nama planet
nama planet

Daftar Nama Planet yang Perlu Dipelajari

Posted on

Hay guys, kali ini saya mau membahas tentang planet yang ada di tata surya yang perlu diketahui, dalam tata surya terdiri dari 9 planet dan 1 bintang yaitu matahari dan beberapa objek lain yang mengitarinya. Planet adalah benda langit yang mengelilingi matahari melalui lintasan tertentu dan garis tengah yang lebih dari 4.000 km.

Dalam tata surya jumlah planet ada 9 akan tetapi satu planet sudah tersingkirkan yaitu planet pluto. Berikut ini adalah nama dan sedikit penjelasannya.

  1. Merkurius

nama planet

Merkurius adalah planet yang paling dekat dengan matahari. merkurius termasuk planet terkecil nomor dua dengan diameter  4.850 km, revolusi planet merkuriustermasuk revolusi pendek dengan revolusi 88 hari mengitari matahari, dan rotasinya juga sangat lambat yaitu ditempuh 59 hari dalam satu kali putaran.

Planet merkurius juga termasuk planet paling panas dengan panas permukaan hampir 700 derajat kelvin. Planet ini juga termasuk planet paling terang setelah matahari, tak mudah ketika ingin melihat planet ini dengan mata telanjang tapi harus menggunakan teropong bintang. Palnet ini juga sering disebut dengan:

  • Bintang senja
  • Bintang pagi

Adapun jarak matahari dengan merkurius adalah 58 juta km, planet merkurius merupakan                             salah satu nama dewa zaman kuno yang mempunyai kecepatan gerak sangat cepat.

  1. Venus

nama planet

Venus adalah planet kedua setelah merkurius dan juga tetangganya bumi. Venus mempunyai diameter yang hampir sama dengan bumi yaitu 12.000 km. Planet venus merupakan planet putih dan bersinar, jarak antara venus dan bumi adalah 108,2 juta.

Adapun rotasinya sangat lambat yaitu 234 hari dalam sekali rotasi, dan revolusinya adalah 224,7 hari. Planet ini memiliki atmosfer yang sangat tipis dan memiliki banyak sulfur dan CO2. makhluk yang hidup di planet ini tidak bisa bernafas karna memiliki banyak racun, atmosfer yang seperti ini yang membuat venus berwarna coklat kekuningan.

Suhu permukaaan venus termasuk paling panas yaitu mencapai 750 derajat kelvin. Nama venus diambil dari dewa cinta romawi, adapun nama lain dari planet venus adalah

  • Bintang fajar
  • Bintang timur
  • Bintang kejora
  1. Bumi

nama planet

Bumi adalah planet ketiga setelah venus dan juga planet ini yang mempunyai kehidupan karna hanya bumi yang bisa dihuni oleh makhluk hidup, karna bumi memiliki susunan gas yang tediri dari oksigen 21 persen, nitrogen 78 persen, air, dan tanah yang mampu menopang kehidupan diatasnya. Planet  bumi berotasi selam 24 jam dan berovolusi selama 365,25 hari.

Dan planet ini berdiameter sama dengan venus yaitu 12.000 km dan ketika dilihat dari angkasa planet ini berwarna biru kehijauan, planet ini memiliki satu satelit alami yaitu bulan.

  1. Mars

nama planet

Mars adalah planet keempat setelah planet bumi, planet ini memiliki diameter yang lebih kecil yaitu 6.790 km dan pada permukaan planet mars terdapat kawah kawah yang berdiameter 200 km.planet ini memiliki atmosfer yang tipis yang sebagian besar tersusun dari CO2, dan juga memiliki temperatur mencapai 50-60 derajat celcius.

Permukaan mars sangat dingindan disusun atas kawah, ngarai ngarai, dan gunung. Planet mars berwarna kemerahan dan memiliki satelit alami yaitu deimos dan phobos, ketika sore atau senja planet mars terlihat dari bumi. Planet ini berotasi selama yang hampir sam dengan bumi yaitu 24,6 hari dan berevolusi selam 687 hari.

Jarak antara planet mars dengan bumi adalah 247,1 juta km. Nama planet ini diambila dari dewa perang era Romawi, dan pada saat ini manusia sedang melakukan eksplor lebih jauh mengenai mars dan mengirim sebuah robot ke permukaan mars.

  1. Jupiter/ Yupiter

nama planet

Menurut orang zaman romawi kuno planet ini disebut rajanya langit karna planet paling besar diantara planet lainnya, dan nama ini cocok untuk planet jupiter. Planet ini berdiameter sekitar  142.984, kalo dihitung kira kira sekitar 11 kali lipatnya bumi. Planet ini berotasi selama 11,9 tahun dan berovolusi sekitar 9 jam 55 menit.

Planet ini memiliki atmosfer yang terdiri dari hidrogen dan helium, atmosfer in memiliki ketebalan seribu km dan tidak ad batas yang jelas antara permukaan planet dan atmosfer. Inti dari jupiter terdiri dari gas padat dan batuan walaupun belum ad kepastian dan bukti otentik.

Jarak antara planet jupiter dan matahari yaitu 778 juta km, permukaan jupiter ini dihiasi dengan badai angin yang sangat besar, dan gas yang ada di permukaan planet ini menghamburkan warn putih, merah, coklat, dan kuning. Nama palnet ini diambil dari dewa surga di era romawi.

Planet Jupiter memiliki berjuta satelit yang membentuk cincin yang sangat dan transparan. Hingga saat ini jupiter terdeteksi memiliki 63 satelit alami yaitu:

  • Lo.
  • Europa.
  • Ganymeda.
  • Callisto.
  • Dll.
  1. Saturnus

nama planet

Saturnus adalah planet keenam setelah planet jupiter. Planet ini termasuk planet terbesar kedua setelah planet jupiter, dan planet ini terkenal akan keindahannya karna memiliki cincin yang melinkar di planet ini yang terdiri dari bongkahan es dan kerikil yang dilapisi oleh es.

Planet ini berdiameter seperti raksasa karna diameternya tergolong diameter paling besar yaitu 120.536 km, tapi lebih besar diameternya jupiter.sama halnya seperti jupiter, saturnus yang tersusun  atas gas dan intinya diperkirakan adalah hidrogen padat. Planet ini berevolusi selama 29.5 km dan berotasi selama 10.7 jam.

Adapun permukaan saturnus terlihat berlapis dengan warn acoklat kekuningan dan sedikit rona merah. Jarak antara planet saturnus dengan matahari adalah 1.426 juta km , dan planet ini memiliki 18 satelit alami adapun yang terbesar bernam titan. Nama planet ini diambil dari nama dewa pertanian era romawi.

  1. Uranus

nama planet

Uranus adalah planet yang ketujuh setelah planet saturnus , planet uranus ini ditemukan oleh Wilhem Herschel pada tahun 1781 di kota inggris. Planet ini berevolusi kurang lebh selama 84 tahun dan berotasi selama dalam waktu 17 jam. Planet ini berdiameter  51.118 km atau dihitung sekitar 4 kali lipat bumi.

Permukaan uranus terdiri dari gas yang tebal dan menghamburkan warna biru kehijauan. Planet  ini dikelilingi oleh cincin tipis yang berjumlah sembilan unit, planet ini diambil dari nama dewa romawi yaitu kakek dari jupiter, dan juga planet ini memiliki 21 satelit alami dan ada 5 yang paling besar yaitu

  1. Neptunus

nama planet

Neptunus adalah planet kedelapan setelah planet uranus, dan termasuk planet terjauh dari matahari. Planet ini termasuk planet yang memiliki diameter terbesar nomer 4 yaitu 49.530 km dan termasuk 3 besar di massa. Ukuran planet ini lebih besar dari bumi, massa mengatakan bahwa planet neptunus tercatat 17 kali lebih besar daripada bumi, dan sedikit lebih besar dari uranus.

Planet ini berevolusi selama 165 tahun dan berotasi selama 16 jam. John Loweh Adan dari inggris meramalkan keberadaan planet ini dan berkerjasama dengan Jean Le Verrier dari prancis pada tahun 1846. Planet ini diamati oleh Johan Lalle dari berlin, jarak antara planet neptunus dengan matahari adalah 2.869 km.

Planet ini sering disebut dengan kembarannya uranus dan sering juga disebut pila dengan nama pembuat ulah karna, planet ini sering beredar keluar dari garis edarnya. Planet ini memiliki 8 satelit dan ada 3 satelit terbesar yaitu:

Dan ada satu objek lain yaitu pluto yang termasuk golongan planet kerdil (Dwarf Planet). Planet pluto ini dihapuskan dari daftar planet karna, dia memiliki orbit yang memotong orbit planet lain. Bentuk planet ini oval dan berovulsi selama 248 jan dan berotasi selama 6,4 hari. Planet ini kemungkinan tersususn dari batuan.

Itulah daftar nama planet yang saya rangkum semoga bermanfaat. Dan saya minta maaf apabila ada salah dalam penulisan danpeletakan kata. Terima kasih!

Leave a Reply