botol bekas
botol bekas

Botol Bekas Menjadi Peluang Usaha

Posted on

Pasti dilingkungan kalian banyak sekali botol plastik? botol plastik adalah salah satu barang bekas yang dapat di daur ulang. Dengan cara di daur ulang itu bisa membuat peluang usaha bagi kita. Karena, botol bekas dapat dimanfaatkan menjadi barang yang tinggi nilai jualnya. Kalian bisa membuat kerajian tangan dari botol-botol bekas.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi ide kreatif kepada kalian semua untuk memanfaatkan botol bekas menjadi kerajinan tangan yang bernilai tinggi. Misalnya botol bekas dijadikan tempat atau wadah penyimpanan.

Barang-barang yang dapat digunakan:

  • Botol Aqua Bekas
  • Botol minuman lainnya
  • Tutup botol minuman apa saja
  • Dan lain-lain

Contoh Kerajinan Tangan dari Botol Bekas

Penasaran dengan ide pembuatan kerajinan tangan menggunakan barang bekas? Berikut ini ada beberapa ide kerajinan dari barang bekas yang bisa kamu jadikan inspirasi:

  1. Pot Bunga
kerajinan botol bekas
pot bunga dari botol bekas

Bagi kalian yang suka suka bercocok tanam atau suka bermacam-macam jenis bunga, mungkin ide ini dapat anda gunakan. Kalian tidak perlu menguras uang untuk membeli pot, kalian bisa berhemat dengan membuat kerajinan seperti ini.

Caranya sangatlah mudah, pertama-tama potonglah botol menjadi dua atau tiga bagian, jangan lupa beri bolongan dibagian bawah, lalu anda lapisi botol yang sudah dipotong tadi dengan cat sesuai keinginan kalian.

  1. Wadah aksesoris
tempat aksesoris
Tempat aksesoris dari botol bekas

Ide ini cukup unik. Kalian dapat membuat tempat perhiasan unik ini, kalian cukup menggunakan alas botol plastik, besi dan sekrup untuk menahan potongan tadi. lalu ditengah-tengah alasnya dilubangi agar besi dapat dimasukan.

  1. Tempat pensil
tempat pensil
Tempat pensil dari botol bekas

Yah mungkin ini cukup umum. Cukup dengan kalian potong ujungnya dan karena ini membahas tentang kerajinan tangan yang kreatif anda bisa mengkreasikannya dengan menggunakan cat atau dengan menggunakan kain untuk membungkusnya.

  1. Bracelet
bracelet
bracelet dari botol bekas

Untuk membuat kerajinan tangan yang satu ini, kalian Cuma perlu memotong bagian tengah dari botol bekas berbentuk lingkaran menjadi beberap bagian. Dan kalian bisa kasih warna sesuai keinginan kalian.

  1. Celengan
celengan
celengan dari botol bekas

Kalian pasti punya celengan yang terbuat kaleng atau tanah liat. Kalian juga bisa membuatnya sendiri dengan cara: kalian cukup mengencangkan tutup botol dengan lem, kemudian buatlah lubang pada tengah celengan tempat untuk masuknya uang.

  1. Lampion
lampion
lampion dari botol bekas

Kerajianan tangan yang satu ini memang sudah familiar dikalangan masyarakat. Selain digunakan sebagai lampu interior rumah, Lampu lampion ini bisa dipakai sebagai peluang bisnis lo.

Cara membuat lampion dari botol plastik sangatlah mudah. Kalian siapkan batol bekas dan sendok plastik. Potonglah bagian bawah botol plastik dan bagian gagangnya sendok. kemudian, temple kan sendok- sendok yang tadi sudah dipotong  dengan lem ke seluruh bagian botol tersebut.

  1. Wadah multifungsi
tempat multifungsi
tempat multifungsi dari botol bekas

Kalian dapat memanfaatkan botol bekas ini menjadi wadah multifungsi. Bisa dipakai sebagai tempat sikat gigi, tempat pensil di kantor atau wadah-wadah lainnya. Siapa sangaka bahwa tempat pensil anda adalah hasil kerajinan tangan anda sendiri.

Caranya pun sangat mudah, kalian bisa mengumpulkan botol-botol bekas apa saja kemudian potonglah bagian atas botol. Untuk mengubah bentuk botol kalian bisa gunakan setrika, jika wadah sudah jadi kalian bisa gunakan cat atau stiker lucu untuk menghiasinya.

  1. Vas bunga
vas bunga
vas bunga dari botol bekas

Kalian bisa membuat vas Bunga sendiri dengan bentuk yang unik dan menarik sesuai keinginan kalian. Dan bahan yang digunakan adalah botol-botol bekas.

Dengan kalian menggunakan botol bekas kalian sudah bisa mambuat vas bunga yang lucu dan menarik, caranya sangat mudah. Potonglah botol plastik bekas menjadi dua bagian. potong ujungnya kecil-kecil seperti gambar diatas. Lipat ujung botol yang sudah kalian potong tadi. Jika sudah, kalian bisa beri warna pada vas sesuai keinginan kalian.

  1. Rak buku
rak-buku
rak-buku dari botol bekas

Apakah kalian atau adik-adik kalian selalu meletakkan buku yang habis dibaca dengan sembarangan? Kemungkinan, kejadian tersebut disebabkan tidak adanya tempat buku yang dekat dengan tempat kalian membaca.

Kalian bisa membuat rak buku dengan memanfaat botol bekas atau jerigen bekas. Caranya, potonglah bagian jerigen itu sesuai yang kalian inginkan, lalu kalian bisa kreasikan jerigen yang sudah dipotong tadi dengan warna sesuka kalian. Mudahkan!. sekarang  buku-buku kalian tidak akan berserakan lagi.

  1. Tempat makanan
tempat makanan
tempat makanan dari botol bekas

Kalian bingung menempatkan makanan kecil atau cemilan kalian karena  tidak ada tempatnya? Mungkin dengan kreasi seperti di atas kalian bisa mempraktikkannya. Hanya dengan botol bekas yang kalian bentuk sesuai yang kalian mau.  Dengan begini makanan kalian tidak akan mendapatkan gangguan dari serangga kecil seperti semut.

  1. Tirai
tirai
Tirai dari botol bekas

Kalian ingin mempermanis dekorasi  daun pintu dengan menggunakan tirai? Untuk membeli tirai yang bermacam-macam motifnya, pastinya harganya pun bermaca-macam. Ada cara mudah dan murah untuk membuat tirai dari botol bekas.

Caranya kalian perlu menyiapkan botol bekas secukupnya, lalu potonglah bagian bawah botol yang berbentuk bunga. Kemudian potong benang sesuai panjang yang kalian inginkan. Beri lobang  4 sisi pada setiap botolnya.  potongan dari sisa badan botol bentuk kecil memanjang untuk dijadikan pengait benang. Ikat benang pada pengait yang tadi dipotong dari sisa badan botol lalu masukkan lewat lubang lembaran bunga. Susun satu persatu botol tadi. Setelah lembaran bunga membentuk tirai, pasang pada benang dan paku untuk bagian dasar tirai hiasan dinding.

  1. Pelindung tanaman pot
 pelindung tanaman pot
pelindung tanaman pot dari botol bekas

Setelah kalian membuat pot dari botol bekas, kali ini kalian akan membuat pelindung tanaman pot dari botol bekas, dengan ini kalian tidak perlu mencemasan tanaman kesayangan  kalian rusak.tetapi, alian harus suaikan ukuran tanaman dengan botol bekas yang digunakan untuk melindungi tanaman tersebut.

Pelindung tanaman pot ini dibuat saat tanaman kalian berukuran kecil. Tetapi, jika tanaman kalian sudah besar kalian bisa melepasnya.

  1. Tempat Koran
tempat koran
tempat koran dari botol bekas

Bingung menempatkan koleksi Koran kalian agar tidak menumpuk dan berserakan. Anda bisa menggunakan botol bekas yang berukuran 1 liter dan potonglah bagian atas botol untuk menempatkannya.

  1. Kuas lukisan
kuas lukisan
kuas lukisan dari botol bekas

Anda dapat menciptakan sebuah lukisan dengan memakai botol bekas untuk digunakan sebagai pengganti kuas. Membuat lukisan dengan menggunakan botol bekas sangatlah mudah.

Peralatan yang digunakan pun sangat lah sederhana dengan menggunakan cat air warna apa saja dan sebuah botol bekas, lukisan yang kalian inginkan pun jadi.

  1. Kanopi
botol bekas
botol bekas

Pastinya, tidak ada yang mengira jika kanopi dapat dibuat dari botol bekas. Namun, untuk membuat kanopi dari botol bekas membutuhkan banyak sekali botol bekas.

Cara membuatnya sangat mudah. Siapkan botol bekas, beri warna pada bagian bawah botol sesuai kreasi kalian. lalu isilah botol bekas dengan air.  Gantunglah botol-botol tadi dengan rapat menggunakan tiang yang sudah disediakan di setiap sudutnya.

  1. Lampu hias gantung
Lampu Gantung Dari Botol Bekas
Lampu Gantung Dari Botol Bekas

Kalau hiasan yang satu ini kita memakai botol kaca yang sudah tidak dipakai lagi. Botol kaca yang tidak dipakai tadi dipotong bagian bawahnya dan bagian atasnya digunakan untuk lampu hias dengan menambahkan gantungan kawat dan lampu atau bisa kita beri alas lilin jika lampu hiasnya mau diisi menggunakan lilin bukan menggunakan lampu listrik.

Usaha ini memiliki prospek usaha yang cerah untuk dijalankan sebagai salah satu pilihan usaha yang potensial dalam ke depannya. Ajaklah keluarga atau teman kalian untuk berkreasi dan dengan begini kita bisa mengurangi sampah plastik disekitar lingkungan kita.

Demikian ulasan tentang Botol Bekas Menjadi Peluang Usaha. Terima kasih sudah membaca artikel ini. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan bagi kalian dan dapat memotivasi kalian untuk berkreasi.

Leave a Reply