Sejuta Manfaat Daun Sirsak Yang Belum Anda Ketahui

Posted on

Sejuta Manfaat Daun Sirsak

pohon sirsak

Sirsak adalah tumbuhan yang berasal dari karibia, Amerika selatan.  Tumbuhan ini tumbuh di sembarang tempat yang paling bagus adalah di tempat yang cukup berair .Sirsak berasal dari bahasa belanda : zuurzak, berarti”kantung yang asam”.tanaman ini ditanam secara komersial . pohon ini bisa tumbuh mencapai tinggi 9 meter.

Pohon sirsak ini bisa tumbuh mencapai tinggi 9 meter . buah ini bukan buah sejati yang ukurannya cukup besar hingga 20-30 cmdan beratnya itu 2,5 kg. Daging buah ini berwarna putih dan memiliki biji hitam. Buah ini sering digunakan untuk bahan baku jus minuman serta es krim. Buah ini mengandung banyak karbohidrat, terutama  fruktosa. Kandungan gizi lainnya adalah vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup banyak . bijinya beracun, dan dapat digunakan sebagai insektisida alami, sebagaimana biji srikaya.

Selain daging buahnya yang kaya gizi, daunnya pun mengandung senya wa yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Bahkan daun sirsak menjadi populer karna dari sebuah penelitian menyatakan bahwa terdapat senyawa yang dapat mengobati penyakit yang kronis seperti: kanker, asam urat, diabetes dan lain lain.

Manfaat Daun Sirsak

  1. Mengobati kanker

Manfaat daun sirsak pertama yang membuat daun sirsak menjadi terkenal adalah mngobati kanker. Bahkan daun sirsak ini dapat menghambat sel kanker lebih sepat dan efektif dibandingkan dengan kemoterapi. Untuk merasakan manfaatnya daun sirsak untuk kanker

Caranya: ambil 10 lembar daun dengan 3 gelaas air mineral. Rebus hingga air hanya 1/3 nya saja. Diminum dalan keadaan masih hangat. Minum setiap pagi hari saja.

  1. Mengobati Asam Urat

Tidak hanya untuk mengobati kanker saja. Daun sirsak ini bisa juga untuk mengobati asam urat. Untuk merasakan manfaatnya. Anda hanya perlu minum air rebusanya saja. Anda ambil daun sirsak 10 lembar agak tua lalu rebus dengan 3 gelas air mineral. Rebus hingga tersisa 1/3 saja. Bisa diminum dalam keadaan hangat. Minum setiap pagi agar manfaat bisa cepat dirasakan

  1. Mengobati Diabetes

Senyawa yang terkandung dalam daun sirsak sudah terbukti dapat menstabilkan jumlah kadar gula darah pada tubuh manusia dan menjadikan normal. Hal ini dikarenakan daun sirsak kaya akan mengandung antioksidan. Antioksidan berguna untuk melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas dan bahaya penyakit yang mengintai tubuh setiap hari saat.

  1. Mengobati Penyakit Paru- Paru

Sebagai anti bakteri, daun sirsak juga bisa digunakan sebagai obat untuk mengobati paru paru

  1. Menghilangkan Kutu

Daun sirsak memang mengandung beberapa senyawa , namun secara ajaib sangat beracun buat serangga atau parasit. Daun sirsak dapat digunakan untuk menghambat dan membasmi kutu dan ketombe. Caranya adalah menggunakan air rebusan untuk mencuci rambut.

Ciri – Ciri tanaman serta khasiatnya dan manfaatnya:

Tanaman sirsak atau buah sirsak akan kita bahas disini:

  1. Ciri-ciri Sirsak

Batang

Pohon ini tingginya mencapai tinggi 9 meter

Daun

daun srsak

Daunnya tumbuh menyirip, dan diameternya kurang lebih 3 cmdan panjangnya 7 cm, berwarna hijau, dan daun sirsak mempunyai bau yang khas.

Bunga

bunga sirsak

Bunga sirsak berwarna kuning dan berbau harum.

  1. Klarifikasi Ilmiah Tanaman Sirsak

Klarifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan . tujuan klarifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah membandingkan , mengenali.

Nama- nama Lain Sirsak

Nama Latin: Anonona muricata

Indonesia: sirsak

Inggris : soursop

Melayu: Durian Belanda

Vietnam: Mang Cau Xien

Thailand: Thurian

Filiphina: Guyabaya

Efek Samping Daun Sirsak Kalau Dikomsumsi Berlebihan.

Meski daun sirsak memiliki sejuta kegunaan , Namun dibalik sejuta kegunaanitu ada efek sampingnya lho, Anda  harus tetap membatasi pengunaannya bila tak ingin terkena efek samping dari daun sirsak. Keiginan  untuk sembuh dari penyakit yang anda miliki, namun bukan berarti anda boleh berlebih – lebihan dalam menggunakan bahan herbal.

Berikut efek samping daun sirsak yang anda harus mengetahui:

  1. Parkinson
  2. Membahayakan ibu hamil dan menyusui
  3. Kurang cairan
  4. Asam lambung naik
  5. Susah BAB
  6. Tubuh kepanasan
  7. Nyeri oo dan sndi
  8. Ginjal dipaksa lebih berat
  9. Menurunkan fungsi organ hati

Simak penjelasan yang ada diatas:

  1. Parkinson

Hal ini dikernakan daun sirsak bisa mmbunuh sel saraf yang ada di otak.

  1. Membahayakan ibu hamil dan menyusui

Karna tidak aman bagi kesehatan ibu atau pun sang buah hati.

  1. Kurang cairan.

Karna selain bersifat diuretik, semua toksin yang dikeluarkan oleh tubuh usai mengonsumsi daun sirsak membuat tubuh banyak khilangan cairan {dehidrasi}

  1. Asam lambung meningkat

Meski ramah bagi lambung, namun ada senyawa dalam daun sirsak yang bisa memicu naiknya asam lambung hingga ke tenggorokan

  1. Susah BAB

Anda disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan berserat lain saat minum air rebusan daun sirsak

  1. Tubuh kepanasan

Bila mengonsumsi daun sisak berlebilan, Beberapa tandanya antara lain

  • Meningkatnya keringat
  • Perut terasa terbakar
  • Lemas
  • Cemas
  • Nafsu makan juga bisa melorot.
  1. Nyeri otot dan sendi

Hal itu tentu sedikit kontra dengan manfaat rebusan daun sirsak bisa menyembuhkan asam urat , namun dampak negatif tersebut ikut hilang bila anda menghentikan minum daun sisak.

  1. Ginjal dipaksa bekerja lebih keras

Jangan mengkonsumsi daun sirsak secara berlebihan agar anda tidak terkena gagal ginjal.

  1. Menurunkan fungsi organ hati

Daunsirsak bisa menguatkan  liver, tapi kalau anda mengkonsumsi rebusan daun sirsak secara berlebihan nanti akan berpengaruh pada liver anda, saat fungsinya turun menurun, maka tubuh rentan terhadap penyakit.

 

Sekian dari artikel saya, semoga bermanfaat buat keluarga anda yang ada  di rumah.

Leave a Reply