Fenomena Alam Aneh dan Mengagumkan

Posted on

Bukan hanya manusia yang bisa melakukan hal aneh, ternyata alam pun bisa menunjukkan fenomena-fenomena  yang tidak biasa pada waktu tertentu. Terdapat fenomena alam yang bisa membuat Anda terkagum-kagum dan ada pula fenomena alam yang menyeramkan.

Beberapa fenomena alam sering terjadi dibumi. Walau terkadang fenomena tersebut sangat aneh, tetapi fenomena tersebut dapat membuat decak kagum bagi yang melihatnya. Fenomena aneh biasanya terjadi di seluruh dunia.

Sejak zaman dahulu, manusia sangat tertarik untuk mempelajari kejadian alam yang menakjubkan. Manusia menggunakan penelitiannya untuk menunjang kehidupan sehari-hari mereka, seperti terbang, berlayar, dan juga untuk pertanian. Berikut ini beberapa rincian fenomena alam yang pernah terjadi dibumi.

  • Donat salju

 

fenomena donat salju
fenomena donat salju

Fenomena unik ini dapat terjadi jika kondisi lingkungan setempat dan temperatur sedang pas. Fenomena yang satu ini biasanya muncul didaerah perbukitan, saat tanah ditutupi salju basah dan es. Tingginya bisa lebih dari 60 cm.

  • Columnar Basalt

 

fenomena columnar
fenomena columnar

Bentuk batu-batu unik ini terjadi akibat lava yang membeku dan patah ke arah tegak lurus dengan aliran asal. Fenomena ini bisa kamu temukan di Irlandia, Amerika Serikat hingga India. Di Indonesia, fenomena alam ini biasanya terjadi didaerah Gunung Padang, Jawa Barat.

  • Tiang Cahaya

 

fenomena tiang cahaya
fenomena tiang cahaya

Fenomena alam ini juga biasa disebut dengan “Light Poles”. Tiang warna-warni ini biasanya muncul saat malam pada suhu dibawah 20 derajat celcius.

Fenomena ini tidak pernah terjadi di Indonesia. Selain membutuhkan cahaya yang sangat dingin, fenomena ini hanya dapat terjadi saat angin tidak terlalu kencangdan terdapat banyak kristal es kecil di atmosfer.

  • Bunga Beku

 

bunga beku
bunga beku

Fenomena yang satu ini terbentuk dari partikel es yang mengumpul dibagian bawah kayu atau tanaman tertentu. Air di bagian dalam tumbuhan muncul ke permukaan dan langsung membeku terkena udara luar, karena perbedaan suhu yang terjadi.

  • Bioluminescence
bioluminescence
bioluminescence

Fenomena makhluk hidup yang berpencar ini disebut Bioluminescence. Sinar yang terkesan indah dan misterius akan muncul saat organisme kecil yang terdapat di dalam air terkena gangguan. Gangguan yang dimaksud bisa bermacam-macam salah satunya saat kamu menyelupkan kaki ke air tempat tinggal organisme kecil tersebut.

Fenomena ini biasanya terjadi di pulau Vaadho. Pulau Vaadho merupakan pulau yang tak berpenghuni. Pulau ini memiliki keindahan yang luar biasa, apalagi pada saat malam hari. Banyak para wisatawan yang mengunjungi pantai ini dikarenakan mempunyai daya tarik tersendiri  dan para wisatawan ingin melihat peristiwa alam ini secara langsung.

  • Supercells

 

supercells
supercells

Selain wujudnya yang menakutkan, Supercells ini juga termasuk tipe badai yang paling berbahaya. Badai ini kadang muncul dalam bentuk gulungan besar di angkasa, atau dalam bentuk pusaran mirip piring terbang. Badai ini sering terjadi di Amerika Serikat.

  • Aurora
Aurora
Aurora

Fenomena ini sering terjadi didaerah kutub seperti Norwegia, Kanada dan tempat dingin lainnya. Fenomena ini semakin menjadi incaran karena tidak muncul setiap malam. Aurora terjadi karena partikel bermuatan listrik dari angin matahari bergesekan dengan medan magnetik di atmosfer bagian atas.

  • Sun Dogs (Matahari Kembar)
sun dogs
sun dogs

Fenomena matahari majemuk ini terjadi karena pembiasan cahaya di langit. Matahari ini muncul ditemani oleh dua titik terang hasil pembiasan cahaya di bagian kanan kirinya. Fenomena ini biasanya muncul saat matahari dalam posisi rendah atau dekat saat dengan cakrawala. Anda bisa melihat fenomena ini saat di pagi hari atau senja, dan fenomena ini tidak terjadi di Indonesia.

  • Pelangi Api
pelangi api
pelangi api

Fenomena ini termasuk dalam kategori yang langka, hal ini dikarenakan faktor-faktor penyebab dan kondisi dari fenomena ini yang cukup sulit. Fenomena ini mewakili gambaran peristiwa yaitu pelangi yang berbentuk seperti api yang sedang berkobar diatas langit.

Fenomena ini terjadi karena adanya awan cirrus di ketinggian 6.000 meter di atas tanah dengan bentuk kristal dan sudut cahaya matahari berada di 58 derajat di atas langit. Titik sinar mengarah ke awan cirrus dan adanya awan yang berbentuk seperti. Piring.

  • Hujan Meteor Lyrid
hujan meteor lyrids
hujan meteor lyrids

Fenomena ini merupakan hujan meteor yang menjadi incaran bagi para pengamat. Penemu dari meteor Lyrid yaitu Thatcher menyimpulkan bahwa komet tersebut merupakan komet jangka panjang selama 415 tahun dan akan kembali ke bumi sekitar 23-an.

Menurut Thatcher, komet ini mempunyai ukuran yang sangat kecil seperti butiran pasir dan mempunyai kecepatan yang sangat tinggi mencapai 45 km/jam. komet ini akan menampakkan cahaya gemerlap seperti konstelasi alat musik petik. Anda bisa melihat komet ini di Indonesia yaitu dari arah sisi timur laut Indonesia pada saat tengah malam hingga menjelang fajar.

  • Supermoon
super-moon
super-moon

Fenomena ini terjadi ketika Bulan Purnama berada di posisi dimana jaraknya dengan bumi sangatlah dekat. Dan karena posisi yang sangat dekat, bulan menjadi terlihat sangat besar. Fenomena ini akan sangat menakjubkan apabila saat bulan purnama dan tanpa gangguan awan tebal.

  • Hujan Meteor Eta Aquarid
Hujan Metor Eta Aquarid
Hujan Metor Eta Aquarid

Komet ini muncul dalam durasi 76-an tahunan di bumi. Saat melintas di bumi, komet tersebut berkilapan di langit dengan beberapa serpihan. Menurut para pengamat dari arah Aquarius akan muncul meteor jatuh sebanyak 60 meteor per jam.

  • Minimoon
minimoon
minimoon

Minimoon adalah fenomena dimana bulan berada di posisi terjauh bumi yang berakibat pada sangat kecilnya bulan ketika dilihat dari bumi. Fenomena ini bisa kita jumpai pada tanggal 10-11 Mei 2017 pada malam hari. Minimoon ini merupakan salah satu dari macam-macam fase bulan.

  • Istiwa’ Adhom
istiwa' adhom
istiwa’ adhom

Sudah bisa diketahui dari namanya, bahwa peristiwa ini adalah peristiwa bernuansa islam. Istiwa’ Adhom adalah peristiwa dimana matahari saat siang hari akan berada tepat di atas ka’bah yang dijadikan orang-orang Islam sebagai kiblat saat sholat.

Pada fenomena ini banyak orang-orang muslim yang memiliki tempat sholat atau mushola untuk memastikan kebenaran atau menyamakan arah kiblat dari Mushola mereka dengan ka’bah. Fenomena ini merupakan fenomena penting bagi dunia Islam.

  • Oposisi Saturnus
oposisi saturnus
oposisi saturnus

Fenomena ini merupakan peristiwa yang terjadi saat planet saturnus berada pada titik terdekat dengan bumi. Kita bisa melihat fenomena ini menggubnakan Teleskop.

  • Hujan Meteor Draconid
Hujan Meteor Draconid
Hujan Meteor Draconid

Hujan meteor ini memperindah suasana langit malam dikarenakan 600 meteor/jam akan berkilapan di atas langit. Hujan meteor ini dapat anda lihat juga di Indonesia. Meteor ini terdiri dari serpihan yang berukuran seperti debu dari komet Giacobini-Zinner.

  • Komet Honda
komet honda
komet honda

Komet ini ditemukan oleh Minoru Honda sekitar tahun 1948. Komet ini deitemukan oleh dua penemu lainnya yaitu Antonin Mrkos dan L’udmila Pajdušáková, oleh karena itu komet ini dinamakan komet 45P/Honda-Mrkos-Pajdusakova. Komet ini dapat anda lihat menggunakan teleskop.

Di dalam orbitnya komet ini akan mencapai matahari sekitar jangka waktu 5,25 tahunan. Waktu yang paling tepat saat mengamati komet ini adalah saat fajar dengan tingkat kecerahan maksimum.

  • Gerhana Matahari Cincin
gerhana matahari cincin
gerhana matahari cincin

Perbedaan gerhana matahari total dengan gerhana matahari cincin berada dalam proses terjadinya gerhana matahari ini bulan berada di posisi terjauh dari bumi efeknya dari sisi pengamat cahaya matahari tidak akan terhalang semuanya, tetapi akan menyisakan sedikit cahaya seperti cincin yang dijumpai oleh pengamat.

  • Bulan Bertemu Jupiter
Bulan Bertemu Jupiter
Bulan Bertemu Jupiter

Fenomena ini merupakan jenis peristiwa alam dimana dari sisi pandangan kita bulan akan terlihat tampak berdampingan dengan matahari. Fenomena ini terjadi saat menjelang tengah malam yang mana keduanya tampak dari bumi beerjarak hanya 10 derajat saja.

  • Tertutupnya Venus oleh Bulan
Tertutupnya Venus oleh Bulan
Tertutupnya Venus oleh Bulan

Hampir sama dengan proses terjadinya gerhana, peristiwa dalam ilmu astronomi yang bernama okultasi Planet Venus ini merupakan salah satu fenomena yaitu planet venus yang tidak terlihat sama sekali karena tertutup oleh bulan. Fenomena ini termasuk fenomena yang langka, hal ini dikarenakan karena peristiwa ini sangat susah diamati apalagi pada saat proses terjadinya siang hari hampir tidak bisa diamati.

Demikianlah beberapa peristiwa alam yang harus anda ketahui dan nikmati. Semoga dengan informasi ini, pengetahuan anda tentang fenomena alam bisa bertambah. Apabila ada penulisan kata saya minta maaf yang sebesar-besarnya. Terimakasih.

Leave a Reply