu berusaha mencintai pekerjaan adalah motto saya.

Leave a Reply