ular terbesar di dunia
Ular-Terbesar

Ayo Kita Simak Berbagai Macam Ular Terbesar di Dunia

Posted on

Sebelum kita membahas tentang ular terbesar di dunia sebaiknya kita ulas sedikit tentang apa itu ular? Ular adalah jenis hewan yang termasuk kategori reptil, yang mempunyai tubuh panjang dan mempunyai sisik di seluruh tubuhnya.

Ular terbesar di dunia yang tidak pernah kita jumpai sebelumnya kini akan kita ulas kembali. Berikut  adalah beberapa ular terbesar yang ada di dunia:

  1. Anaconda hijau

Anaconda hijau atau biasa di sebut Boa Air yang  bernama binomial eunectes murinus yang berasal dari bahasa yunani yaitu eunectes artinya perenang baik dan dari bahasa latin murinis artinya dari tikus, di karenakan memangsa tikus. Anaconda hijau adalah spesies ular dengan ukuran besar di hutan hujan amerika selatan. Dan anaconda hijau ini masih ada populasinya.

Panjangnya bisa sampai 8 meter, berat badannya mencapai 250 kg. Warna tubuhnya hijau kecoklatan dengan bercak-bercak bundar hitam di punggung dan bercak berbentuk huruf O di kedua sisi badan dan leher hingga ekor. Dan pada bagian belakang mata terdapat garis berwarna hitam dengan garis berwarna oranye di bawahnya.

Anaconda biasanya hidup di area perairan. Jenis ular ini menghabiskan sebagian besar waktuna di dalam air. Ular ini berkembang biak dengan cara bertelur-melahirkan (ovovivipar) . jumlah yang dia lahirkan bisa mencapai 40 ekor.

  1. Ular titanoboa

Titanoboa artinya “Boa Raksasa” atau “Boa Titanic” merupakan jenis ular yang sudah punah dan hidup sekitar 60-58 juta tahun lalu. Dalam jajaran hewan predator, penemuan ini merupakan penemuan terbesar sejak di temukannya T-Rex.

Ular mengerikan berukuran 48 meter yang melata di hutan hujan 60 juta tahun yang lalu di hidupkan kembali di museum smithsonian. Kata kepala program saluran smithsonian, david royale “ini adalah penemuan yang begitu fantastis. Sesosok makhluk yang muncul di era steven spielberg di masa lalu.”

  1. Ular Sanca Kembang

Sanca kembang atau sanca batik yaitu sejenis ular dari suku pythonidae yang berukuran besar dan mempunyai tubuh besar. Ukurannya bisa mencapai 8,5 meter. Ular ini lebih panjang daripada anakonda.Sanca kembang ini mudah dikenali sebab tubuhnya yang besar. Dan ular sanca termasuk ular yang berumur panjang, umurnya bisa sampai 25 tahun. Sanca kembang bertelur 10 sampai 100 butir. Sanca kembang hidup di hutan tropis yang lembab. Ular sanca kembang ini bergantung pada persediaan air. Makanan utama ular ini adalah mamalia kecil, biawak, burung,dll. Dan ular ini lebih senang menunggu daripada aktif berburu.

  1. Ular Yacumama

Ular yacumama sebenarnya ialah sejenis anaconda, namun ukuran yacumama lebih besar daripada anaconda pada umumnya. Oleh sebab itu suku indian memberi nama ular ini yacumama. Menurut salah satu legenda , yacumama menyedot semua yang bergerak di sekitarnya. Sebuah suku di daerah amazon mengatakan bahwa yacumama bisa membendung sungai kecil saking  besarnya.

Banyak sekali orang yang takut dengan adanya ular raksasa ini. Di karenakan ukuran tubuh yang relatif sangat besar. Pada tahun 2009 dua orang pria merupakan ayah dan anak  yang berasal dari belfast, irlanda mengaku bahwa mereka berhasil merekam dan mengambil foto keberadaan ular raksasa ini tetapi para ahli tetap tidak mempercayai keberdaan yacumama tersebut.

  1. Ular Nabau

Baru-baru ini muncul sebuah foto udara yang membuat heboh malaysia. Ular raksasa berenang di sungai baleh, sibu, serawak, dibagian utara kalimantan yang masuk wilayah malaysia. Ular raksasa terlihat berenang lenggak lenggok di sebuah sungai tropis yang di kelilingi oleh hutan gambut. Kabarnya foto itu diambil dari sebuah helikopter 11 Februari 2009 lalu. Foto itu menjadi perdebatan di malaysia saat ini. Kalimantan memang di kenal mempunyai ular ular raksasa.

Diperkirakan panjang tubuhnya mencapai 100 kaki atau sekitar 33 meter. Berdasarkan legenda di lingkungan masyarakat setempat , memang percaya akan adanya anaconda di kawasan tersebut yang di beri nama Nabau.

  1. Ular king kobra

King  kobra merupakan  raja ular yang mempunyai bisa paling mematikan. Penamaan king kobra lebih kepada ukurannya  yang merupakan ular berbisa terpanjang dan jumlah bisa ternmyal di dunia. Ular king kobra di indonesia disebut sebagai ular tedung, ular anang, ular lanang, oray totog, tedung selor.

Ular king kobra dalah ular  terpanjang, ukurannya bisa sampai 5 meter tetapi pada umumnya hanya 3-4 meter. Pada saat ular ini terancam cenderung ular ini menegak kan lehernya. Ciri umum ular ini berwarna hitam atau coklat tua dengan bagian kepala cenderung berwarna lebih terang. Makanan ular king kobra adalah berbagai jenis ular yang berbisa maupun yang tidak berbisa dan katak.  Ular ini mengandalkan indera penciuman dan pengihatan  yang tajam.

Ular king kobra adalah ular yang memiliki racun berjenis haemotoxcin dan neurotoxcin. Racun ini identik menyerang sistem saraf , pandangan yang mengabur, vertigo, dan kelumpuhan otot. Kemampuan ular king kobra dalam mengeluarkan bisa sangat besar dan lebih banyak daripada ular lainnya.

  1. Ular indigo amerika

Ular ini bertubuh besar. Panjang tubuhnya mencapai 3 meter. Warna tubuhnya hitam kebiruan atau ungu gelap. Ular ini aktif pada siang hari, dan berhabitat di hutan tropis dan hutan musim. Ular ini memakan hampir semua binatang yang sama besar atau lebih kecil daripada dirinya.

  1. Ular derik

Ular derik adalah kelompok ular berbisa dari suku crotaline. Ekornya terdiri atas segmen-segmen  yang bisa menimbulkan suara yang keras. Ular derik memiliki ekor derik yang dapat di getarkan sesuai dengan namanya, gigi kuat di setiap rahang, spesies yang besar panjangnya lebih dari 2,5 meter.

Ular ini memiliki keistimewaan yaitu jika kita memotong kepalanya , kepala itu masih bisa menggigit. Karena masih terdapatnya sinar inframerah yang terhubung pada tubuhnya. Ular derik memiliki racun yang sifatnya hemotoksin (merusak sel darah merah). Ular derik beranak dan bertelur (ovovivipar). Sebagian ular derik musim kawin pada musim semi.

Ular derik hidup di daerah gurun atau padang rumput. Pada umumnya ular derik akan pindah bila terganggu  manusia, tetapi mereka juga akan memberikan peringatan khas mereka jika diancam. Makanannya yaitu hewan hewan kecil seperti kelinci, tikus, hewan pengerat, dll. Ular derik dapat menyerang sejauh 2/3 dari panjang tubuhnya.

  1. Ular mulut kapas

Ular mulut kapas ini memiliki pupil berbentuk elips dan ragam warna dari hitam sampai hijau. Terdapat garis putih di sepanjang sisi kepalanya. Hewan ini didapati di dalam air. Tetapi dapat beradaptasi juga di daratan dengan lancar dan baik. Ular ini memiliki ekor yang masih berwarna kuning terang. Dan ular ini sering sekali menyendiri.

Demikian info yang bisa kami ulas atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Leave a Reply