membaca cepat
Cara mudah dan efektif membaca cepat

Cara Mudah Dan Efektif Untuk Membaca Cepat

Posted on

Sebagai Pelajar ataupun mahasiswa, membaca itu bukan saja hobi akan tetapi itu keharusan.Bagaimana tidak, disetiap mata pelajaran atau mata kuliah buku-buku tersebut untuk penunjang yang nggak hanya satu. Dan belum lagi halamannya yang banyak.Yang pasti, anda sering kewalahan belajar saat akan ujian.

baca cepat
Membaca dengan cepat

Membaca cepat adalah ketrampilan yang sangat berguna dan berharga.Namun, mungkin ada saat-saat yang tidak tepat, ketika menggunakan teknik ini.Contoh, saat membaca dokumen yang sangat penting dimana anda perlu membaca dengan perlahan, sehingga anda bisa memahami isinya dengan detail.

Nah, supaya anda tidak kewalahan saat dalam membaca meteri saat akan ujian, anda perlu menerapkan cara yang mudah dan cepat untuk membaca.Nih, dengan cara ini, anda akan lebih mudah dalam membaca cepat, dengan tanpa membuang-buang waktu terus-terusan.

  • Berkonsentrasilah dengan sungguh-sungguh ketika membaca sesuatu.
  • Hindari kebiasaan membaca dengan bersuara maupun kebiasaan dalam membaca dengan bibir bergerak.
  • Usahakan untuk memperluas pandangan mata anda saat membaca.
  • Jauhilah kebiasan dalam mengulang-ulang bacaan.
membaca cepat
Membaca cepat

Teknik-Teknik Untuk Membaca Cepat :

Teknik membaca cepat tidak semua orang langsung bisa atau mahir untuk membaca cepat.Karena ketrampilanlah yang dibutuhkan latihan yang berulang-ulang agar anda bias menguasai teknik-teknik yang tepat sehingga anda bisa membaca cepat.Untuk bisa membaca cepat anda sangat memerlukan teknik tertentu.Biasanya ada dua teknik membaca yaitu :

1.Teknik Scanning.

Teknik membaca dengan cara membaca subuah informasi dimana bacaan tersebut dibaca secara loncat-loncat dengan melibatkan asosiasi dan imajinasi orang yang membaca, sehingga dalam memahami isi bacaan tersebutanda dapat menggabungkan kalimat yang satu dengan kata-kata anda sendiri.Maksudnya teknik ini tidak seluruhnya dibaca.

Langkah-Langkah Dalam Membaca Cepat :

Untuk menguasai ketrampilan dalam membaca cepat, anda perlu latihan.Latihan itu meliputi :

  • Latihan Otot Mata

Dengan menggerak-gerakkan bola mata dengan mata keadaan terpejam, ke atas, ke bawah, samping kanan, samping kiri.Tujuannya agar mata anda dapat menjangkau seluruh bacaan tanpa menggeleng-gelengkan kepala, karena apa kalau anda menggeleng-gelengkan kepala itu memperhambat membaca cepat.

  • Melatih Pernafasan

Melatih pernafasan dapat anda lakukan dengan tarik nafas yang panjang kemudian kelurkan dengan perlahan-lahan.Dan bersikap duduk yang tegak.

  • Membaca di Dalam Hati

Dengan menahan bibir, jari-jari tangan, dan kepala bergerak saat membaca.

2.Teknik SQ3R

Teknik ini sangat-sangat membantu dalam menyerap informasi loh.Teknik ini menggunakan metode penahapan dalam membaca cepat.

Jadi manakah teknik yang anda sukai untuk belajar membaca cepat.Mari kita berusah untuk bisa membaca cepat.

Gravatar Image
Saya orangnya enggak suka terlalu cerewet. Suka menulis, ,membaca paling suka membaca tentang motivasi. Saya sering diajak curhat. Salah satu dari cita-cita saya ingin menjadi pengusaha muda yang sukses, dan tentunya ingin membahagiakan kedua orang tua. ingin lebih tau tentang saya.. ajak ngobrol atau temui saya.

Leave a Reply